in , , , ,

Mendaki Gunung Kelud, Iceland van Java yang Eksotis

Mendaki Gunung Kelud yang Indah dan Memesona

Mendaki Gunung Kelud
Mendaki Gunung Kelud

Gunung Kelud ini disebut-sebut sebagai Iceland nya Indonesia. Bagaimana bisa? Karena kabut dan gugusan batuannya mirip dengan di Iceland. Pendakin yang sudah mendaki Gunung Kelud dibuat takjub dengan keindahannya yang selalu memesona. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Jembatan Malo, Sydney Harbour Bridge A La Bojonegoro

Tentang Gunung Kelud

img_2226_CiW.jpg
Gunung Kelud Diselimuti Kabut ketika Pagi (c) Kamal Azizi/Travelingyuk

Gunung Kelud adalah salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia, sudah pernah meletus kurang lebih sebanyak 30 kali sejak tahun 1.000 M. Terakhir kali meletus pada tahun 2014.

Lokasi Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri. Gunung ini memiliki ciri khas yaitu kawah yang dimilikinya.

Danau Kawah

Kawah Gunung Kelud (c) Kamal Azizi/ Travelingyuk

Danau kawah ini memang sangat fenomenal dan dulunya lebih besar dari yang sekarang. Akibat dari letusan freatik pada tahun 2007 memunculkan kubah lava semakin membesar dan menyumbat permukaan danau, sehingga kawah hampir menghilang, menyisakan genangan kecil seperti kubangan air. Kubah lava ini kemudian hancur pada letusan besar di awal tahun 2014. 

Puncak-puncak yang ada sekarang merupakan sisa dari letusan besar masa lalu yang meruntuhkan bagian puncak purba. Dinding di sisi barat daya runtuh terbuka sehingga kompleks kawah membuka ke arah itu.

Panorama Gunung Kelud (c) Kamal Azizi/ Travelingyuk

Jalur menuju Gunung Kelud ada tiga yaitu dari Tulungrejo, Karangrejo dan wisata yang berada di Desa Sugihwaras, Kediri, Jawa Timur. Melalui Tulungrejo dan Karangrejo, jalur pendakian bisa diakses melalui kota Blitar. Pemandangan di jalur pendakian Blitar tidak kalah indahnya dengan yang ada di Kediri. Durasi pendakian sekitar 4-5 jam untuk bisa sampai ke kawah atau puncak dari Gunung Kelud itu sendiri.

Tiket dan Jam Masuk

Suasana di Sekitar (c) Kamal Azizi/Travelingyuk

Kabut yang menyelimuti puncak semakin melengkapai keindahan panorama Gunung Kelud. Suasana yang mendung, membuat badan serasa makin betah untuk terus meng-eksplor gunung. Gerbang di buka pada pukul 07:00 WIB hingga 16:00 WIB.

Harga untuk tiket masuk wisata Gunung Kelud ketika weekday yaitu Rp5.000 dan weekend Rp10.000. Lahan parkir untuk kendaraan roda 4 ada di dekat gerbang pertama. Untuk melanjutkan perjalanan dari lahan parkir, bisa dengan berjalan kaki sekitar 5 km. Warga sekitar juga menyediakan jasa ojek dengan membayar Rp50.000, pulang-pergi menuju kawah.

Panorama Memesona

Perjuangan Mendaki Gunung Kelud (c) Kamal Azizi/Travelingyuk

Memang benar apa yang dikatakan pendaki, pemandangannya gagah dan elok akan menyambut Teman Traveler. Kawah yang berwarna kuning keemasan terlihat sangat menawan. Bukit-bukit yang mengelilingi kawahnya juga terlihat luar biasa dengan kabut yang masih menyelimuti. Dengan melihat pemandangan di kawasan Gunung Kelud perjuangan perjalanan dari Malang terbayar sudah.

Gunung Kelud bisa menjadi destinasi alternatif liburan Teman Traveler. Jadi sudah siap mendaki Gunung Kelud? Next

ramadan

3 Lokasi Menginap di Melbourne, Pastikan Sesuai dengan Tujuan Berliburmu

Great Cascade of Peterhof, Air Mancur Menawan dan Terbesar di Dunia