in , ,

4 Masakan Nusantara Olahan Daging Sapi dan Rekomendasi Tempat Kulinernya

fi masakan nusantara olahan daging

Hari Raya Idul Adha identik dengan daging sapi atau kambing yang bisa diolah menjadi berbagai masakan, berikut ini 5 masakan nusantara olahan daging sapi dan rekomendasi tempat kulinernya di Jakarta. Menu untuk merayakan Hari Raya Kurban umat muslim hari ini. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Nikmatnya Menanti Kereta di Loko Cafe Malioboro

1. Rendang

rendang
Ilustrasi via instagram kulinermedan

Pertama ada rendang yang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Berbahan dasar daging sapi, makanan ini dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia lho! Kaya akan rempah-rempah dan memasaknya cukup membutuhkan waktu lama.

Teman Traveler bisa menuju ke Restoran Garuda yang memiliki cabang di Medan, Jakarta, Bandung, Bandar Lampung dan Singapura. Tentu menu andalannya yaitu rendang, diolah dengan susu sehingga memiliki cita rasa khas. Harga per menu mulai Rp 6.000 sampai Rp 50.000.

Salah satu cabang Restoran Garuda berlokasi di Jalan H. Agus Salim No.59, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Jam operasional pukul 08.00-20.00 WIB, buka setiap hari.

2. Sop Buntut

sop buntut
Ilustrasi via instagram sopbuntutibusamino

Berikutnya ada sop buntut masakan berasal dari pulau Jawa, berbahan dasar ekor sapi yang dibumbui rempah-rempah kemudian dibakar atau digoreng. Kuah kaldu sapi biasanya bening berisikan wortel, kentang, daun bawang dan tomat. Menghasilkan cita rasa gurih dan segar. Jangan lupa ditaburi bawang goreng serta ada kecap atau sambal sebagai tambahan rasa.

Teman Traveler bisa mencoba Sop Buntut Ibu Samino, salah satu restoran legendaris sudah ada sejak 1973. Memiliki menu sup buntut beragam yaitu balado, bakar, goreng, hingga sambal hijau. Harga per porsi mulai Rp 42.000 sampai Rp 78.000.

Sop Buntut Ibu Samino berlokasi di Jalan Tentara Pelajar No.22, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Jam operasional pukul 09.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

3. Rawon

rawon
Ilustrasi via instagram indahesjepe

Kemudian ada rawon masakan berasal dari Surabaya, Jawa Timur dengan bumbu khas kluwek yang membuat warna kuahnya hitam. Salah satu deretan makanan nusantara dinobatkan menjadi sup terenak di Asia dalam TasteAtlas Award tahun 2020 lalu.

Teman Traveler bisa mencoba rawon di Kantin Blauran Surabaya dengan menu khas Jawa Timuran. Di sini rawonnya memiliki potongan daging tebal dan kuahnya segar, ditemani bersama sambal dan taoge kecil. Harga per porsi Rp 35.000.

Kantin Blauran berlokasi di Jalan Cipete Raya No.33D, RT.14/RW.4, Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Jam operasional kantin pukul 09.00-16.00 WIB, buka hari Senin-Sabtu.

4. Coto Makassar

coto makassar
Ilustrasi via instagram kulinerjabodetabek

Selanjutnya ada coto makassar makanan tradisional asal Makassar, Sulawesi Selatan berbahan dasar daging atau jeroan sapi yang direbus lama dengan rempah-rempah sekitar 40 jenis. Cita rasa kuahnya kaya dan gurih dari kaldu sangat menggugah selera, menikmati coto makassar biasanya dengan ketupat atau buras.

Teman Traveler bisa mencoba di Warung Coto Makassar Syamsul Daeng Ngawing, memiliki kuah kental isian daging melimpah dan ada berbagai pilihan daging serta jeroan, harga per porsi Rp 30.000.

Warung Coto Makassar Syamsul Daeng Ngawing berlokasi di Jalan Kramat Raya/Soka, Daeng Ngawing No.2, RT.4/RW.2, Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Jam operasional warung pukul 07.00-23.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan 4 masakan nusantara olahan daging sapi untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga. Jangan lupa jaga selalu protokol kesehatannya Teman Traveler. Next

ramadan
fi 4 akomodasi di bandung

4 Akomodasi di Bandung yang Estetik dan Instagenik, Mulai Rp 150 Ribuan

Fi 4 theme park di jogja

4 Theme Park di Jogja, Untuk Liburan Bersama Keluarga Setelah PPKM