in ,

Kuliner Blusukan di Bantul, Mampir ke Warung Mangut Lele Yu Temu aja!

Mangut Lele Yu Temu di Bantul

Mangut Lele Yu Temu
Mangut Lele Yu Temu

Siapa nih yang doyan makan mangut lele? Kuliner khas Jogja, Solo, dan Semarang ini disajikan dalam bentuk kuah lengkap dengan lele utuh. Tekstur dagingnya empuk dan bumbunya sudah meresap ke bagian dalam. Rumah makan yang menjualnya banyak. Salah satunya warung Mangut Lele Yu Temu Bantul yang letaknya mblusuk. Apa keunikannya? Simak ulasan selengkapnya, yuk!

Baca juga : Wisata Milik Pemerintah di Jawa Tengah, Mau Kunjungi Mana Dulu?

Warung Sederhana yang Hampir Berusia Setengah Abad

Mangut Lele di Bantul
Mangut Lele di Bantul via instagram/@gilamakanjogja

Sederhana tapi istimewa, begitulah ketika sampai di warung Mangut Lele Yu Temu. Letaknya di daerah Sembangun, Bangunjiwo, Bantul yang dapat ditempuh satu jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Tak hanya blusuk, warungnya juga sederhana dengan dinding dari bambu. Meski tempatnya tak terduga, ternyata namanya sudah terkenal di seluruh penjuru Bantul. Hal ini karena lamanya warung makan ini berdiri.

Mangut Lele Yu Temu di Bantul
Mangut Lele Yu Temu di Bantul via instagram/@jogjakakilima

Menu Mangut Lele dengan Bumbu Spesial

Mangut lele Yu Temu Bantul
Mangut lele Yu Temu Bantul via instagram/@gilamakanjogja

Dari tahun 1985 hingga kini, menu yang ditawarkan oleh Yu Temu tak berubah. Menu yang menjadi andalan di sini adalah mangut lele dengan seporsi nasi putih. Hidangan ini disajikan dengan kuah santan yang beraroma segar. Tak lupa pula cabai utuh bercampur kuah. Rasa gurihnya sangat pas karena dimasak dengan menggunakan kayu bakar.

Pecel Lele Racikan Yu Temu
Pecel Lele Racikan Yu Temu via instagram/@dhikakae

 

Sego Pecel Istimewa Racikan Yu Temu

Menu Pecel di Warung Yu Temu
Menu Pecel di Warung Yu Temu via instagram/@kopicemeng

Tak hanya mangut lele, kamu juga bisa menikmati menu lain yang tak kalah menggoda. Salah satunya sego pecel yang rasa bumbunya jempolan. Sementara pilihan sayurannya juga segar. Beberapa pengunjung yang datang biasanya menyantap nasi pecel ini dengan tambahan mangut lele tanpa kuah. Sambal racikan Yu Temu juga tak lupa ditambahkan di atasnya. Maknyus banget kan?

Pecel dan Tempe Bacem Yu Temu
Pecel dan Tempe Bacem Yu Temu via instagram/@ngilerjogja

Menu Pelengkap yang Tak Kalah Menggoda

Menu Tempe dan Tahu Bacem Yu Temu
Menu Tempe dan Tahu Bacem Yu Temu via instagram/@sofietairio

Usia yang tak muda lagi membuat Yu Temu memilih memasak makanan secukupnya. Jika pun kamu tak kebagian mangut lele, masih ada menu lain yang bisa dicoba seperti tempe dan tahu bacem. Jika mau, kamu juga bisa memesan soto ayam dengan kuah kuning gurih. Rasanya istimewa loh, apalagi tambahan perasan jeruk nipis di atasnya.

Soto enak buatan Yu Temu
Soto enak buatan Yu Temu via instagram/@jogjabikinlaper

Hingga artikel ini ditulis, hidangan yang disajikan oleh Yu Temu terbilang murah meriah, yaitu Rp5.000-Rp10.000. Mau coba berburu kuliner blusuk di Jogja, jangan lupa mampir warung Mangut Lele Yu Temu ya! Next

ramadan

Bukit Alesano Bogor, Glamping Berpanorama Kota Seperti Hamparan Bintang

Hotel di Dekat Tegalalang Bali

Hotel Sekitar Tegalalang Bali yang Hits, Siapkan Pakaian Terbaikmu