in ,

Subhanallah, Ini Masjid Paling Indah di Indonesia

Masjid Istiqlal, Jakarta [image source]

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Dari Timur hingga ujung Barat, ditemui masyarakat yang mempercayai bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah. Pemandangan mengesankan berupa masjid yang makmur, suara azan berkumandang mengundang jama’ah untuk memenuhi panggilan Tuhannya akan mudah kamu temui di mana-mana.

Baca juga : 5 Martabak Manis Legendaris Indonesia dengan Kelezatan Tiada Dua

Baca Juga :7 Masjid Terapung Paling Indah, 2 Diantaranya di Indonesia!

Dari sekian banyak masjid, berikut ini adalah beberapa yang katanya adalah bangunan termegah. Seperti apa keindahannya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Masjid Islamic Center Samarinda

Kamu yang rindu akan suasana Timur Tengah dan keindahan Jazirah Arab bisa sedikit terobati saat datang ke Masjid Islamic Center Samarinda. Tempat ibadah umat Muslim yang jadi kebanggaan tersebut dibangun di sebuah tanah luas. Tepatnya ada di wilayah kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sebagai negara dengan penganut Islam terbesar di Asia Tenggara, tidak heran jika Indonesia memiliki masjid-masjid yang megah nan cantik.

Masjid Islamic Centre, Samarinda [image source]
Masjid Islamic Centre, Samarinda [image source]
Menyuguhkan sebuah keindahan dan menawarkan kenyamanan bagi siapapun yang beribadah dan ingin menghadap Tuhan. Masjid Islamic Center saat ini mendapat predikat sebagai Masjid terbesar di Asia Tenggara, setelah Masjid Istiqlal dan Al-Akbar. Yang menjadi ciri khas bangunan selain gaya arsitekturnya adalah menara-menara yang berjumlah 7 bangunan. Yang paling besar menjulang setinggi 99 meter, menyimbolkan asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya ada 99 buah.

2. Masjid Istiqlal Jakarta

Kamu umat Islam yang tinggal di Indonesia pasti tahu dengan Masjid paling besar, paling megah, paling indah di seantero negeri ini. Bahkan paling besar di kawasan Asia Tenggara. Ya, tempat itu disebut dengan Masjid Istiqlal. Bagaimana tidak, bangunan masjid yang didominasi oleh warna putih tersebut berada di sebuah lahan yang dulunya adalah Taman Wilhelmina, di Timur Laut lapangan Medan Merdeka, di mana di tempat tersebut terdapat Monas yang menjulang tinggi mencakar langit.

Masjid Istiqlal, Jakarta [image source]
Masjid Istiqlal, Jakarta [image source]
Megah, adalah satu kata yang pas untuk menjelaskan bagaimana indahnya Istiqlal. Ada lima lantai di bangunan utamanya, sedangkan dinding-dindingnya dihiasi dengan ornamen geometrik. Makin indah dengan 12 tiang besar yang menopang kubah berdiameter 45 meter. Ciri khas Istiqlal adalah menara tunggal setinggi 96,66 meter dan terletak di bagian selatan masjid.

3.  Masjid Rahmatan lil ‘Alamin

Masjid memang selalu indah dan menenangkan jika dilihat, apalagi jika kamu memasukinya dengan segenap kerendahan hati saat menghadap Tuhan untuk beribadah. Nuansa indah bisa kamu nikmati betul saat datang ke sebuah masjid tang ada di kompleks pesantren Al -Zaytun. Letaknya sendiri ada  di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Masjid di sana dikenal dengan nama Masjid Rahmatan lil ‘Alamin.

Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu [image source]
Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu [image source]
Sebelum ada bangunan masjid yang megah seperti sekarang, sudah ada pondok pesantren sejak tahun 1996. Sampai saat ini masjid yang berada di lahan seluas enam hektare tersebut masih ada dalam tahap pembangunan. Saat selesai nanti, enam lantainya akan mampu menampung  jamaah sebanyak 100.000 orang.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini pernah jadi bahan perbincangan saat bangunannya tetap kokoh berdiri, ketika bangunan di sekitarnya lulu lantak akibat terjangan gelombang tsunami beberapa tahun silam. Hal itu seperti sebuah bukti kuasa Allah. Masyarakat Aceh memberi nama masjid tersebut sebagai Masjid Raya Baiturrahman. Sudah ada sejak zaman Kesultanan Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh [image source]
Masjid Raya Baiturrahman, Aceh [image source]
Jika kemu melihat sekilas, gaya bangunannya mirip dengan bangunan di era Kesultanan Turki Utsmani. Kolam air di depannya juga akan mengingatkanmu pada Taj Mahal di Indiah, itulah mengapa jika Aceh, tempat berdirinya Masjid itu disebut sebagai Agra van Andalas.

5. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makasaar juga merupakan tempat ibadah yang menjadi saksi bisu sejarah bangsa. Mulai dibangun pada tahun 1948 dan selesai pada tahun berikutnya. Tentu saja bangunannya mengalami perubahan akibat renovasi yang dilakukan  pada tahun 1999 dan 2005. Kamu harus tahu jika perancang di balik kemegahan Masjid Raya kebanggaan orang Makassar tersebut adalah  Muhammad Soebardjo.

Masjid Raya Makassar [image source]
Masjid Raya Makassar [image source]
Ada dua menara dengan tinggi mencapai 66,66 meter semakin memperindah bangunan masjid. Dari luar saja sudah cantik, apalagi dalamnya, kamu akan langsung kerasan dan menemukan kenyamanan di Masjid Raya Makassar.

6. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan memiliki gaya bangunan yang unik dan tidak akan kamu temukan di tempat lain. Dibangun pertama kali pada tahun 1906 dan berhasil dirampungkan pada tahun 1909. Hingga saat ini telah mengalami beberapa perbaikan dan tentu saja jadi makin besar dan megah.

Masjid Raya Medan, Medan [image source]
Masjid Raya Medan, Medan [image source]
Gaya arsitektur yang diadaptasi bernafaskan Timur Tengah, ada juga nuansa India dan Spanyol. Masjid raya Medan bentuknya tidak segi empat, melainkan segi delapan lengkap dengan sayap di masing-masing sudut. Mulai dari Selatan, Timur, Barat dan Utara.

Baca Juga :Traveling ke Lampung Selatan Bisa Salat di Masjid Mewah Berkubah Intan!

Itulah beberapa Masjid di belahan Nusantara, semoga keindahannya membuat kita semakin cinta dan menambah rasa syukur kita atas apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Next

ramadan

Yuk Puasin Lapar dengan Kuliner Surabaya Ini, Selalu Bikin Ngiler

Spot Beach Club di Lombok, Asyik Buat Nikmatin Sunset