in , ,

Kuntum Farmfield, Sensasi Liburan Unik ala Petani

Serunya Sensasi Liburan Bagai Petani di Kuntum Farmfield Bogor

Kuntum Farmfield
Kuntum Farmfield (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mencari sensasi liburan yang tak biasa? Bagaimana jika mencoba bercocok tanam sambil menambah pengetahuan tentang dunia peternakan sekaligus pertanian? Semua sensasi baru tersebut bisa Teman Traveler rasakan di Kuntum Farmfield, agrowisata unik yang ada di Tajur, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga : 4 Danau Cantik ini Ada di bali, Cocok Untuk Menyendiri

Kolam Ikan Lele

Lele ukuran besar (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Begitu melewati loket pemeriksaan tiket, Teman Traveler bakal disambut kolam ikan berisi ratusan lele dumbo. Di tengahnya ada semacam jembatan kecil. Melintas di atasnya, kalian bakal leluasa melihat barisan lele tersebut berenang. Jika kalian membawa anak-anak, mereka pasti bakal suka berlama-lama di sini.

Memakai Caping

Pakai caping ala petani sungguhan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mengusung wisata edukasi bertema pertanian dan peternakan, Kuntum Farmfield sediakan topi caping untuk dikenakan pengunjung selama menjelajah area agrowisata. Ukurannya beragam, pas untuk anak-anak hingga dewasa. Penutup kepala ini akan dipinjamkan gratis, namun jangan lupa mengembalikan sebelum keluar wahana agrowisata.

Lokasi Pembibitan

Metode hidroponik (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dari tempat peminjaman caping, Teman Traveler bakal lewati ruangan semi terbuka yang berfungsi sebagai tempat pembibitan sayur. Di sini kalian bakal melihat proses penanaman sayuran hidroponik, metode budidaya tanaman dengan air alih-alih tanah sebagai media tanam. Kalian bisa melihat dari dekat bentuk aneka tanaman sayur sebelum dipanen. Semuanya nampak begitu segar lho.

Kandang Hewan Ternak

Kandang kambing (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah area pembibitan, Teman Traveler bakal diajak melihat beragam kandang hewan ternak. Kalian bahkan berkesempatan memberi mereka pakan secara langsung. Seru banget! Untuk menjajal sensasi ini, kalian cukup rogoh kocek Rp5.000 untuk membeli satu jenis pakan.

Kasih makan kelinci (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hewan ternaknya sendiri ada beberapa jenis, mulai dari kambing, biri-biri, sapi, kelinci, hamster, dan aneka unggas. Semuanya ditempatkan dalam kandang bersih kok. Namun tetap saja, kalian harus bersiap mencium aroma sedikit kurang sedap dari sini.

Lahan Bercocok Tanam

Sayuran tumbuh subur (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, setelah Teman Traveler melewati lokasi pembibitan, kalian bakal melihat langsung area pertanian. Kawasan bercocok tanam ini sangat luas. Kalian bebas mengamati seluruh koleksi tanaman sayur yang tumbuh subur di atas permukaannya. Jika datang saat musim panen, kalian bisa lho ikut memetik sayur dari dahannya. Tentu saja dengan pendampingan dari pihak Kuntum Farmfield.

Buncis organik (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kerennya lagi, semua jenis sayur di sini adalah organik. Dengan kata lain ditanam dengan penggunaan pestisida sintetis dan pupuk kimia minim. Tentunya akan lebih sehat untuk tubuh. Teman Traveler bisa temukan berbagai tanaman seperti kangkung, kacang panjang, buncis, jagung, bayam merah, selada, dan masih banyak lagi.

Gazebo dan Tempat Bersantai

Pohon rindang untuk bersantai (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Di sekitar lahan pertanian tadi, Teman Traveler bisa sedikit santai untuk beristirahat sejenak. Pasalnya di sini ada beberapa gazebo dan bangku taman nyaman. Buat kalian yang membawa bekal makanan, bisa banget menikmatinya di sini.

Semua bangku yang tersedia sudah terlindung pohon besar nan rindang. Teman Traveler tak perlu khawatir bakal kepanasan selama berada di sini.

Kolam Raksasa

Bersantai di sini juga bisa (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tak hanya itu, di sisi lain Teman Traveler akan menemukan kolam raksasa yang tepiannya bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk santai. Eits, tapi tetap hati-hati ya saat berada di sini. Jangan sampai kalian terpeleset, apalagi jika sedang mengajak anak kecil.

Belanja di Kuntum Store

Belanja aneka sayur (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebelum pulang, tak ada salahnya belanja aneka sayur dan buah hasil budidaya Kuntum Farmfield. Kalian bisa mampir ke toko khusus yang berada dekat loket. Selain aneka buah dan sayur, mereka juga menyediakan beragam jenis rempah, umbi-umbian, serta tanaman hias. Wah, pasti ingin borong semua nih.

Lokasi dan HTM Kuntum Farmfield

Wajib berakhir pekan di sini (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Agrowisata ini cukup mudah dijangkau lantaran berada dekat pusat kota Bogor dan Tol Jagorawi. Alamat lengkapnya bisa Teman Traveler temukan di Jalan Raya Tajur no. 291 Tajur, Bogor. Untuk menikmati keseluruhan aktivitas seru tadi, kalian hanya perlu bayar tiket masuk Rp50.000 (Senin-Jumat) dan Rp60.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional).

Bagaimana Teman Traveler, sudah penasaran dengan keseruan bermain sambil belajar di Kuntum Farmfield? Yuk, agendakan mampir ke sini jika kalian sedang menjelajah wisata Bogor. Next

ramadan
Akomodasi Murah Pemandangan Terindah via Facebook Penginapan Pasir Putih - Saleman

5 Akomodasi Murah dengan Pemandangan Terindah, Staycation dengan Pengalaman Mahal

Agrowisata Sembalun, Rasakan Memetik Stroberi Langsung dari Kebunnya