in ,

Kupat Tahu Mangunreja Tasikmalaya Sejak 1955, Olahan Tradisional Rasa Sensasional yang Bikin Ketagihan

Inilah Rahasia Kenikmatan dari Kupat Tahu Mangunreja yang Bikin Tergila-gila

via Instagram/filipusverdi
via Instagram/filipusverdi

Tasikmalaya selama ini terkenal sebagai penghasil bordiran yang cantik. Tak hanya itu saja, daerah yang terdapat di Jawa Barat ini juga dijuluki sebagai kota santri. Berbicara masalah wisata, Tasikmalaya banyak tempat yang bisa menjadi destinasi. Ada air terjun, pantai, danau, wahana wisata sampai dengan kulineran, semuanya ada. Jalan-jalan tanpa kulineran, pasti akan kelaparan. Travelingyuk akan memberikan salah satu rekomendasi tempat kulineran legendaris di Tasikmalaya, yakni Kupat Tahu Mangunreja.

Baca juga : Bihun Bebek Asie Kumango, Kuliner Legendaris Medan yang Dirintis Sejak Tahun 1930

Kupat Tahu Mangunreja Sudah Dirintis Sejak 1955

Seporsi Kupat Tahu Mangunreja, via Instagram/kulinertasik
Seporsi Kupat Tahu Mangunreja, via Instagram/kulinertasik

Kupat tahu kondang di Tasikmalaya ini ternyata sudah dirintis sejak 1955 oleh Usam-Ochi. Awalnya, dijual dengan cara dipikul dan berkeliling. Saat ini, sudah ada generasi ketiga yang mengelola. Generasi keduanya adalah Maman-Tirah yang sudah pensiun pada 1990 dan digantikan oleh anaknya yang bernama Lala. Meskipun sudah generasi ketiga, resep kupat tahu tetap terjaga. Tidak salah masih banyak pelanggan yang berdatangan.

Rahasia Kelezatan Kupat Tahu Mangunreja

Tekstur bumbu kacang yang masih kasar, via Instagram/saladin_gun
Tekstur bumbu kacang yang masih kasar, via Instagram/saladin_gun

Salah satu rahasia kelezatan kuliner di sini adalah saat memasak bumbu tidak menggunakan kompor, melainkan tungku dan masih memanfaatkan kayu bakar. Sehingga rasanya masih otentik dengan aroma uap yang bikin lezat. Ditambah lagi kacang untuk bumbu tidak dihaluskan menggunakan mesin modern, melainkan dengan ditumbuk.

Karena prosesnya yang tidak instan itulah, menghasilkan rasa yang istimewa. Proses pengolahan bumbunya sendri memakan waktu kurang lebih 3 jam. Dan untuk kupatnya, menghabiskan waktu pemasakan 6 jam, supaya matang merata.

Menu-menu yang Ditawarkan

Makan berpanorama sawah, via Instagram/blehpitt
Makan berpanorama sawah, via Instagram/blehpitt

Untuk menunya sendiri, tempat makan di Tasikmalaya ini menawarkan kupat tahu sebagai sajian utamanya. Dalam seporsi kupat tahu akan ada potongan tahu yang masih hangat, irisan kupat lalu disiram dengan bumbu kacang dan tidak lupa taburan bawang goreng. Citarasa yang ditimbulkan adalah bumbunya yang gurih dan pedas bikin pengunjung kembali berdatangan. Jangan lupa sampingannya, yakni bala-bala, bakwan, dan juga kerupuk.

Alamat Kupat Tahu Mangunreja

Pengolahan tradisional, via Instagram/a_suhe_99
Pengolahan tradisional, via Instagram/a_suhe_99

Kupat Tahu Mangunreja ini berlokasi di Jl. Raya Garut Km 2, tepatnya Kampung Toblongan, Kecamatan Mangunrejo. Buka mulai dari jam 08:00 hingga menjelang magrib. Untuk harganya, seporsi kupat tahu dibanderol Rp20.000-an, sementara untuk kupatnya saja seharga Rp5.000 per buahnya.

Citarasa mantap, via Instagram/filipusverdi
Citarasa mantap, via Instagram/filipusverdi

Kuliner di atas jelas wajib masuk deretan makanan enak yang harus dibuktikan sendiri kelezatannya. Yuk segera jelajah Tasikmalaya dan rasakan budaya dan bahasa, dan sajian khasnya yang bikin datang lagi. Sudah siap? Next

ramadan
Senggigi Sunset Jazz 2018

Itinerary di Pantai Senggigi 3D2N, Bekal Nonton Senggigi Sunset Jazz 2018

Gaya Liburan Aurora Ribero

Intip Gaya Liburan Aurora Ribero, Si Cantik Lawan Main Aliando di Film Asal Kau Bahagia