in ,

Dari Buatan Jin hingga Destinasi Wisata Religi, Ini Fakta dan Mitos Masjid Tiban Malang

Wisata Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban

Kamu pasti pernah mendengar legenda Candi Prambanan yang konon dibangun dalam semalam sebagai syarat pinangan Bandung Bondowoso pada Roro Jonggrang. Nah bagaimana jadinya jika cerita legenda semacam ini juga ada di zaman sekarang. Seperti mitos-mitos yang menyelimuti destinasi wisata Malang yang satu ini, Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang

Baca juga : 6 Kebahagiaan Yang Bisa Kamu Temukan di Labengki, Raja Ampat Sulawesi

Mitos: Dibangun Pasukan Jin

Salah satu tempat ibadah
Salah satu tempat ibadah via Instagram/@rerefirmansyah .

Pondok pesantren dengan ribuan santri ini diliputi oleh cerita mistis yang tersebar dari mulut ke mulut. Bangunannya begitu besar, megah, serta dominan dengan gaya ala Timur Tengah. Kamu bisa melihat menara-menara hingga kubah dalam berbagai warna. Konon, konstruksi yang semewah itu dibangun oleh pasukan jin. Bahkan ada yang bilang jika penduduk setempat tak pernah tahu kapan dibangun dan tiba-tiba sudah jadi.

Masjid Tiban Malang
Masjid Tiban Malang via My-PASSION

Fakta: Dibangun oleh Manusia

Pondok pesantren instagenic di Malang
Pondok pesantren instagenic di Malang via Instagra,/@pahmi_aji

Ternyata destinasi yang dikenal juga sebagai Masjid Tiban ini dibangun oleh tenaga manusia. Hal ini juga dibenarkan oleh beberapa penduduk setempat yang mengaku melihat bahan bangunan dibawa masuk ke area pondok. Memang pembangunannya tidak dilakukan secara runtut dari depan ke belakang atau dari bawah ke atas. Kabarnya Kiai Ahmad selaku pengasuh pondok pesantren melakukan istikharah terlebih dahulu untuk mendapatkan petunjuk.

Kemegahan Masjid
Kemegahan Masjid via netz.stg.codigo.id

Mitos: Dibangun dalam Semalam

Wisata religi di Malang
Wisata religi di Malang via Instagram/@phirinz

Karena terdapat mitos yang mengatakan jika Masjid Tiban dibangun oleh pasukan jin sakti, maka tidak heran jika ada juga cerita bahwa para jin mendirikan gedung 10 lantai tersebut hanya dalam waktu semalam. Kisah itulah yang membuatnya dijuluki Masjid Tiban yang tiba-tiba muncul tanpa ada yang tahu kapan pembangunannya.

Kemewahan Masjid Tiban
Kemewahan Masjid Tiban di Malang via Instagram/@mbimoa

Fakta: Butuh Bertahun-tahun hingga Bisa Seperti Sekarang

Pemandangan dilihat dari Masjid Tiban Malang
Pemandangan dilihat dari Masjid Tiban Malang via Instagram/@adi_mrizal

Pembangunan pondok pesantren tersebut tidak dilakukan baru-baru ini. Jauh sebelum dibuka untuk umum, beberapa kamar dan lorong-lorong telah dibuat. Tepatnya dimulai pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Ahmad. Pada saat sudah setengah jadi, barulah masyarakat diperbolehkan untuk masuk. Jika penasaran, kamu bisa bertanya pada santri-santri yang ada di sini tentang sejarahnya.

Masjid Tiban di Malang
Masjid Tiban di Malang via Instagram/@triayak

Masjid Tiban Sebagai Destinasi Wisata Religi

Lorong di Masjid Tiban
Lorong di Masjid Tiban via Instagram/@ecca_sanguinis

Kisah mengenai keterlibatan jin membuat Masjid Tiban sangat terkenal bahkan sampai ke luar Pulau Jawa. Saat musim liburan atau peringatan hari besar Islam, pengunjungnya akan membludak. Kebanyakan dari mereka datang untuk berwisata religi dan menikmati sebuah karya megah. Terdapat kamar-kamar dan lorong yang berarsitektur indah.

Lorong-lorong Masjid Tiban Malang
Lorong-lorong masjid via Instagram/@yoedha82

Itulah beberapa ulasan tentang Masjid Tiban Malang yang menarik untuk dibahas. Di kesempatan lainnya Travelingyuk akan menceritakan tentang bagian demi bagian yang ada dalam masjid ini. Nantikan dan baca terus Travelingyuk ya! Next

ramadan
Iklan kuliner jadul Indomie

Nostalgia Iklan Kuliner Jadul, Kamu Nggak Akan Nyangka Begini Tampilannya

Jadi Duta Brand Traveler Kenamaan, Ini Gaya Liburan Cristiano Ronaldo