in , ,

Mampir di Lor Sawah, Tempat Ngopi Bernuansa Tradisional Jawa

Berasa di rumah sendiri nih

Ada banyak sekali tempat ngopi di Jogja, mulai dari yang biasa saja hingga kekinian. Namun, ada satu tempat nongkrong berbeda yang tentu menarik perhatian Teman Traveler semua. Adalah Lor Sawah yang menawarkan atmosfer berbeda untuk para pengunjungnya. Kalau kalian penasaran, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Simpang Lima Gumul, Monumen Bebanggan Kota Kediri

Tempat Klasik yang Asyik

lor sawah
Tempat dengan nuansa klasik (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Lor Sawah merupakan tempat ngopi yang masih terbilang baru karena dibuka pada Juli 2019 lalu. Suasananya santai, jauh dari restoran atau kafe model kekinian zaman sekarang. Dengan konsep tradisional, resto ini memiliki bangunan khas Jawa dengan interior klasik. Tempatnya sangat luas yang terbagi menjadi beberapa bagian. Untuk bagian depan terdapat bar, tengah dengan area lesehan, dan belakang dengan tempat yang lebih luas.  

lor sawah
Spot lesehan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler membawa banyak teman atau keluarga, pilihlah area belakang. Namun,apabila ingin lebih santai, kalian bisa juga nongkrong di area lesehan dengan eksterior unik. Ada empat tiang penyangga dengan lampu menggantung. Tempat ini seperti menjadi icon Lor Sawah yang tak jarang dijadikan sebagai spot berfoto karena lucu dan instagramable.

Bersebelahan dengan Sawah

Lor Sawah
Pemandangan sawah dari kafe (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Nama pada resto ini memiliki sebuah arti. Lor Sawah merupakan Bahasa Jawa yang berarti utara sawah. Maksudnya, bangunan resto ini berada di sebelah utara area persawahan. Ya, bersantap di sini kalian akan mendapat bonus pemandangan sawah. Tak hanya itu, ada juga kolam ikan serta tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitar.  

lor sawah
Ngopi dengan latar sawah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Suasana yang asri ini cocok untuk Teman Traveler yang sudah bosan dengan hiruk pikuk kota. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore hari. Ini dikarenakan udara tidak begitu panas. Apabila beruntung, kalian bisa melihat panorama matahari tenggelam.

Ada Kopi Andalan

20191007_165419_01_3200x1800_ExU.jpeg
Menu kopi andalan Lor Sawah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Ketika berada di Lor Sawah, pastikan Teman Traveler memesan minuman andalan di sini. Yaitu Kopi Luwak yang merupakan Kopi Robusta dari luwak liar. Rasanya lebih nikmat daripada Kopi Luwak Tangkar. Selain itu ada Vietnam Drip yang juga menjadi best seller dari Lor Sawah. Masing-masing kopi tersebut mempunyai harga sebesar Rp15 ribu. Kalau kalian tak tertarik, ada juga pilihan kopi lainnya yakni kopi tubruk, kopi susu, kopi press, kopi jahe dan kopi letek.  

20191007_170133_01_2400x3200_BRC.jpeg
Kopi Luwak liar robusta (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Bagi yang tidak suka kopi, ada pilihan minuman lainnya. Seperti teh, es tomat, es timun, stup nanas, stup jambu, soda gembira, lemonade, mojito, dan squash. Harganya dibanderol mulai Rp4 ribu hingga Rp18 ribu.  

Tersedia Camilan untuk Teman Ngopi

20191007_165343_01_3200x1800_SQB.jpeg
Camilan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Sebagai teman ngopi, ada beberapa menu makanan ringan yang bisa Teman Traveler nikmati. Ada pempek lenjer, cireng, bakwan jagung, kentang goreng, tempe mendoan, pisang goreng atau bakar dan roti bakar. Dibanderol dengan harga mulai Rp10 ribu hingga Rp15 ribu, camilan ini merupakan sharing menu. Jadi pas banget untuk dinikmati rame-rame.

Bersantap Masakan ala Rumahan

20191007_163503_01_3200x1800_sqA.jpeg
Area makanan prasmanan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Sesuai dengan tempatnya yang khas pedesaan, menu yang disediakan pun tak jauh-jauh dari masakan ala rumahan. Banyak masakan yang menggugah selera, seperti mangut nila, pepes tahu, oseng tempe lombok hijau, terong balado, sayur asem, sayur lodeh dan masih banyak lagi. Selain menu ala carte, di sini juga ada area prasmanan. Dengan menu ‘Prasmanan Makan Puas’, Teman Traveler bisa ambil sesuai selera dan makan sepuasnya. Untuk menikmatinya cukup membayar dengan harga Rp12 ribu saja.  

Ada Sejumlah Fasilitas yang Bisa Dinikmati

20191007_171105_01_3200x1800_hOf.jpeg
Tempat dan fasilitas yang membuat betah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Ada banyak fasilitas yang tersedia di sini. Adalah akses Wi-Fi, musholla nyaman dan juga toilet yang bersih. Kemudian area parkir yang ada di sini sangat luas, sehingga membawa kendaraan roda empat pun tak jadi masalah.  

Lokasi Lor Sawah

20191007_165109_01_3200x1800_eZr.jpeg
Halaman depan Lor Sawah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Meski tak berada di pusat kota, lokasinya mudah dijangkau kok. Alamatnya berada di Jl. Cendrawasih No.35, Manukan, Condongcatur, Depok, Sleman. Bisa ditempuh sekitar 20 menit dari Bandara Adisutjipto atau sekitar 30 menit dari Tugu Jogja. Untuk jam operasionalnya, Lor Sawah buka dari jam 10.00 sampai 22.00.  

20191007_174820_01_3200x1800_VZ7.jpeg
Suasana malam hari (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

  Bagaimana, tertarik untuk sambangi tempat ini? Teman Traveler yang sedang berada di Jogja bisa langsung melipir ke Lor Sawah. Sedangkan yang ada di luar Jogja, bisa diagendakan ketika kalian berlibur nanti. Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Berburu Sambal Legendaris di Depot Bu Rudy Surabaya

Pulau Dutungan, Destinasi Baru Liburan di Sulawesi Selatan