in , ,

Museum Dr Yap Jogja, Saksi Kiprah Warga Tionghoa di Masa Perjuangan

Mengetahui sejarah perjuangan dari tokoh dr. Yap Hong Tjoen

Banyak tokoh-tokoh yang berjasa dibalik kemerdekaan saat ini. Mereka bukan saja berada dalam golongan prajurit. Baik tokoh di bidang pendidikan dan kesehatan sekalipun mempunyai andil. Salah satunya adalah dr. Yap Hong Tjoen. Yuk simak cerita dibalik berdirinya Museum RS Mata dr. Yap dan koleksinya berikut ini.

Baca juga : Delicious Dishes from Poso, Central Sulawesi

Mengenal Sosok dr. Yap Hong Tjoen

yap_ei2.png
dr. Yap via website https://yap.or.id/sejarah-1.html

Mungkin beberapa dari kita masih asing dengan nama dr. Yap. Beberapa pula hanya sekadar mengenalnya sebagai nama rumah sakit saja. Ya, dr. Yap Hong Tjoen merupakan orang yang berjasa atas prakarsanya dalam mendirikan Rumah Sakit Mata dr Yap.

Pasca menyelesaikan studinya di Belanda, dr. Yap mempunyai itikad mulia. Ia ingin kembali ke Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia yang menderita penyakit mata dan kebutaan.

Sejarah Singkat Museum

img_20191112_114752_myH.jpg
Ruang menyimpan koleksi alat- alat kedokteran Ophthalmology (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Ketika putera dr. Yap Hong Tjoen yakni dr. Yap Kie Tiong berhasil menyelesaikan studinya dan pulang ke Tanah Air, terjadi penyerahan kekuasaan. Maka melalui Akte Notaris No. 53 tanggal 17 Juni 1949 dihadapan Notaris J. Hofstade di Semarang, dr. Yap Kie Tiong menyerahkan segala sesuatu kepada puteranya tersebut pada 1948 silam.

Dalam masa peralihan pasca wafatnya dr. Yap Kie Tiong terjadi kekosongan pimpinan. Namun berhasil dijaga kelangsungannya hingga saat ini. Nah, museum tersebut diprakarsai oleh Direksi Rumah Sakit Mata dr. Yap yakni dr. Basarodin, dr. Tri Sutartin Radjiman, dr. Wasisdi Gunawan, Ignatius Rudhyanto dan J. Handoyo.

Kemudian direktur rumah sakit meminta izin kepada keluarga dr. Yap Hong Tjoen yang berada di Belanda. Dan gayung pun bersambut. Koleksi museum bisa kita saksikan hingga saat ini. Museum tersebut diresmikan pada 1997 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Koleksi Museum

img_20191112_114926_Noz.jpg
Koleksi alat-alat medis (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Museum RS Mata dr. Yap, Teman Traveler bisa menjumpai beberapa koleksi peralatan medis yang digunakan pada masanya. Alat-alat medis tersebut berupa perimeter, alat penglihatan ketajaman mata, solux, lampu microscope metalurgi, lensometer hingga kursi roda.

Selain itu di ruang lainnya menyimpan alat-alat makan yang berbahan dasar keramik dan sebuah ruang tidur yang berisi barang-barang antik dan foto-foto dr. Yap Hong Tjoen bersama keluarganya.

Lokasi Museum

img_20191112_115645_qDG.jpg
Museum RS Mata dr. Yap tampak depan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berkeinginan berkunjung dan belajar di Museum RS Mata dr. Yap cara menuju lokasinya sangat mudah. Museum ini masih berada di kompleks Rumah Sakit Mata dr. Yap di Jl. Teuku Cik Ditiro No.5 Terban, Gondokusuman, Jogja.

Demikian ulasan Museum RS Mata dr. Yap Teman Traveler yang tertarik tentang pengetahaun sejarah khususnya kesehatan mata bisa mampir ke sini. Yuk agendakan bareng teman teman. Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

4 Kuliner yang Serupa Tapi Tak Sama, Apa Sebutan di Daerahmu?

Pantai Liman Kupang (c) Muhamad Jodisenobirowo Travelingyuk

Pantai Liman, Menjelajahi Surga Tersembunyi di Kupang