in ,

5 Manfaat Naik Transportasi Umum saat Traveling, Liburan Hemat Bebas Polusi

Sederet poin positif dari naik kendaraan umum

Tahukah Teman Traveler bahwa transportasi umum memiliki segudang manfaat dibandingkan dengan transportasi pribadi. Secara khusus, ketika kita sedang berlibur ke daerah atau kawasan baru, moda kendaraan tersebut memberi kita banyak hal baru yang sangat positif. Berikut 5 manfaat naik transportasi umum saat traveling.

Baca juga : Bandara Soekarno Hatta Diramaikan Lautan Manusia saat PSBB, Mudik?

1. Mengurangi polusi udara

Ilustrasi polusi kendaraan bermotor via Shutterstock

Ketika kita naik transportasi umum, kita sudah sangat membantu dalam mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan pribadi. Tidak main-main, menurut penelitian, transportasi umum mampu membuat udara menjadi lebih segar dan bersih sekitar 47% hingga 90%! Jika udara bersih dan sehat, kondisi badan dan emosi kita akan jauh lebih stabil karena jauh dari toxic.

2. Menghemat cadangan bahan bakar nasional

Image may contain: sky, skyscraper and outdoor
Bus Transjakarta via Instagram/artown02

Dengan semakin banyaknya orang yang naik transportasi umum, makin jarang orang yang menggunakan kendaraan pribadi, sehingga konsumsi bahan bakar semakin berkurang dan bisa dihemat. Hal ini penting mengingat cadangan bahan bakar kita makin menipis. Bahkan diperkirakan dalam waktu dekat cadangan minyak bumi bakal habis.

3. Ramah di Kantong

Image may contain: one or more people and people standing
Menggunakan transportasi MRT via Instagram/mallowtheband

Manfaat transportasi umum selanjutnya adalah pengeluaran yang lebih hemat. Biasanya, dalam sekali perjalanan, moda kendaraan tersebut mematok biaya yang murah dan terjangkau. Contohnya saja, Transjakarta dalam sekali jalannya hanya mematok harga Rp3.500 jauh-dekat. Murah sekali, bukan?

4. Meningkatkan Mobilitas Tubuh

Image may contain: one or more people and bicycle
Naik transportasi umum sambil olahraga via Instagram/ifanidea

Dengan naik moda transportasi umum, kita dituntut berjalan dari satu halte/stasiun ke spot lainnya. Ini sangat bagus dalam menjaga kesehatan tubuh, mengingat dalam 1 hari, kita harus rutin berjalan kaki minimal 30 menit hingga 1 jam. Mobilitas yang tinggi membuat aliran darah ke seluruh tubuh lancar, termasuk ke otak. Pekerjaan kita pun bakal lancar dan cerah.

5. Lebih Aman dan Nyaman

A group of girls are sitting in a city bus together but they felt lonely.
Lebih nyaman dan aman via Instagram/theadriankusuma

Dengan semakin sedikitnya jumlah kendaraan di jalan, tingkat kecelakaan yang terjadi bakal semakin rendah. Tentu ini bakal mengurangi risiko kematian di jalan dan kerugian materiil. Selain itu, moda transportasi yang sudah dibuat senyaman mungkin sangat bermanfaat dalam membantu kalian beristirahat sehabis capek bekerja.

Itulah tadi sederet manfaat naik transportasi umum, khususnya pada saat berada di kota atau daerah lain. Jadi tunggu apalagi, yuk naik bus atau kereta saja dan mari bekerja sama dalam mengurangi polusi udara! Next

ramadan

5 Hotel Artsy dan Instagramable di Purwokerto, Liburan Maksimal Sambil Berburu Konten

Hutan Mangrove Bengkulu, Spot Wisata Instagramable Penyelamat Alam