in ,

4 Kuliner yang Serupa Tapi Tak Sama, Apa Sebutan di Daerahmu?

SIapa menyangka makanan ini memiliki perbedaan walaupun terlihat sama

Indonesia memiliki keanekaragaman kuliner setiap daerah memiliki warisan makanan khas yang beragam dan terkadang dianggap memiliki kemiripan ternyata berbeda. Seperti makanan khas ini, serupa tapi tak sama. Penasaran penganan apa saja itu? Yuk, simak ulasan kuliner berikut ini.

Baca juga : Keindaahan Tombolo Pao di Gowa, Sensasi Embun Dingin hingga Nikmati Sunset

1. Soto dan Coto

Coto Makassar via Shutterstock

Mungkin dari nama beberapa ada yang mengira dua masakan ini adalah sama. Tetapi ada banyak perbedaannya. Saat menyandingkan kedua makanan ini Teman Traveler pasti langsung bisa melihat bedanya.

Pada warna yaitu soto lebih cenderung kekuningan karena dari kunyit sedangkan coto tampak lebih keruh gelap, berasal dari tauco dan kacang tanah goreng.Dalam penyajian, biasanya soto berdampingan dengan nasi, untuk coto pendampingnya adalah ketupat atau lontong. Ternyata sangat berbeda bukan?

Soto sendiri merupakan makanan khas yang terpengaruh dari budaya Tiongkok yaitu cau do artinya jeroan berempah, selain itu juga banyak ditemukan pada berbagai daerah di Indonesia. Kemudian coto adalah makanan khas Makassar, saat ini juga banyak ditemukan di mana-mana.

2. Pepes dan Pesan Be Pasih

Pepes atau Pelasan pada Shutterstock

Pepes adalah makanan khas dari Jawa Barat sedangkan Pesan Be Pasih dari Bali. Mempunyai kemiripan, ternyata makanan dengan ciri khas bungkus daun pisang ini memiliki perbedaan.

Jika di Pepes dimasak dengan bawang, cabai, tomat dan sebagai pengharum diberi daun kemangi. Dengan bahan utama ikan tawar, tahu atau tempe. Kemudian cara memasaknya dikukus.

Sedangkan Pesan Be Pasih menggunakan bahan ikan cakalang, mahi-mahi atau ikan tuna dengan dagingnya yang tebal. Bumbunya juga hampir sama dengan Pepes namun Pesan Be Pasih ditambah terasi dan setelahnya dibakar, sehingga bau dan rasanya khas.

3. Kaladama dan Tahu Gejrot

Kaladama via Instagram muhamadjupri182

Kaladama dan Tahu Gejrot adalah makanan khas Cirebon, sama-sama berasal dari Kota Udang tetapi memiliki perbedaan. Jika tahu gejrot disajikan hanya tahu saja, berbeda dengan kaladama yang dilengkapi irisan ketupat yang lebih tebal. Untuk bumbu hampir sama dengan ulekan bawang merah cabai rawit dan kuah asam.

4. Rangi dan Pancong

Rangi khas Betawi via Shutterstock

Rangi merupakan jajanan khas Betawi sedangkan Pancong berasal dari Jawa Barat. Kedua penganan ini tampak serupa tetapi tak sama, yang membedakan adalah penyajian dan teksturnya.

Rangi biasanya didampingi gula merah sebagai saus dicampuri irisan nangka, durian atas nanas, teksturnya lebih kering. Kemudian pancong bertekstur lebih lembek ketika disantap, lalu sebagai pelengkap diberi taburan gula halus.

Demikian ulasan Makanan serupa tapi tak sama yang ada di Indonesia. Apakah di daerah Teman Traveler memiliki makanan khas yang serupa?
Next

ramadan

Tips Liburan ala Backpacker di Jogja, Nyaman dan Murah!

Museum Dr Yap Jogja, Saksi Kiprah Warga Tionghoa di Masa Perjuangan