in ,

Mampir Ke Pogalan Mencari Camilan Khas Trenggalek

Mengunjungi salah satu daerah hal wajib yang tidak boleh dilupakan adalah membeli oleh-oleh. Pilihan oleh-olehnya pun beragam, mulai dari cindera mata sampai makanan atau jajanan khas. Kalau kita berkunjung ke Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur, salah satu oleh-oleh yang wajib kita bawa pulang adalah jajanan khasnya.

Baca juga : Museum Kota Bandung, Cara Asyik Belajar Kisah Lampau Paris van Java

Baca Juga : Panduan dan Sejarah Arah Kiblat

Apa lagi di Trenggalek tepatnya jika kita melewati jalan utama Trenggalek – Tulungagung di daerah Bendorejo Pogalan, tersedia pusat oleh-oleh jajanan khas Trenggalek yang tokonya berjajar rapi di kedua sisi tepi jalan. Jadi jangan ragu untuk mampir karena banyak hal yang bisa kita dapatkan di tempat ini.

1. Banyak Toko Oleh-Oleh Berjajar Sepanjang Jalan

Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Jalan utama penghubung Trenggalek dan Tulungagung di daerah Pogalan ini memang sengaja dijadikan sentra penjualan oleh-oleh khas Trenggalek oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Di sini kita bisa melihat puluhan kios oleh-oleh yang berjajar rapi, walaupun begitu mayoritas jualan mereka sama. Tapi tentu hal itu tidak membuat persaingan yang tidak sehat, karena dengan begitu pembeli bisa datang di toko manapun dan tidak harus berdesak-desakan hanya di satu kios mengingat harga yang dibanderol masing-masing kios sama. 

Kios oleh-oleh yang memang sudah rapi berjajar ditambah dengan parkir yang memadai untuk pengunjung membuat kita bisa dengan leluasa berhenti di pinggir jalan saat membeli oleh-oleh di sini. Lokasi yang berada di poros jalan utama juga memudahkan kita mencari oleh-oleh tanpa harus ke pusat oleh-oleh di pusat Kota Trenggalek.

2. Menyediakan Camilan Khas Trenggalek Yang Lengkap

Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Selain puluhan kios yang bisa kita dapati di sentra oleh-oleh Pogalan ini, tentunya di masing-masing kios kita juga bisa memilih banyak sekali jenis jajanan khas Trenggalek yang bisa kita beli. Kalau kita tergoda dengan melihat tumpukan berbagai macam camilan di sini, jangan kuatir kita bisa meminta pada pemilik kios untuk mengicip dulu sebelum membelinya agar kita tahu rasa khas dari masing-masing jajanan.

3. Aneka Pilihan Camilan Khas Trenggalek

Jajanan atau makanan ringan khas Trenggalek tentunya bukan cuma satu jenis saja. Ada beberapa jajanan yang tentu bentuk dan rasanya memiliki keunikan tersendiri dan jarang bahkan tidak ada di daerah lain. Berikut beberapa jenis jajanan khas Trenggalek yang bisa kita dapatkan di sentra oleh-oleh Pogalan.

  • Pilihan Alen-Alen Beragam
Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Jajanan yang paling utama yang mendarah daging sebagai jajanan khas Trenggalek tentunya adalah alen-alen. Makanan ini adalah jenis makanan ringan kering yang digoreng garing dengan bentuk seperti cincin atau dalam bahasa jawa alen-alen. Bukan cuma bentuknya yang unik, rasa gurih yang renyah membuat kita pasti ketagihan saat menyantap jajanan ini. 

  • Tempe Kripik
Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Yang menjadi jajanan khasnya Trenggalek lainnya yaitu tempe kripik. Jajanan ini berbeda dengan Kripik Tempe yang juga bisa kita temui di lain daerah (contohnya Malang), karena Tempe Kripik di Trenggalek lebih terlihat seperti butiran kedelai yang ditata rapi dan berbentuk kotak tipis yang kemudian digoreng kering, bukan seperti tempe yang dipotong-potong kemudian digoreng menggunakan tepung. Tentunya Tempe Kripik khas Trenggalek punya varian rasa yang disukai, yaitu original dan juga jeruk purut. 

Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Kekhasan Tempe Kripik ternyata bukan hanya pada rasanya saja, tapi kemasannya juga sangat khas. Sejak dahulu Tempe Kripik khas Trenggalek dikemas di dalam besek bambu ketika kita membelinya. Tentu hal ini juga membuat aroma khas jajanan ini terjaga dan unik.

  • Mancho
Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Oleh-oleh yang satu ini selain menjadi khasnya Trenggalek juga kita bisa temui di daerah Tulungagung, sebuah kabupaten yang bertetangga dengan Trenggalek. Mancho ini berbentuk bulat atau tabung memanjang yang berupa butiran beras yang menempel pada gula merah di dalamnya, menjadikan  rasa camilan ini manis berpadu dengan gurih di luarnya.

  • Jenang
Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Kebiasaan warga kulonan utamanya Trenggalek yang membuat jenang saat perayaan-perayaan hari besar sejak dulu juga membuat jajanan jenang menjadi salah satu oleh-oleh khas Trenggalek. Jenang ini sendiri terbuat dari beras atau ketan yang dimasak dengan santan yang diberi gula merah. Pemasakan yang lama dan membutuhkan proses yang sulit membuat rasa yang diciptakan juga unik. Antara manis, gurih, dan legit di setiap gigitannya.

  • Enting-Enting Kacang
Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Enting-enting kacang merupakan salah satu jajanan kuno di Trenggalek. Enting-enting kacang ini tentunya terbuat dari kacang dengan tambahan gula merah dan kadang juga ada yang menggunakan kelapa. Rasa manis gula merah yang khas membuat kita pasti ketagihan.

  • Tahu Walik
Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Karena Trenggalek adalah wilayah pertanian yang salah satunya penghasil kedelai, salah satu jajanan khas yang sekarang menjamur di kios oleh-oleh khas Trenggalek adalah tahu walik. Tahu walik ini berupa tahu goreng yang hanya diambil kulitnya dan kemudian digoreng dengan beberapa bumbu dan bahan tambahan lain yang membuat rasanya semakin gurih.

4. Menyediakan Camilan Lainnya

Oleh-oleh Khas Trenggalek (c) Welly/Travelingyuk

Lokasi pusat oleh-oleh yang berada di jalanan utama antar kota tentunya membuat kita tidak hanya menemukan jajanan khas Trenggalek saja di tempat ini. Beberapa camilan ringan lain seperti usus krispi, kripik pisang, stik balado, dan lainnya juga bisa kita dapatkan di pusat oleh-oleh yang berlokasi di Pogalan ini. Tidak hanya itu, beberapa minuman dingin juga bisa kita beli untuk menemani perjalanan kita berwisata kuliner ke kota selanjutnya. Next

ramadan
Splindid

Jalan-Jalan Ke Pasar Splendid Kota Malang

Telaga Blumbang Gedhe, Wisata yang Bikin Hati Adhem