in ,

Mie Ongklok Pak Yadi, Pertahankan Resep Warisan Bah Kwa Ping An Sejak 1947

Mie Ongklok Pak Yadi, Khas Wonosobo dengan Kenikmatan Tak Tertandingi

Mie Ongklok Pak Yadi
Mie Ongklok Pak Yadi

Jika Teman Traveler sedang berada di Wonosobo, Jawa Tengah jangan hanya menikmati keeksotisan alamnya saja. Cobalah sesekali mencicipi berbagai kuliner khasnya. Salah satunya adalah mie ongklok yang terkenal unik dengan kuah kentalnya. Salah satu tempat oke buat mencicipinya adalah Mie Ongklok Pak Yadi yang sudah kondang di Wonosobo.

Baca juga : Wisata Alam di Jonggol, dari Hutan hingga Penangkaran Rusa

Pertahankan Resep Warisan Pencipta Mie Ongklok

Mie Ongklok yang mantap, via Instagram/ny.rempong
Mie Ongklok yang mantap, via Instagram/ny.rempong

Pencipta mie ongklok yang bernama Bah Kwa Ping An (Mbah Slamet) memulai jualannya dengan gerobak pikul keliling. Beliau memulai merintis berjualannya pada tahun 1947. Pak Yadi sendiri merupakan generasi penerus dari anak Bah Kwang Ping An.

Sebagai keturunan asli pencipta ongklok, resepnya juga otentik, tak pernah diganti. Jadi, kamu akan merasakan rasa otentik pada kuliner ini.

Mie Ongklok dengan Sate, Kombinasi Mantap

Kombinasi yang mantap, via Instagram/ny.rempong
Kombinasi yang mantap, via Instagram/ny.rempong

Menikmati mi ongklok paling enak dengan sate sapi sebagai kombinasinya. Dan hal inilah yang ditawarkan di warung makan ini. Semangkuk mie ongklok di tempat ini biasanya ada mie kuning yang dipadu dengan sayuran dan kuah bertekstur kental. Biasanya disajian dengan suwiran daging ayam dan bawang goreng.

Sate sapinya juga memiliki tekstur yang begitu lembut, sungguh kombinasi yang tepat, apalagi disajikan kala hangat. Cocok dengan ikim Wonosobo yang dingin. Apalagi ditambah dengan tempe kemul, kamu akan ketagihan mencobanya kembali.

Rahasia Kelezatan Kuah Kentalnya

Ebi rahasia kenikmatan, via Instagram/mieongklokpakyadi
Ebi rahasia kenikmatan, via Instagram/mieongklokpakyadi

Untuk membuat kuahnya cukup sederhana, ada bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, ebi, garam, dan tak ketinggalan gula jawa sebagai penambah rasa. Bumbu tersebut kemudian dicampur dengan air dan dikentalkan dengan menggunakan tepung kanji. Jadilah kuah kental untuk membuat mie ongklok.

Ebi yang digunakan adalah kualitas terbaik bukan yang hancur. Maka dari itulah, kuah untuk membuat mie ongklok ini membuatnya makin sedap saja.

Lokasi Mie Ongklok Pak Yadi

Terlihat menggiurkan, via Instagram/mieongklokpakyadi
Terlihat menggiurkan, via Instagram/mieongklokpakyadi

Mie Ongklok Pak Yadi berada di Jl. Ahamd Yani, Ngepelan, Wonosobo. Buat kamu yang ingin pesan, bisa menghubungi nomornya di 082141471117. Lokasi warungnya memang sederhana, ada gerobak berwarna biru dengan beberapa tempat duduk, ada pula yang lesehan. Meskipun sederhana dan merupakan bangunan semi permanen, rasa mienya bakal ketagihan lho. Coba saja ya!

Jika jalan-jalan ke Wonosobo jangan segan untuk mencoba kuliner satu ini ya Teman Traveler. Citarasa yang begitu mantap dan cocok menghangatkan tubuh yang kedinginan. Bagaimana, adakah Teman Traveler yang sudah mencicipinya? Next

ramadan

Best Non-Coastal Destinations in Sukabumi

Menteri Susi Tantang Mark Zuckerberg Paddling, Enaknya Diadakan Di Mana ya?