in ,

5 Makanan Khas Jepara yang Enak, Tempat Kelahiran RA Kartini

Selamat Hari Kartini Teman Traveler!

Setiap kota serta daerah pasti memiliki makanan khas dengan cita rasa berbeda namun tidak kalah enak dengan yang lainnya. Begitu pula dengan Jepara, tempat kelahiran RA Kartini ini juga punya berbagai jajanan serta kuliner khas yang sangat lezat. Apa saja? Yuk lihat ulasan berikut ini.

Baca juga : Ini Dia Keuntungan Memilih Hostel Sebagai Tempat Menginapmu

1. Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk via Instagramm @wndyhtbri

Kuliner khas Jepara yang pertama adalah Lontong Krubyuk. Makanan tradisional ini tersaji dalam satu piring lengkap dengan lontong, campuran tauge, suiran daging ayam, kuah kaldu sapi, dan disajikan dengan irisan daun seledri.

Sesuai dengan namanya, kuliner ini disajikan lengkap dengan kuah yang melimpah. Makanan hangat ini sangat cocok jika disantap saat pagi karena dapat mengganjal perut yang tengah lapar. Lontong Krubyuk ini bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp10.000 saja.

2. Opor Panggang

Opor Panggang via Instagram @nana_ny_arif

Tidak seperti kuliner lainnya, Opor Panggang khas Jepara ini diproses dengan cara yang berbeda, yakni dengan memanggang dengan Paso (tempat berbentuk bak yang terbuat dari tanah liat) sehingga memiliki rasa yang khas dan unik. Harga seporsi Opor Panggang biasanya dibandrol mulai dari Rp15.000.

Bahan membuat Opor Panggang sangatlah sederhana yakni daging ayam kampung yang dibalut dengan bumbu racikan daun jeruk, bawang, dan santan. Cara menyantapnya pun sama seperti opor lainnya, yakni dengan nasi hangat, lontong ataupun ketupat.

3. Pindang Serani

Pindang Serani via Instagram @susie.agung

Cita rasa asam, manis serta pedas dapat Teman Traveler coba saat menyanap Pindang Serani khas Jepara. Kuliner ini terbuat dari ikan laut dengan kuah bening sehingga sangat cocok disantap bersama keluarga saat makan siang tiba.

Cara membuatnya pun sangat sederhana, cukup siapkan belimbing wuluh, tomat, daun bawang, daun kemangi serta ikan. Teman Traveler juga bisa memilih jenis ikan yang akan digunakan seperti kerapu, bandeng maupun kakap. Restaurant biasanya membandrol mulai dari Rp25.000 untuk satu porsi Pindang Serani ini.

4. Singit

Singit Daging via Instagram @alabuntil

Selain ayam dan ikan, Jepara juga memiliki olahan daging sengkel yang sangat lezat yakni Singit. Kuliner sangat lezat jika disantap dengan nasi hangat. Rumah makan atau restaurant yang menyajikan kuliner ini biasanya membanderolnya dengan harga mulai dari Rp20.000 per porsi.

Kuliner khas Jepara ini dibalut dengan bumbu yang sangat mudah dijumpai di pasaran seperti bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, kecap manis dan santan. Bumbu khas inilah yang mebuat sajian Singit sangat khas dan lezat. Tertarik mencobanya?

5. Horog-horog

Horog-horog Jepara via Instagram @irsyad_lazuardi

Kuliner terakhir yang jarang ditemukan diluar daerah Jepara adalah Horog-horog. Makanan ini terbuat dari Tepung Pohon Aren sehingga berbentuk sangat unik. Cara menyantapnya pun bisa disandingkan bersama dengan soto, petis, sate kikil, bakso dan gulai.

Tepung Pohon Aren ini biasanya diolah dengan gula pasir dan santan. Tidak hanya khas Jepara, bahkan makanan ini tergolong kuliner legendaris karena sekarang sudah sangat jarang ditemukan. Bila ingin mencicipinya, Teman Traveler bisa menemukan Horog-horog ini di Pasar Tradisional dengan harga mulai dari Rp5.000 saja.

Itulah beberapa makanan khas Jepara, tempat kelahiran Ibu Kartini. Selamat menyambut hari kartini bagi semua pejuang wanita diluar sana. Semoga Teman Traveler bisa mencoba beragai kuliner khas Jepara ini lagi saat sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala ya. Stay safe! Next

ramadan

Pantai Parangkusumo, Misteri Cinta Senopati yang Melegenda!

Pagubungan

Kolam Renang Pinggir Sawah di Jawa Tengah, Pemandangannya Nyegerin!