in ,

Belasan Ribu Kursi Kereta Mudik Gratis 2019 Akan Dibagi Pemprov Jatim, Begini Tata Caranya!

Tempat duduk kereta mudik gratis oleh Pemprov Jatim, mudik tanpa bikin kantong jebol!

Tiiket kereta mudik gratis

Lebaran 2019 akan berlangsung beberapa bulan kedepan. Walau begitu tak sedikit juga dari masyarakat yang telah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Pihak Pemprov Jatim dan PT KAI memanjakan masyarakat dengan memberikan belasan ribu kursi mudik gratis 2019. Teman Traveler yang belum mempersiapkan apa-apa, bisa simak informasi singkat berikut ya.

Baca juga : Mix and Match Kece Ala Randi Bachtiar, Suami Tasya Kamila untuk Inspirasi Traveling

Pemprov Jatim Berikan Kursi Gratis

Daop 7 Madiun, via Instagram/rofiqalichwan

Pemerintah provinsi Jawa Timur memberikan fasilitas mudik dan balik gratis pada lebaran tahun ini. Fasilitas tersebut diperuntukkan bagi Teman Traveler yang memilih kereta api sebagai sarana transportasi saat mudik. Total ada 18300 tempat duduk gratis yang diberikan selama arus mudik dan balik.

Dikutip dari Jawapos, Manager Humas Daerah Operasional 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko berkata “Penyelenggaraan program mudik dan balik gratis ini dengan 10 perjalanan kereta api yang beroperasi melintas, berawal dan berakhir di Daop (Daerah Operasi Kereta Api) 7 Madiun”.

Waktu Berlaku Kursi Gratis

Pembagian tiket gratis, via Instagram/agnaihsan123

Keberangkatan angkutan mudik gratis 2019 untuk KA Dhoho dan Penataran dimulai pada 28 Mei (H-8) hingga 4 Juni (H-1). Untuk arus mudik gratis KRD atau kereta api lokal dimulai tanggal 31 Mei (H-5) hingga 4 Juni (H-1) mendatang.

Seperti yang diberitakan Jawapos, Ixfan juga memberikan keterangan untuk arus balik gratis. Bagi KA Dhoho dan Penataran dimulai dari 7 Juni (H+1) hingga 12 Juni (H+6). Sedangkan untuk kereta api lokal mulai tanggal 7 Juni (H+1) sampaia dengan 11 Juni (H+5).

18300 Tempat Duduk

18300 tempat duduk mudik gratis, via Instagram/galerikeretapi

Selama masa angkutan lebaran tahun ini, Pemprov Jatim menyediakan total sebanyak 18300 tempat duduk dan terbagi atas 9150 kursi untuk pulang dan pergi. Program ini merupakan bentuk kerja sama antara Pemprov Jatim dengan PT KAI Daop 8 Surabaya. Jadi akan memudahkan masyarakat ketika bepergian nanti.

Tata Cara Mendapatkan Tiket Mudik Gratis 2019

Cara dapatkan tiket gratis, via Instagram/ibnuaqilrhmt

Syarat khusus yang dilakukan yakni dengan melakukan pemesanan di stasiun online yang dilewati KA mudik gratis 2019, mulai dari jam 09.00 hingga pukul 16.00 sore. Untuk pemesanan tiket KA Pentaran, Dhoho, Tumapel, dan Ekonomi lokal dilakukan H-7 atau mulai tanggal 21 Mei.

Bagi yang melakukan pemesanan lewat stasiun wajib mengisi form yang telah disediakan dengan batas empat tiket untuk sekali transaksi dan tidak bisa dibatalkan, ditunda, juga dialihkan ke yang lain. Cara lain, Teman Traveler bisa gunakan aplikasi KAI Access atau OTA lainnya.

Itulah informasi singkat mengenai kursi mudik gratis 2019 yang diberlakukan oleh Pemprov Jatim dan PT KAI. Teman Traveler yang ingin hemat biaya bisa segera pesan tanggal 21 Mei mendatang nih! Next

ramadan

Nasi Pecel Tengah Malam di Surabaya, Pilihan Pas Isi Perut Saat Begadang

Air Terjun Muara Emat

Air Terjun Muara Emat, Pesona Tersembunyi Alam Kerinci