in , , ,

Makanan Khas Bulan Ramadan di Berbagai Daerah Indonesia

menikmati makanan khas daerah Indonesia

talam sagu bakar

Sebentar lagi umat Islam akan menunaikan ibadah puasa, banyak makanan khas bulan ramadan yang akan menemani saat berbuka puasa. Tiap daerah di Indonesia punya kuliner unik untuk menyambut bulan suci ini. Yuk simak daftar berikut.

Baca juga : Restoran Timur Tengah di Malang, Sensasi Buka Puasa ala Luar Negeri!

1. Kanji Rumbi di Aceh

kanji rumbi
Ilustrasi via instagram aanpixx

Pertama ada Kanji Rumbi yaitu makanan khas Aceh, hidangan wajib saat berbuka puasa. Makanan ini merupakan warisan leluhur yang memiliki cara memasak unik. Dimasak oleh para laki-laki karena porsinya besar, jadi perlu kekuatan untuk mengaduknya.

Bubur kanji rumbi ini biasanya disajikan pada masjid-masjid di Aceh menjelang berbuka, sebelum sholat. Bubur ini memiliki cita rasa gurih menggunakan 40 jenis bumbu rempah ditambahkan minyak samin. Kemudiaan disajikan bersama sayur dan potongan daging.

2. Kopyor Roti di Banyuwangi

kopyor roti
Ilustrasi via instagram virapurple

Selanjutnya ada Kopyor Roti khas Banyuwangi, jajanan takjil yang selalu ditunggu saat ramadan tiba. Makanan ini terbuat dari roti tawar dan bihun yang disiram santan kelapa lalu dibungkus daun pisang, kemudian dikukus selama 15 menit.

Hidangan legit ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih dari santan, apalagi makin nikmat jika ditambah buah nangka. Kopyor Roti biasanya dijual di Festival Ramadan pada kawasan Gesibu, per bungkusnya Rp 20.000 saja.

3. Sotong Pangkong di Pontianak

sotong pangkong
Ilustrasi via instagram yoexplore

Beralih ke Pulau Borneo ada Sotong Pangkong makanan khas berbuka puasa dari Pontianak, merupakan ikan cumi yang sebelum dimasak harus dijemur terlebih dahulu. Setelah kering kemudian dipanggang, agar tidak keras dipukul-pukul hingga menjadi empuk dan pipih.

Warga Pontianak biasanya menikmati Sotong Pangkong bersama kuah sambal kacang atau sambal pedas manis sebagai cocolan. Daging sotong ini memiliki cita rasa gurih, asin, manis, dan asam yang kental. Saat bulan Ramadan dijual di sepanjang jalan Merdeka, Pontianak.

4. Sate Susu di Bali

sate susu
Ilustrasi via instagram maureen_nuradhi

Kemudian di Pulau Dewata Bali juga punya makanan spesial saat bulan puasa yaitu Sate Susu. Terbuat dari puting susu sapi diolah bersama bumbu kuning yang khas, rasanya gurih dengan tekstur lembut dan kenyal.

Sate ini ada di daerah Kampung Jawa yang mayoritas muslim, penjual menjajakannya di Jalan Maruti, Jalan GatotSubroto VI, dan dekat Masjid Baiturrahmah Denpasar dengan harga per tusuk sekitar Rp 2.000 hingga Rp 2.500 saja.

5. Talam Sagu bakar di Maluku

talam sagu bakar
Ilustrasi via instagram inaonik

Terakhir ada makanan khas dari Maluku untuk takjil yaitu ada Talam Sagu Bakar. Menggunakan bahan dasar sagu rangi, dicampur bersama tepung beras, mentega, gula merah, kacang brenobon atau kacang merah, kenari dan rempah lainnya.

Memiliki rasa yang legit dari gula merah dan ada kacang-kacangan yang memberikan cita rasa gurih. Talam Sagu Bakar ini bisa ditemuai di penjual jajanan mana saja atau kafe-kafe dengan harga bervariasi.

Demikian daftar makanan khas bulan ramadan di penjuru Indonesia, di daerah Teman Traveler menu apa yang wajib ada pada bulan puasa? Next

ramadan
fi qantas airways

Qantas Airways Australia, Mengajak Penumpang Dalam Penerbangan Misterius

fi taman kelinci malang

Taman Kelinci Pujon, Bermain Bersama Hewan Menggemaskan