in , ,

Kupat Tahu Pak Budi, Kuliner Jogja yang Sudah 60 Tahun Lebih

Dijamin rasanya bikin nagih

Ketika berkeliling Jogja, jangan lewatkan salah satu warung makan yang berada di tengah kota ini. Warungnya sederhana dengan sajian andalannya yakni Kupat Tahu. Bernama Kupat Tahu Pak Budi yang digadang-gadang menjadi kuliner legendaris di Jogja. Cita rasanya yang konsisten membuta warung ini selalu jadi favorit dari dulu hingga kini. Kalau kalian ingin tahu lebih jelas, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Mencari Tempat Liburan di Purwakarta? Kunjungi 13 Tempat Wisata Ini Dijamin Seru Punya!

Termasuk Kuliner Legendaris di Jogja

Kupat Tahu Pak Budi
Warung Kupat Tahu Pak Budi (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau warung ini termasuk ke dalam kuliner legendaris di Jogja. Kupat Tahu Pak Budi sudah berdiri sejak tahun 1957 yang tetap mempertahankan konsistensi rasa makanannya hingga kini. Sehingga, jangan heran kalau warung yang didominasi dengan warna hijau ini mempunyai banyak pelanggan setia.

Tampilannya yang Menggugah Selera

kupat tahu pak budi
Bahan dari Kupat Tahu (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kupat Tahu yang ada di sini memiliki tampilan yang sangat menggugah selera. Ada potongan kupat, irisan tempe bacem, irisan kubis, tauge, irisan daun seledri dan irisan daun jeruk pada bagian atas bumbu.

Sedangkan di lapisan paling atas adalah tahu putih yang menjadi pemeran utamanya. Tak lupa juga taburan bawang goreng dan kerupuk untuk menjadi pelengkapnya. Terakhir, semua bahan makanan disiram dengan kuah berwarna coklat.

Rasanya yang Membuat Ketagihan

kupat tahu pak budi
Tampilan dari Kupat Tahu (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tahunya sendiri memiliki tekstur yang sangat lembut dan gurih. Segarnya sayuran membuat kenikmatan jadi bertambah. Disantap bersama dengan komponen yang lain, rasanya beradu jadi satu dalam mulut.

Ada rasa gurih dari tahu dan kupat, pedasnya cabai, serta manis dari tempe dan kuahnya. Tak lupa juga, kehadiran irisan daun jeruknya membuat rasa dan aroma kupat tahu menjadi lebih sedap. Perpaduan inilah yang membuat si penikmat tak ingin berhenti untuk memakannya. Untuk dapat menikmatinya, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp12 ribu.

Minumannya yang Menyegarkan

kupat tahu pak budi
Es Degan dan Es Dawet (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak hanya makanannya, minuman yang tersedia di sini juga cukup memikat para pelanggannya. Ada Es Teh, Es Jeruk, Es Dawet dan juga Degan. Untuk Es Dawet disajikan dengan cendol, santan dan gula merah. Sedangkan Es Degan dihidangkan dengan kelapa muda dan sirup seperti pada umumnya. Semua minuman harganya sama, yakni Rp4 ribu.

Informasi Tambahan

Warung tampak depan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin mencoba kelezatan Kupat Tahu Pak Budi, kalian bisa arahkan kendaraan ke daerah Kusumanegara dengan alamat di Muja Muju, Umbulharjo, Jogja. Warungnya tidak jauh dari Gembira Loka Zoo. Lokasinya strategis yakni berada di selatan perempatan SGM. Warung berada di pojokan dan mudah ditemukan karena dilengkapi spanduk bertuliskan nama warung.

Buka dari pagi yakni jam 08.00 WIB hingga sore. Namun, jika persediaan sudah habis, warung bisa tutup lebih awal. Jadi, untuk Teman Traveler yang berencana bersantap di sini datanglah pagi hari atau sebelum siang menjelang.

Bagaimana, sudah tidak sabar kan berkunjung ke sini? Jadi, jangan lupa mampir ke warung satu ini ketika kalian sedang berada di Jogja. Dijamin tidak rugi deh. Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Menjajal Wahana Ekstrem di Gunung Katu

Wisata Gunung Katu, Berani Uji Nyali di Extreme Swinger?

Suasana di Carik Cenik Malang

Carik Cenik, Usung Konsep Ngopi di Kebun yang Asyik