in ,

Makanan Khas Riau dari Ikan, Lamak Nian dan Menyehatkan

Inilah Ragam Makanan Khas Riau dari Ikan

makanan khas Riau dari ikan
makanan khas Riau dari ikan

Riau ternyata pernah dikenal sebagai wilayah penghasil ikan terbesar ke-2 di dunia. Dan Bagansiapiapi menjadi pelabuhan dengan produksi ikan terbanyak. Meskipun sekarang ini kejayaan Riau sudah tidak seperti dahulu lagi, masih banyak ikan yang diproduksi. Maka dari itulah, jika kamu traveling ke sana, sempatkan mencicip makanan khas Riau dari ikan ya. Ada apa saja?

Baca juga : Gedung Arsip Nasional, Warisan Arsitektur Indah nan Bersejarah

Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin, via Instagram/dapur_susmi
Gulai ikan patin, via Instagram/dapur_susmi

Salah satu olahan ikan yang kondang dari Riau adalah Gulai Ikan Patin. Hampir di berbagai tempat makan, masakan ini ada. Ciri khas kuliner ini adalah kuah warna kuning dan kentalnya. Ikan patinnya memiliki tekstur empuk. Biasanya, olahan ini dipadukan dengan nasi hangat dan rebusan pucuk daun ubi. Guna menambah kenikmatannya, gulai ikan patin ditambah dengan kecombrang.

Ikan Baung Asam Pedas

Ikan baung asam pedas, via Instagram/makcikmanggis
Ikan baung asam pedas, via Instagram/makcikmanggis

Ikan baung banyak ditemukan di Riau, cirinya mirip ikan lele karena masih satu kerabat. Karena keberadanya melimpah maka dari itulah banyak olahan yang bisa dicoba. Misalnya saja Ikan Baung Asam Pedas. Jenis ini diolah dengan memanfaatkan rempah-rempah khusus. Bikin rasanya makin istimewa, biasanya ditambahkan air asam jawa. Daging ikan baung ini tebal dan durinya sedikit, maka dari itulah aman sekali untuk anak-anak.

Olahan Ikan Selais Asap

Olahan ikan selais, via Instagram/shantidhe
Olahan ikan selais, via Instagram/shantidhe

Ada juga namanya Ikan Selais Asap, membutuhkan proses 8 jam dalam proses pengasapannya. Setelah diasap, barulah ikan ini bisa digoreng, digulai, ataupun juga dipindang. Tergantung selera masing-masing. Karena dilakukan pengasapan terlebih dahulu, makanan khas Riau dari ikan ini bisa dijadikan oleh-oleh dan dibawa pulang.

Ikan Cuka

Ikan Cuko, via Instagram/arasisyamsir
Ikan Cuko, via Instagram/arasisyamsir

Kemudian ada yang namanya Ikan Cuka. Ikan digoreng terlebih dahulu kemudian dicampur dengan kuah yang terbuat dari bahan-bahan seperti halnya cabai merah iris, daun jeruk, jahe, gula pasir, garam, serai, dan tak lupa ditambahkan dengan asam cuka. Untuk jenis ikannya, biasanya memanfaatkan tenggiri. Kombinasi rasa asam pedas dan gurih akan membuatmu ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Itulah kuliner khas Riau terbuat dari Ikan. Jenis protein ini sangat menyehatkan ya Teman Traveler, maka dari itu jangan segan untuk mencobanya. Next

ramadan
Masjid Agung Darrusalam di Soppeng

Jelajah Wisata Soppeng, Keindahan Sulawesi Selatan yang Belum Banyak Dijamah

kuliner ngeres

Kuliner Lezat Bernama Ngeres, Menyebutnya Bikin Ngenes!