in , ,

Makanan Untuk Dimasak Saat Pendakian, Nggak Melulu Mie Instan

Bukan Cuma Mie Instan, Kamu Bisa Masak Penganan ini Saat Mendaki

FI (c) Wildan Carbon Travelingyuk

Menu makan saat mendaki identik dengan mie instan maupun penganan siap saji lainnya. Padahal setidaknya ada 4 makanan rumahan sederhana yang dapat dimasak saat melakukan pendakian. Cukup gunakan peralatan simple seperti gas portable, nesting, atau trangea.

Baca juga : Kopi Kok Tong Siantar, Kedai Legendaris yang Berusia Hampir 1 Abad

Nah, berikut ini telah dirangkum beberapa resep masakan rumahan yang bisa diracik di gunung. Lengkap dengan peralatan masak minimalisnya. Tak hanya lezat, menu ini juga kaya nutrisi yang akan membantumu tetap semangat menuju puncak. Simak baik-baik ya!

STMJ

img_20191012_135335_Hqx.jpg
STMJ (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

STMJ adalah singkatan dari Susu, Teh, Madu, dan Jahe. Minuman satu ini sangat pas buat dinikmati pada malam hari. Selain bisa menghangatkan tubuh dari cuaca dingin di gunung, minuman ini juga kaya manfaat untuk kebugaran. Cara membuatnya mudah kok.

Makanan Dimasak Saat Pendakian
STMJ (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Pertama siapkan dahulu bahan-bahannya; meliputi susu cream, madu, jahe, teh kemasan, dan gula merah (sesuai selera). Setelah semua disiapkan, masak air di trangea. Sembari menunggu mendidih kamu bisa memotong jahe menjadi bagian kecil agar lebih terasa ketika diseduh.

Masukkan jahe yang sudah di potong ke dalam air mendidih. Tunggu beberapa saat sampai aroma harum keluar. Angkat air jahe, seduhkan ke dalam gelas yang sudah diisi dengan madu, teh kemasan, dan susu.

Nah, STMJ siap dinikmati. Oh ya, jika mau menambahkan gula merah, kamu bisa memasukkannya ke dalam air mendidih seperti halnya potongan jahe. Usahakan menikmatinya dalam keadaan hangat ya biar lebih segar dan nikmat. 

Bakwan Goreng

Makanan Dimasak Saat Pendakian
Bakwan Goreng (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Untuk menemani perbincangan, salah satu cemilan alternatif yang bisa kamu buat adalah bakwan. Makanan yang familiar dengan lidah Indonesia ini juga bisa dimasak dengan menggunakan trangea. Cara membuatnyapun cukup mudah. 

save_20191012_134545_AiW.jpeg
Adonan Bakwan (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Pertama kamu perlu siapkan tepung terigu, sayur kol, garam halus, bawang merah, bawang putih, cabe rawit atau cabe merah, merica bubuk, dan minyak sayur. Iris halus kol, lalu cincang kecil bawang merah dan bawang putih, potong cabe merah atau cabe rawit sesuai selera.

Setelah selesai, satukan semua bumbu termasuk merica bubuk dan garam. Aduk hingga merata. Masukkan tepung sedikit demi sedikit dibarengi dengan air untuk membuat adonan.

Setelah adonan sudah di rasa cukup pas dengan ukuran kekentalannya, panaskan minyak. Goreng adonan di minyak panas. Tunggu hingga warnanya kecoklatan baru di angkat. Nah, bakwan siap dicemil.

Sop Sayuran

img_20191012_135105_2aj.jpg
Sop Sayuran (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Tidak sedikit pendaki mengalami gangguan pencernaan karena kekurangan serat saat pendakian. Padahal keterbatasan perlengkapan bukan berarti harus selalu makan mie atau sarden kalengan. Kamu juga bisa membawa dan memasak sayuran di atas gunung. Hanya saja perlu mempertimbangkan jenis sayur yang awet dan tahan lama untuk dibawa.

Menu yang pas untuk daerah dingin seperti di gunung adalah sop. Cara memasak sop sayur cukup sederhana. Pertama persiapkan bawang putih, bumbu sop, kaldu ayam bubuk, wortel atau sayuran tahan lama yang sesuai selera, garam halus, merica bubuk, sedikit jahe, dan minyak sayur.   

Potong sayur dan cincang bawang putih. Panaskan sedikit minyak lalu tumis terlebih dahulu bawang yang sudah dicincang. Setelah agak kecoklatan, masukkan air dan rebus sayur yang sudah dipotong. Masukkan juga bumbu lainnya saat sayuran mulai layu. Tunggu beberapa saat. Sop sayur ala gunung siap disantap.

Roti Selai Orek Telur 

Makanan Dimasak Saat Pendakian
Roti dengan Selai Orek Telur (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Terkadang saat summit, pendaki malas untuk membawa makanan yang berat. Kerap kali hanya berupa cemilan untuk dimakan di perjalanan menuju puncak. Nah, bila kamu membutuhkan makanan simpel tapi tetap kaya protein dan karbohidrat, maka roti selai orek telur bisa dicoba.

Makanan ini bisa kamu persiapkan terlebih dahulu di camp dan membawanya saat muncak.  Untuk menikmati makanan ini kamu hanya butuh roti tawar dan orek orek telur sebagai isiannya.

Siapkan bahan berupa telor, mentega, susu cair, bubuk kari, daun seledri, garam, dan merica. Panaskan trangea atau nesting dan masukkan mentega ke dalamnya bersamaan dengan bubuk kari. Dduk cepat hingga menteganya meleleh.

Selanjutnya masukkan telur dan susu. Aduk lalu jangan lupa masukkan seledri, merica, dan garam halus. Aduk hinga matang dan merata. Lalu jadilah orek telurnya.

Langkah terakhir yaitu letakkan orek telur di dalam setangkap roti tawar. Roti tawar selai orek telur pun siap disantap. Oh ya, jika mau lebih spesial bisa tambah sayuran yang sudah di rebus terlebih dahulu. Jadi bukan hanya simpel dan enak tapi juga tersedia asupan karbohidrat, protein, dan serat sayurannya. 

Nah, itulah beberapa makanan istimewa yang bisa dimasak saat melakukan pendakian. Mendaki memang membuat kondisi jadi lebih terbatas, tapi bukan berarti tidak bisa menikmati asupan makanan enak. Sebab sayang rasanya bila di tempat indah tidak dibarengi makanan yang lezat. Next

ramadan

Berkunjung ke Cohunu Park di Australia Barat, Isinya Tidak Hanya Koala

Gereja Palasari, Paduan Arsitektur Bali Eksotis dan Gotik yang Mistis