in ,

Makanan Khas Papua Unik dan Lezat yang Wajib Dicoba

Pada 2 Oktober 2021 hari ini merupakan pembukaan PON XX 2021 di Papua, untuk menyambutnya berikut ada rekomendasi makanan khas Papua. Unik dan lezat yang wajib dicoba saat berada di sana, mulai dari camilan hingga masakan menggugah selera. Yuk simak daftar di bawah ini.

Baca juga : Banyuwangi, the Fragrant City of East Java

1. Sagu Lempeng

sagu lempeng
Ilustrasi via instagram keboenkaoem

Pertama ada camilan khas Papua yaitu Sagu Lempeng, terbuat dari tepung sagu dibentuk seperti lempengan. Biasanya jajanan ini dimakan ditemani segelas teh atau kopi, bertekstur keras, dengan cita rasanya tawar tetapi saat ini banyak pembuatnya menambahkan gula sehingga manis. Makanan ini dapat ditemukan pada pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Papua.

2. Sate Ulat Sagu

sate ulat sagu
Ilustrasi via instagram igposn

Berikutnya untuk Teman Traveler mempunyai hobi mencari sesuatu yang ekstrim bisa mencoba Sate Ulat Sagu atau disebut Koo. Sate unik ini kaya akan protein, kadar kolesterol rendah dan dapat memberikan energi ke badan. Seperti sate pada umumnya, daging ulat dibakar sampai matang dengan bumbunya lalu dimakan bersama papeda atau roti sagu.

Masyarakat Papua biasanya langsung mengkonsumsinya tanpa dimasak. Teman Traveler dapat menemukan kuliner sate ulat sagu di daerah Pasar Lama Sentani yang dijual pada sore hingga petang, biasanya dibanderol dengan harga Rp 25.000 berisi 30 ekor ulat.

3. Kue Bagea

kue bagea
Ilustrasi via instagram alamama519

Kemudian satu lagi camilan yang terbuat dari tepung sagu yaitu Kue Bagea, selain itu bahan lainnya ada gula, terigu, biji kenari, kayu manis, cengkeh, dan kacang tanah lalu dibentuk lonjong atau bulat kecil. Teksturnya memang keras tetapi lumer ketika sudah masuk mulut, rasanya manis dan kaya akan rempah-rempah.

Kue ini sangat cocok dinikmati bersama teh atau kopi. Teman Traveler dapat membelinya sebagai buah tangan pada toko oleh-oleh yang biasanya dibanderol mulai Rp 20.000 per toples.

4. Aunu Senebre

aunu senebre
Ilustrasi via [image source]

Selanjutnya ada makanan unik khas Papua yaitu Aunu Senebre terbuat dari ikan teri dan nasi yang digoreng lalu dicampurkan dengan irisan daun talas serta parutan kelapa setelah tercampur secara merata kemudian dikukus, biasanya dinikmati bersama papeda atau umbi-umbian. Cita rasa asin dan gurih, memiliki tekstur lembut cocok untuk lauk.

Demikian ulasan makanan khas Papua yang unik dan tentunya lezat untuk dinikmati, jangan lupa mencoba kulinernya saat ke sana Teman Traveler. Next

ramadan
fi sumur neraka

Sumur Neraka di Yaman, Konon Terkutuk dan Dihuni Roh Jahat

Sensasi Berkemah di Bibir Pantai Pangasan Yang Menjakjubkan