in ,

Makanan Unik Khas Sulawesi Selatan, Mau Coba?

4 Makanan Unik Sulawesi Selatan

Pa'piong Khas Toraja [image source]

Terkenal dengan Coto Makassar bukan berarti Sulawesi Selatan tak memiliki kuliner yang beragam. Seolah tak mau kalah, daerah lain pun memiliki makanan andalan mereka masing-masing. Kali ini, Travelingyuk ingin menginformasikan 4 makanan unik dari tanah kelahiran Sultan Hasanuddin. Disimak ya!

Baca juga : Tur Kopi Indonesia yang Seru untuk Dicoba, Nggak Hanya di Bali

1. Barobbo, Semangkuk Jagung Penuh Gizi

Khas Luwu [image source]
Sajian yang berasal dari Kabupaten Luwu ini sering disandingkan dengan Bubur Manado. Hanya saja, Barobbo menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Unsur proteinnya terdapat dari variasi sayur seperti kangkung, bayam, dan batang seledri cincang. Umumnya disediakan bersama udang. Santap selagi hangat bikin makin nikmat.

Barobbo [image source]

2. Cawiwi, Belibis Goreng yang Lezat

Cawiwi [image source]
Jika ayam atau bebek goreng terasa biasa, maka kamu harus mencoba Cawiwi alias belibis goreng. Sajian khas Kabupaten Sidrap ini akan menguras keringat dengan rasa pedas yang nendang. Penyajian makanan ini tergolong cukup lama sebab bahan utamanya dipotong saat dipesan oleh konsumen. Jadi, harap bersabar ya.

Menggunakan daging burung belibis [image source]

3. Pecco’, Sashimi Ala Tanah Luwu

Menggunakan ikan kecil yang segar [image source]
Pecco’ adalah sajian khas Kabupaten Luwu yang menggunakan ikan kecil mentah, seperti teri atau belado. Daging segar kemudian diberi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis. Campuran cabe rawit dan kacang yang telah dihaluskan melengkapi sajian ini. Sashimi ala Sulawesi Selatan ini dijamin akan menggoyang lidah kamu.

Pecco’ [image source]

4. Pa’piong, Kuliner Khas Negeri Atas

Pa’piong Khas Toraja [image source]
Berkunjung ke Toraja tak akan lengkap jika belum mencicipi Pa’piong. Sajian ini mirip seperti lemang, dengan menggunakan bambu yang dibakar. Umumnya, makanan ini berbahan dasar olahan daging babi, namun bisa juga diganti sapi ataupun ikan. Tambahan bumbu khas serta daun miana akan membuat rasa lapar kamu hilang.

Sajian dari Negeri Atas [image source]
Itulah 4 makanan unik dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Berwisata sekaligus mencicipi kuliner setempat tentu membuat liburanmu lengkap. Jadi, sudah kepikiran mau coba yang mana? Next

ramadan

Imah Djoglo, Resto Baru dengan Konsep Outdoor Sekaligus Mini Farm di Bandung

Pesta Tahun Baru di Hotel Malang dan Batu

Hotel di Malang dan Batu ini Gelar Pesta Tahun Baru dan Kembang Api