in ,

Liburan Tahun Baru di Jakarta Cuma Nge-Mall? Yuk Jajal 5 Aktivitas Keren Ini

Deretan Aktivitas Asyik yang Bisa Dilakukan Kala Liburan Tahun Baru di Jakarta

Mengunjungi Museum MACAN di Jakarta
Mengunjungi Museum MACAN di Jakarta via Instagram.com/ayuono

Teman Traveler sudah punya rencana ke mana akhir tahun ini? Khusus bagi kalian yang berencana liburan tahun baru di Jakarta, sudah ada banyak keseruan menanti. Tak cuma sekedar cuci mata di mall, ada sederet kegiatan seru yang bisa dilakukan di ibu kota jelang 2019.

Baca juga : Bukber ala Kpoper di Kafe Chingu, Bayarnya Pake Won Serasa Main Drama!

Mulai dari mengunjungi museum hingga menikmati suasana kota, deretan aktivitas keren tersebut bakal bikin liburan Tahun baru di Jakarta kian berkesan. Dijamin tak kalah dibanding pelesiran akhir tahun di Bali maupun Jogja. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan rekomendasinya.

1. Staycation

Suasana di Raffles Hotel Jakarta
Suasana di Raffles Hotel Jakarta via Instagram.com/jakartastaycation

Menginap di hotel meski tak pergi ke mana-mana? Mengapa tidak? Belakangan staycation sudah jadi gaya liburan baru yang populer di antara para traveler dunia. Teman Traveler bisa fokus menikmati semua fasilitas hotel dengan suasana baru, tanpa harus lakukan perjalanan jauh.

Asyiknya lagi, menjelang tahun baru ada sederet hotel di Jakarta yang menawarkan promo atau diskon khusus. Tak sedikit pula yang menggelar pesta meriah menyambut pergantian tahun, dengan deretan bintang tamu dan atraksi menarik Bagaimana Teman Traveler, siap menjajal staycation di akhir 2018?

2. Wisata Sejarah

Salah satu sudut tua di Jakarta
Salah satu sudut tua di Jakarta via Instagram.com/wisatakotatua

Sebagai ibu kota negara, Jakarta punya catatan sejarah panjang. Mulai dari zaman pemerintahan Belanda hingga era kemerdekaan serta orde baru. Jejak warisan masa lalu Batavia masih bisa dilihat hingga kini, lewat beberapa gedung tua dan peninggalan sejarah di beberapa sudut kota.

Teman Traveler bisa menghabiskan akhir tahun dengan berjalan-jalan sambil menelusuri jejak sejarah ibu kota. Ada beberapa komunitas sejarah di Jakareta yang menawarkan paket-paket khusus. Harganya bervariasi, mulai dari sukarela hingga Rp200 ribu per orang.

Untuk informasi lebih lanjut, Teman Traveler bisa mengakses akun media sosial beberapa komunitas sejarah Jakarta. Sembari pelesiran, kalian juga bisa menambah teman atau kenalan baru. Asyik bukan?

3. Jelajah Pasar

Salah satu sudut Pasar Mayestik
Salah satu sudut Pasar Mayestik via Instagram.com/ionex_20

Jalan-jalan ke pasar sepintas terdengar seperti ide membosankan. Namun jangan salah, ada banyak aktivitas menarik bisa dilakukan. Bagi para pecinta fotografi, pasar adalah tempat terbaik untuk hasilkan gambar-gambar bertema humaniora alias human interest. Sementara untuk Teman Traveler yang hobi makan, bisa blusukan untuk menjajal deretan kuliner menarik.

Jakarta punya beberapa pasar menarik yang bisa dijelajahi. Ada Pasar Mayestik yang dikenal sebagai sentra penjualan kain. Ada Pasar Muara Karang yang jadi pusat perdagangan ikan. Jangan lupakan juga Pasar Kramat Jati, tempat membeli bahan-bahan pokok.

4. Telusuri Museum

Salah satu sudut museum MACAN
Salah satu sudut museum MACAN via Instagram.com/museummacan

Mengunjungi museum juga bukan gagasan buruk untuk menghabiskan akhir tahun. Buang jauh-jauh bayangan soal museum yang kuno dan membosankan. Dalam beberapa bulan belakangan, Jakarta punya beberapa museum yang dikemas dengan interior menarik nan Instagenic.

Salah satunya adalah Museum MACAN, yang sempat menggelar eksebisi karya seniman Jepang – Yayoi Kusama. Selain itu ada Museum MOJA yang tak kalah menariknya. Untuk museum konvensional, Teman Traveler bisa coba datang ke Museum Prasasti maupun Museum Tekstil.

5. Car Free Day

Suasana CFD di Jakarta
Suasana CFD di Jakarta via Instagram.com/acahyo

Aktivitas satu tak perlu dijelaskan panjang lebar. Sembari jalan-jalan dan berolahraga, Teman Traveler bisa menikmati eloknya pemandangan di Jl M.H. Thamrin, Sudirman, maupun Merdeka, yang biasanya sangat padat di hari-hari biasa.

Membawa kamera juga wajib hukumnya, lantaran di sepanjang jalan utama tersebut terdapat beberapa bangunan ikonik yang bisa jadi latar belakang bagus untuk berfoto. Teman Traveler juga berkesempatan bertemu dengan beberapa komunitas keren serta menjajal beragam kuliner nikmat.

Itulah sederet aktivitas keren yang bisa Teman Traveler jajal selama liburan tahun baru di Jakarta. Adakah di antara kalian yang punya ide lain? Next

ramadan

Pilihan Destinasi Liburan Tahun Baru Gratis di Tokyo, Siapa Mau Hayo?!

Sate Kentang Cirebon

Yuk Simak Deretan Kuliner Cirebon Unik, Ada Kerupuk Melarat Sampai Sate Kentang