in ,

Merek Kecap Tertua di Indonesia, Citarasanya Istimewa dan Tak Berubah

Merek Kecap Tertua di Indonesia

Kecap Tertua di Indonesia
Kecap Tertua di Indonesia

Kecap sudah menjadi salah satu hal wajib yang harus ada di dapur orang Indonesia. Fungsinya tidak lain untuk membuat citarasa makanan makin istimewa. Namun, tahu kah kamu jika Indonesia punya banyak pabrik kecap yang sudah berumur. Bahkan ada yang hampir berusia satu abad. Lalu, merek kecap tertua di Indonesia apa saja sih yang rasanya tak berubah? Yuk, intip jawabannya berikut.

Baca juga : 4 Wisata Alam Majalengka dengan Pemandangan Hijau

1. Kecap Benteng Cap Istana, Tangerang

Teng Giok Seng
Teng Giok Seng via instagram/@junikarlina

Warga Tangerang pasti tak asing lagi dengan merek kecap ini. Pabrik Kecap Benteng ini sudah beroperasi sejak tahun 1882 dan dikelola oleh Teng Hang Soey. Meski sudah dialihkan kepada Teng Giok Seng, cita rasa kecap cap istana ini masih difavoritkan. Bahkan jadi primadona restoran sekitar. Nah, kamu yang penasaran dengan citarasanya, bisa mampir ke Pasar Lama.

Kecap Teng Giok Seng
Kecap Teng Giok Seng via instagram/@dimprast1624

2. Kecap Cap Orang Jual Sate, Probolinggo

Kecap Cap Orang Jual Sate, Probolinggo
Kecap Cap Orang Jual Sate, Probolinggo via instagram/@dimprast1624

Ada rencana liburan ke Bromo? Nah, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh Probolinggo. Salah satunya kecap legendaris yang sudah ada sejak tahun 1889. Namanya Kecap Cap Orang Jual Sate yang diproduksi oleh PT Aneka Food Tatarasa Industri. Jenisnya ada macam, yaitu kental dan manis. Keduanya memiliki tekstur lebih encer dibandingkan kecap lainnya. Pun demikian, cita rasanya sempurna. Sangat cocok untuk bumbu sate.

Kecap Cap Orang Jual Sate
Kecap Cap Orang Jual Sate via instagram/@38 likes

3. Kecap Benteng SH

Kecap Benteng SH di Tangerang
Kecap Benteng SH di Tangerang via instagram/@bobyjebob

Selain cap istana, ternyata ada lagi kecap legendaris yang hingga kini masih digemari masyarakat. Namanya Kecap Benteng Cap SJ yang didirikan oleh Lo Tjit Siong pada tahun 1920. Letak pabriknya juga berada di Pasara Lama, tepatnya Jalan Saham. Kini, pabrik kecap tertua di Indonesia ini dikelola oleh Latief Sukaryadi yang merupakan generasi keempat dari pemiliknya.

Kecap Benteng SH
Kecap Benteng SH via instagram/@dimprast1624

4. Kecap Bango, Tangerang

Kecap Bango
Kecap Bango via instagram/@daddykuliner

Siapa yang tak kenal dengan kecap satu ini? Hampir semua supermarket yang ada di kota besar menyediakannya. Namun, tahu kah kamu jika Kecap Bango juga termasuk salah satu tertua di Indonesia. Merek satu ini sudah ada sejak tahun 1928 dan diproduksi di daerah Benteng, Tangerang. Sebelum diakuisisi oleh PT Unilever Indonesia, bahan pemanis makanan ini dijajakan di toko kecil. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang mengenalnya. Kini pun, Kecap Bango berubah merek menjadi Bango.

Kecap Cap Bango
Kecap Cap Bango via instagram/@doyanbakmie

Nah, itulah merek kecap tertua di Indonesia yang masih istimewa. Rasanya juga tak berubah, sehingga tetap difavoritkan. Bagaimana, ada merek yang menjadi favoritmu tidak? Next

ramadan
Kuliner Pedas Kekinian Jogja

Parade Kuliner Pedas Kekinian Jogja, Berani Coba?

Kue tat, Via Instagram mitnamm

Makanan Sampai Barang, Ini Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Bisa Diburu