in ,

Masjid Bergaya Kontemporer Unik di Indonesia, Jadwalkan Wisata Religi dari Sekarang

Indonesia Punya Masjid Bergaya Kontemporer, Bentuknya Tidak Seperti Pada Umumnya

Masjid Bergaya Kontemporer Indonesia
Masjid Bergaya Kontemporer Indonesia

Masjid-masjid di Indonesia ini memiliki gaya bangunan kontemporer. Jauh dari bayangan gedung masjid pada umumnya. Kalau biasanya masjid selalu identik dengan kubah, setidaknya terdapat empat masjid bergaya kontemporer di Indonesia.

Baca juga : Bikin Bangga, 5 Kebudayaan Indonesia Ini Ternyata Terkenal Sampai Luar Negeri

Saking kerennya sampai masuk sebagai nominasi Al Fozan Award. Ajang penghargaan bagi desain masjid-masjid di negara berpenduduk Muslim. Penasaran seperti apa rupanya? Yuk, disimak ulasan berikut.

Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

6 Kanopi Hidrolik Masih Tertutup via Instagram @srsaraswt.potret
6 Kanopi Hidrolik Masih Tertutup via Instagram @srsaraswt.potret

Masjid Agung Jawa Tengah berada di Kota Semarang, tepatnya Jalan Gajah Raya. Mempunyai gaya bangunan perpaduan arsitektur Arab, Jawa, dan Barat. Ciri khasnya terdapat pada 6 buah payung kanopi hidrolik di tengah-tengah halamannya. Ditambah juga menara Asmaul Husna dengan tinggi sekitar 99 meter.

Bagian Dalam Masjid Agung Jawa Tengah via Instagram @mirapsari79
Bagian Dalam Masjid Agung Jawa Tengah via Instagram @mirapsari79

Bangunan ini mempunyai luas lahan kira-kira 10 hektar, sedangkan untuk sholat seluas sekitar 7.600 meter persegi. Masjid ini mampu menampung kurang lebih 10 ribuan jemaah.

Masjid Al-Irsyad Satya, Kota Baru Parahyangan

Masjid Al-Irsyad Satya via Instagram @kevinyung88
Masjid Al-Irsyad Satya via Instagram @kevinyung88

Salah satu masjid bergaya kontemporer di Indonesia ini berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bernama Masjid Al-Irsyad Satya yang didesain oleh Ridwan Kamil, seorang arsitek sekaligus mantan Wali Kota Bandung.

Bagian Dalam Masjid via Instagram @dwijayadi8
Bagian Dalam Masjid via Instagram @dwijayadi8

Bangunan ini berbentuk kubus, terinspirasi dari Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah. Dindingnya pun dihiasi kaligrafi, terdapat pula tulisan “Lailahailallah” yang diukir dengan indah. Masjid Al-Irsyad yang mempunyai luas lahan kurang lebih 1 hektar, mampun menampung sekitar 1.500an jemaah.

Masjid Al-Safar, Cipularang-Jawa Barat

Masjid Al Safar via Instagram @kevinyung88
Masjid Al-Safar via Instagram @kevinyung88

Al-Safar juga merupakan salah satu masjid bergaya kontemporer di Indonesia. Bangunan ini pun merupakan hasil rancangan Ridwan Kamil. Bentuknya sungguh tidak biasa, berkonsep asimetris. Ada yang menyebut seperti pesawat ruang angkasa, disebut pula mirip topi adat Sunda.

Bagian Dalam Masjid via Instagram @alfianfahrurozi
Bagian Dalam Masjid via Instagram @alfianfahrurozi

Masjid ini berlokasi di rest area KM 88 Tol Cipularang, Jawa Barat. Bisa menjadi jujugan pelancong yang tengah melakukan perjalanan. Mempunyai luas sekitar 6 ribuan meter persegi, mampu memuat kurang lebih 1.200an jemaah.

Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Bentuknya Seperti Rumah Gadang via Instagram @_rhputra
Bentuknya Seperti Rumah Gadang via Instagram @_rhputra

Masjid Indonesia bergaya kontemporer selanjutnya berlokasi di Padang. Masjidnya berbentuk Gonjong dengan atap lancip empat sudut, khas Rumah Gadang. Style tersebut menggabungkan sejarah Islam dan Padang. Menggambarkan simbol mata air, bulan sabit, dan rumah Gadang. Uniknya lagi, masjid ini dirancang untuk tahan gempa bumi mencapai 10 SR.

Bagian Dalam Masjid via Instagram @arjunafiqrillah

Bangunan yang disebut juga Masjid Mahligai Minang ini punya luas lahan kurang lebih 40 ribuan meter persegi. Mampu menampung sekitar 20 ribuan jemaah.

Itulah rupa dari beberapa masjid kontemporer di Indonesia. Tempat ini memiliki fungsi utama sebagai tempat ibadah, sekaligus wisata bagi pelancong yang penasaran dengan bentuk uniknya. Teman Traveler sudah pernah singgah di salah satunya? Next

ramadan
Destinasi Wisata Menarik di Kamboja

Selain Angkor Wat, Ini Daftar Wisata Menarik di Kamboja, Mau ke Mana Dulu?

Tulip Cafe Jogja

Santai di Tulip Cafe Jogja, Suasana Bali-nya Bikin Enggan Pulang