in , , , ,

Pantai Parangkusumo, Misteri Cinta Senopati yang Melegenda!

Keindahan Sunset Pantai Parangkusumo yang Ngangenin

img_20190728_152119_bmz.jpg
Bibir Pantai yang Luas (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Pantai merupakan salah satu tempat wisata paling digemari oleh banyak orang. Suasananya yang khas juga menjadi incaran para penikmat pantai baik yang berpasir putih maupun hitam pasti sangat merindukan suasananya.

Baca juga : The Blooms Garden, Destinasi Wisata Baru di Bali

img_20190728_152346_S8a.jpg
Tempat Berlibur dengan Keluarga (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Pantai Parangkusumo yang berada di ujung selatan Kota Bantul, Yogyakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan. Pantai selatan yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis ini tak kalah indah dibanding dengan pantai pantai di sekitarnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

Biaya Masuk dan Parkir

img_20190728_152154_HIn.jpg
Ramai Pengunjung (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Jika ingin memasuki kawasan pantai selatan Teman Traveler cukup membayar Rp10.000 per orang dan biaya parkir tergantung dari kendaraan yang Teman Traveler gunakan saat ke sini. Pantai berpasir hitam ini masih landai dan cenderung bersih daripada jajaran pantai selatan disekitarnya.

 Mistis yang Beredar

img_20190728_152127_8iv.jpg
Ombak yang Tinggi (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Selain Parangtritis, Pantai Parangkusumo ini juga memiliki banyak kemistisannya juga. Konon katanya, di pantai inilah Raja Keraton Jogja, Panembahan Senopati bertemu dengan penguasa pantai selatan Nyiroro Kidul. 

img_20190728_152056_Sja.jpg
Berbagai Sarana Transportasi (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Banyak cerita di balik bangunan yang bernama Puri Cepuri yang berada di Pantai Parangkusumo ini. Cerita yang paling terkenal dan paling diingat penduduk setempat adalah pertemuan Senopati dan Nyiroro Kidul tersebut. 

img_20190728_152040_EQt.jpg
Berlibur dengan Buah Hati (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Pertemuan keduanya terjadi di Puri Cepuri, tepatnya di batu cinta yang konon menghasilkan perjanjian diantara para penguasa tersebut. Perjanjiannya tersebut mengenai pernikahan keduanya beserta seluruh keturunan senopati yang akan menjadi pengantin dari Nyiroro Kidul.

img_20190728_152035_toX.jpg
Delman Disekitar Pantai (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Banyak orang yang masih percaya mengenai batu cinta tempat bertemunya panembahan senopati dan penguasa laut selatan ini bermitos tentang banyaknya doa yang akan terkabul jika dipanjatkan di dekat batu cinta.

Upacara Setiap Tahun

img_20190728_152024_5MS.jpg
ATV Pantai (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Pantai Parangkusumo ini juga setiap tahunnya akan diadakan upacara dari Keraton Jogja berupa labuhan. Labuhan adalah upacara yang dilakukan untuk menghantarkan persembahan kepada penguasa pantai selatan dari Keraton Jogja. Labuhan berisi berbagai bunga bunga, gunungan, dan benda yang paling wajib ada adalah potongan kuku dan rambut dari Raja Jogja. 

Buka 24 Jam

img_20190728_152138_IF7.jpg
Spot Indah (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Selain mistis yang kental, kawasan pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah. Banyak permainan yang bisa Teman Traveler sewa seperti dokar, motor trail, dan menunggu kuda. Warung-warung penjaja kuliner khas antar juga banyak tersedia di sini. Sunset dari Pantai Parangkusumo juga sangat indah. Pantai ini buka 24 jam setiap harinya, jadi Teman Traveler bisa datang kapan saja loh

img_20190728_152144_Ldb.jpg
Bibir Pantai yang Luas (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Suasana malam Pantai Parangkusumo juga tidak kalah indah dengan suasana siangnya. Banyak taburan bintang di langit yang menghiasi malam Pantai Parangkusumo. Bagi Teman Traveler yang suka berjalan-jalan di pantai, Parangkusumo bisa menjadi pilihan yang tepat diantara jajaran pantai selatan jawa ini selain Pantai Parangtritis.

Sempatkan untuk berwisata keluarga di pantai Parangkusumo jika Teman Traveler sedang berkunjung ke Bantul. Berjalan jalan sore di pantai bersama sahabat juga bisa jadi pilihan yang pas. Tapi bersabar dulu ya sampai virus corona menghilang nanti. Sekarang tetaplah di rumah agar bisa cepat kembali beraktivitas dan berlibur seperti sedia kala. Stay safe! Next

ramadan

5 Rekomendasi Kupat Tahu Bandung dengan Kelezatan Tak Terbendung!

5 Makanan Khas Jepara yang Enak, Tempat Kelahiran RA Kartini