in ,

Berencana Mendaki Gunung Merbabu? Dilarang Bawa Tissue Basah Mulai Sekarang!

Mendaki Gunung Merbabu Jangan Bawa Tissue Basah!

Teman Traveler hobi mendaki gunung dan berencana untuk mendaki Gunung Merbabu dalam waktu dekat ini? Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Resort Selo mengeluarkan aturan pendakian, yang salah satunya adalah dilarang membawa tissue basah saat mendaki. Mengapa begitu? Berikut ini Travelingyuk lansirkan informasinya dari Kompas.

Baca juga : Rahasia Glosis Resto di Bandung yang Bertahan Puluhan Tahun dengan Menu Utama Steak

1. Menjadi Larangan yang Ditekankan dari 16 Larangan Lain

Mendaki Merbabu Patuhi Peraturannya via Instagram/kecapsedaapp

Setidaknya ada 16 larangan yang diberlakukan bagi siapa saja yang akan mendaki Gunung Merbabu. Salah satu yang ditekankan dan digarisbawahi adalah larangan membawa tissue basah. Disampaikan Kepala BTNG Merbabu, Edy Sutiyarto, hal tersebut sudah dibahas bersama dengan pihak yang peduli terhadap lingkungan.

2. Tissue Basah Penyumbang Sampah Kedua di Gunung

Sampah Tissue Basah Kedua Terbanyak di Gunung Merbabu via Instagram/pejalan_kaki

Pendaki dilarang untuk membawa tissue basah saat naik ke atas gunung. Alasannya adalah karena faktor lingkungan. Disebutkan bahwa tissue basah merupakan sampah terbanyak kedua yang ditemukan di gunung setelah sampah botol bekas air mineral.

Sayang Jika Keindahan Merbabu Dicemari Sampah via Instagram/buang.waktu

Tissue basah banyak tertinggal dan menjadi sampah yang sulit terurai oleh tanah. Walau ukurannya kecil, ia menjadi salah satu barang wajib para pendaki. Sayangnya, ia juga menjadi sampah yang mencemari lingkungan di kawasan gunung.

3. Diberlakukan di Jalur Selo dan Menyusul Jalur Lainnya

Diberlakukan pada Jalur Pendakian Selo via Instagram/alsyamrohnrg

Peraturan dilarang membawa tissue basah saat melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, baru dikeluarkan untuk pendakian via Selo. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk diberlakukan di jalur pendakian yang lain.

Jalur Selo yang Hits di Kalangan Pendaki Merbabu via Instagram/nedikusnedi

Perlahan-lahan, dibarengi dengan sosialisasi kepada masyarakat luas agar jangan menambah banyak bahan sampah yang sulit terurai. Dengan adanya peraturan ini, pendaki bisa mengganti tissue basah dengan membawa sapu tangan atau tissue kering yang dibasahi. Meski begitu, sampah tissue tetap jangan ditinggalkan begitu saja.

4. Larangan Lainnya

Ilustrasi Api Unggun yang Juga Dilarang via Instagram/firesled.mobile.grill

Selain larangan membawa tissue basah, saat mendaki Gunung Merbabu, pendaki juga dilarang membuat api unggun, merusak kawasan taman nasional, membawa pisau dengan panjang bilah lebih dari 15 cm, serta penetapan batas usia minimal pendakian, yaitu 10 tahun.

Indahnya Pemandangan dari Merbabu via Instagram/wahyudwihartono

Mendaki Gunung Merbabu menjadi agenda dari cukup banyak pecinta gunung. Pemandangan yang cantik dan lokasi yang mudah dijangkau, adalah beberapa alasannya.

Mulai sekarang, jika Teman Traveler memiliki rencana untuk mendakinya, jangan membawa tissue basah ya! Gunakan saja alternatif lain seperti yang disarankan oleh petugas. Setuju? Jadi kapan berencana untuk mendaki? Next

ramadan

Melihat dari Dekat si Winnie the Pooh Indonesia di Penangkaran Beruang Madu Balikpapan

tempat makan legendaris di Penang

5 Tempat Makan Legendaris di Penang Malaysia, Populer Namanya Nikmat Sajiannya