in ,

Melihat dari Dekat si Winnie the Pooh Indonesia di Penangkaran Beruang Madu Balikpapan

Penangkaran Beruang Madu Balikpapan

Baca juga : Kebon Rojo Park, Spot Edukasi Adem di Tengah Panasnya Kota Blitar

Winnie the Pooh yang menggemaskan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Apakah Teman Traveler salah satunya? Jika begitu, penangkaran beruang madu di Balikpapan ini harus masuk agenda liburan selanjutnya!

Saat berkunjung ke sini, si beruang yang memang hobi menyantap madu ini bisa dilihat dari jarak yang lebih dekat. Seperti apa persisnya? Simak penguraian di bawah!

1. Pilihan Wisata Edukasi untuk Keluarga

Salah Satu Beruang di Penangkaran Beruang Madu Balikpapan via Instagram/ lelymikha

Penangkaran beruang madu di Balikpapan yang ada di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup atau KWPLH cocok dikunjungi oleh siapa pun tanpa batas usia. Teman Traveler bisa mengunjunginya bersama keluarga atau teman. Di sini, pengunjung dapat melihat bagaimana hewan ini hidup.

Turut Dikunjungi oleh Wisatawan Asing via Instagram/ kwplh_balikpapan

Selain itu, tersedia juga area edukasi yang dapat membuat pengunjung menjadi sedikit lebih mengetahui tentang konservasi dan kekayaan alam. Terutama kekayaan alam endemik Kalimantan.

2. Kawasan Wisata Berupa Hutan, Sesuai Habitat Beruang

Tinggal Sesuai Habitatnya via Instagram/ epsasha

Beruang madu atau Helarctos malayanus merupakan salah satu binatang yang keberadaannya cukup langka. Seiring berkurangnya habitat tempat mereka tinggal, yaitu hutan tropis, populasi beruang madu di Pulau Borneo juga semakin berkurang.

Terlihat Beruang Sedang di Atas Pohon via Instagram/ novianovilestari

KWLPH sendiri merupakan kawasan agrowisata. Daya tarik utama tempat ini adalah beruang-beruang madu yang menggemaskan. Sebagian beruang yang tinggal di sini merupakan hewan peliharaan penduduk setempat atau yang gagal dijualbelikan. Beruang-beruang tersebut kemudian ditempatkan di sebuah hutan buatan dengan luas sekitar 1,3 hektar.

3. Wisatawan Bisa Melihat Beruang Madu dari Jarak Dekat

Bisa Melihat Beruang Madu dari Jarak Dekat via Instagram/ teguh_djatmiko

Saat berada di dalam kawasan penangkaran beruang madu di Balikpapan, Teman Traveler dapat melihat keberadaan beruang-beruang madu dari jarak lebih dekat. Meski begitu, faktor keamanan dan keselamatan pengunjung tetap diutamakan.

Pengunjung Melihat Beruang dari Atas Jembatan Kayu via Instagram/ kwplh_balikpapan

Teman Traveler dapat melihat para beruang madu beraktivitas dari atas jembatan kayu yang berada di pinggir habitat mereka tinggal. Tinggi jembatan kayunya sendiri sekitar 1,5-2 meter dari area hutan. Dari sini, pengunjung dapat melihat para beruang beraktivitas.
Menggemaskan!

4. Lokasi dan Tiket Masuk

Melihat Beruang Madu yang Lucu dari Dekat via Instagram/ arsetphotography

Lokasi penangkaran beruang madu di Balikpapan berada di Km. 23 Jln Raya Balikpapan-Samarinda. Untuk berkunjung, wisatawan tidak dipungut biaya. Siapa pun bisa datang untuk melihat si beruang. Hanya, di bagian pintu masuk area tempat beruang madu dilindungi, terdapat kotak yang bisa diisi uang sukarela dari para pengunjung.

Patung Beruang yang Juga Menjadi Daya Tarik via Instagram/ henifit

Destinasi wisata edukasi di Kalimantan Timur ini buka setiap hari. Ia sudah bisa dikunjungi mulai jam 08.00 sampai pukul 17.00 waktu setempat. Tapi jika ingin melihat mereka mencari makan dengan memanjat pohon-pohon, sebaiknya datang antara pukul 09.00 hingga 15.00.

Penangkaran beruang madu di Balikpapan, bisa lho dijadikan pilihan wisata yang berbeda bersama keluarga. Mengingat jumlahnya yang mulai langka, lebih baik agendakan segera. Setuju? Ditunggu ya! Next

ramadan
Menginap di Woodlot Hostel

Menginap di Woodlot Hostel Malang, Akomodasi Murah Bernuansa Kayu

Berencana Mendaki Gunung Merbabu? Dilarang Bawa Tissue Basah Mulai Sekarang!