in , , , , , , , , , , ,

10 Maskapai Penerbangan Dengan Default Menu Makanan Halal

Maskai Penerbangan Kini Sudah Banyak yang Menyediakan Menu Makanan Halal yang Bisa Teman Traveler Santap Saat Perjalanan Tanpa Khawatir

Akhir-akhir ini, gaya hidup halal mulai menjadi tren nasional maupun Internasional. Di Indonesia, tren halal semakin bergairah dengan menyasar berbagi sektor, seperti pariwisata maupun kuliner.

Baca juga : Upper Room Cafe Surabaya, Nyaman di Tingkat Dua Car Wash

Sebagai umat muslim, kehalalan menu makanan tentunya menjadi perhatian khusus. Terlebih saat melakukan perjalanan jauh menggunakan transportasi udara. Apakah semua makanan di pesawat halal? Tentu saja tidak. Namun, ada beberapa maskapai yang berstandard halal.

Makanan halal di maskapai ini tidak mengandung babi, khamr/rhum, alkohol serta dibuat sesuai syariat Agama Islam. Berikut adalah 10 pesawat terbang yang menyediakan menu katering yang halal.

1. Saudi Airlines

Saudia Airlines Menu via Instagram @inflightfeed

Saudi Airlines merupakan pesawat nasional Arab Saudi yang melayani penerbangan domestik maupun internasional. Semua makanan yang disediakan untuk penumpang berstandar halal dan terverifikasi oleh organisasi Islam. Saudi Airlines juga tidak menyediakan makanan maupun minuman beralkohol.

2. Etihad

Etihad Menu via Instagram @stengel182

Dalam website resminya, disebutkan bahwa semua menu makanan yang disajikan merupakan makanan halal dan disiapkan sesuai kaidah makanan halal. Sehingga semua produk makanan dalam Etihad Airlines cocok untuk Teman Traveler muslim. Teman Traveler tidak perlu melakukan pemesanan menu terpisah saat booking.

3. Qatar Airways

Qatar Airways Menu via Instagram @hkm_eats

Maskapai global termuda di Doha ini juga mengklaim bahwa semua menu yang disajikan dalam penerbangannya adalah halal. Meskipun demikian, Qatar Airways juga masih menyediakan minuman beralkohol seperti wine ya Teman Traveler. Jadi Teman Traveler bisa request menu terlebih dahulu saat booking atau 24 jam sebelum keberangkatan.

4. Egypt Air

Egypt Air Halal Menu via Instagram @sirokuma_kinaishoku

Dalam website resminya,  Egypt Air juga menyebutkan bahwa standar menu makanan dalam pesawat adalah halal dan disiapkan berdasarkan syariat Agama Islam. Maskapai yang berbasis di Bandara Internasional Kairo, Mesir ini juga menyediakan menu yang variatif. Seperti menu vegetarian, khusus bayi, rendah kalori, dan kosher tanpa babi.

5. Emirates

Emirates Menu via Instagram @floxie10

Emirates adalah penerbangan yang mengutamakan menu diet penumpangnya. Oleh karena itu, dalam website resminya, disebutkan bahwa semua makanan dalam penerbangan sudah bersertifikat halal. Menu makanan bervariasi, mulai Western, Eastern, hingga Asian.

6. Oman Air

Oman Air via Instagram @felicia.throy

Penerbangan Nasional Oman ini juga menyediakan menu halal untuk Teman Traveler muslim. Dalam website resminya, disebutkan bahwa semua menu yang disajikan adalah halal dan tidak perlu untuk request menu khusus muslim saat booking atau dalam penerbangan.

7. Turkish Airlines

Turkish Airlines Menu via Instagram @rezanowbari

Turkish Airlines juga menyebutkan bahwa menu katering dalam penerbangannya, berbasis menu muslim dan disajikan sesuai panduan Agama Islam. Jika ragu, Teman Traveler bisa mengkonfirmasi terlebih dahulu saat memesan tiket atau sebelum penerbangan. Maskapai Nasional Turki ini melayani penerbangan ke 315 destinasi di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika.

8. Royal Brunei Airlines

Royal Brunei Airlines Menu via Instagram @bgtraveldiary

Royal Brunei adalah Maskapai Nasional Brunei Darussalam yang juga melayani penerbangan ke Indonesia. Teman Traveler tidak perlu khawatir akan kehalalan menunya, karena dalam website resminya disebutkan bahwa, semua makanan dalam maskapai ini berstandard halal dan disiapkan sesuai prosedur kesehatan.

9. Malaysia Airlines

Malaysia Airlines Menu via Instagram @junqueries

Malaysia airlines adalah Pesawat Nasional Malaysia yang menawarkan lebih dari 20 menu spesial sesuai diet penumpang. Dalam website resminya disebutkan bahwa semua menu yang dihidangkan adalah halal dan disiapkan sesuai metode makanan halal. Untuk mendapatkan menu spesial, Teman Traveler disarankan untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu sehari sebelum penerbangan.

10. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia Menu via Instagram @rocknal

Meskipun tidak disebutkan secara langsung dalam websitenya, menu makanan Maskapai Nasional Indonesia ini juga dinyatakan halal oleh Organisasi Islam. Pihak maskapai pun juga pernah mengkofirmasi bahwa menu katering Garuda Indonesia untuk penerbangan domestik maupun internasional adalah halal.

Itulah 10 pesawat terbang yang menjamin kehalalan menu dalam penerbangannya. Bukan berarti maskapai lain tidak menyediakan menu halal untuk Teman Traveler muslim, hanya saja tidak berbasis halal.

Teman Traveler, khususnya muslim, sebaiknya melakukan pre-order menu halal saat pemesanan tiket atau sebelum keberangkatan. Pastikan perjalanan menyenangkan dengan hidangan sesuai diet dalam pesawat. Selamat berlibur, Teman Traveler. Next

ramadan

Rumah Kerang Mang Radhi, Sajikan Seafood Langka di Bangka Belitung

Waterland Mojokerto, Solusi Panasnya Kota Seribu Candi