in , ,

Monumen PETA, Mengagumi Kehebatan Pahlawan dalam Berjuang untuk Tanah Air

Kalian bisa jalan-jalan sambil belajar sejarah di sini

Blitar memang tak berlabel Kota Pahlawan layaknya Surabaya. Namun, di tempat ini pernah terjadi peristiwa penting yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Yakni pemberontakan tentara PETA melawan tentara Jepang dan peristiwa ini pun diabadikan menjadi Monumen PETA. Nah, monumen ini sekarang menjadi wisata sejarah di Kota Blitar. Kalau kalian ingin tahu lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Baca juga : Loji Gandrung, Warisan Kolonial Solo yang Pernah Disinggahi Bung Karno

1. Lokasi Monumen

Monumen PETA
Bagian depan monumen (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Monumen berlokasi di JL. Sudanco Supriyadi, Kelurahan Bondogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Lokasinya benar-benar di pusat kota yang di sekitarnya terdapat beberapa tempat wisata. Seperti Alun-Alun Blitar, makam Bung Karno, Istana Gebang dan tempat-tempat penting lainnya di Kota Blitar.

2. Dibangun di Depan Bekas Markas PETA

monumen PETA
Patung pejuang PETA (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Monumen PETA sebenarnya berupa patung para pejuang PETA dan Sudanco Supriyadi yang berada di barisan paling depan. Patung-patung ini didirikan di depan markas PETA terdahulu. Namun sekarang, markas tersebut sudah beralih fungsi menjadi sekolah negeri. Walaupun begitu bentuk bangunannya masih terjaga dengan baik.

3. Banyak Info Tentang Monumen

monumen PETA
Tanda peresmian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Monumen PETA di Kota Blitar ini memang sudah mengalami beberapa kali pemugaran dan diresmikan pada tanggal14 Februari 2008. Tapi yang perlu kita tahu sebenarnya, jauh sebelum itu, tepatnya tanggal 14 Februari 1998 monumen ini sudah diresmikan pertama kali oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, Bapak M. Basofi Sudirman. Tanda peresmiannya pun bisa kita lihat gerbang utama monumen.

lrm_export_20190802_231757_Rfo.jpg
Tulisan di bawah patung (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, ada juga info menarik yang berada tepat di bawah monumen. Isinya berupa perlambangan usaha pemberontakan pejuang PETA melawan tentara Jepang dengan sangat berani. Kemudian, mereka hanya memperdulikan kemerdekaan bangsa dan keutuhan Indonesia tanpa mengkhawatirkan diri sendiri.

4. Ada Area Lapangan Basket

lrm_export_20190802_232108_VsO.jpg
Lapangan basket (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sekitar monumen, juga ada fasilitas lain yang bisa digunakan untuk masyarakat. Adalah dua buah lapangan olahraga yang mempunyai fungsi masing-masing. Satu sisi bisa digunakan untuk bermain sepak bola ataupun basket. Sedangkan sisi lainnya digunakan untuk olahraga lain, seperti badminton dan voli.

5. Berhadapan Langsung dengan Taman Makam Pahlawan

lrm_export_20190802_232027_7Wt.jpg
Taman makam pahlawan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berkunjung ke Monumen PETA, kalian juga bisa menikmati wisata sejarah lain. Adalah Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya. Lokasinya berada di depan monumen, sehingga Teman Traveler cukup menyeberang jalan.

lrm_export_20190802_231547_XHQ.jpg
Area dalam taman makam pahlawan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di dalam area taman makam pahlawan ini berbaring jasad para pahlawan perjuangan bangsa sejak zaman perang kemerdekaan Indonesia. Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya ini selalu ramai saat hari-hari besar kenegaraan, khususnya di malam hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Itulah salah satu wisata bersejarah yang ada di Kota Blitar. Ada banyak sejarah yang dapat dikulik dari tempat ini. Jadi, Teman Traveler tak akan rugi deh kalau berkunjung ke sini. Next

ramadan
BUKU NKCTHI

5 Jenis Buku yang Cocok Dibawa Ketika Traveling Jauh

Pantai Kusik

Pantai Kusik, Keindahannya Menantang Selera Bertualang