in , ,

Pantai Kusik, Keindahannya Menantang Selera Bertualang

Habiskan Liburan Sambil Nikmati Panorama Memukau di Riau

Pantai Kusik
Pantai Kusik (c) K. Azis/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin merasa asing dengan nama Pantai Kusik. Padahal destinasi satu ini menawarkan sensasi petualangan bahari yang luar biasa lho. Kalian bisa menemukan lokasi indah ini di sisi selatan Letung, Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Penasaran seperti apa indahnya? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Subhanallah, Ini Masjid Paling Indah di Indonesia

Perjalanan Menuju Anambas

dsc_8346_dnf.JPG
Pemandangan di Pantai Kusik (c) K. Azis/Travelingyuk

Anambas bisa dicapai dari Pangkalpinang, Batam, maupun Jakarta. Jika bertolak dari titik pertama, Teman Traveler bisa manfaatkan moda transportasi ferry. Dalam seminggu bakal ada minimal tiga kali jadwal penyebrangan, dengan waktu perjalanan kurang lebih 10 jam.

Teman Traveler juga bisa menumpang KM. Bukit Raya atau KM. Lawit milik Pelni. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 16 jam, dimulai dari Pelabuhan Sri Bayintan Pura, Kabupaten Bintan.

Jika Teman Traveler berniat memanfaatkan jalur udara, kalian bisa ambil penerbangan dari Jakarta dengan tujuan Bandara Matak. Tersedia pula penerbangan tak bersubsidi dari Hang Nadim di Batam, dengan tujuan akhir sama.  

Pesona Deretan Pulau

dsc_7327_UHV.jpg
Pemandangan di sekitar Anambas (c) K. Azis/Travelingyuk

Anambas terdiri dari total 238 buah pulau, hanya 26 di antaranya yang berstatus berpenghuni. Lima pulau terluar berbatasan langsung dengan negara tetangga. Wilayahnya memiliki tujuh kecamatan, terdiri dari 52 desa dan dua kelurahan. 

dsc_7576_Tjr.jpg
Pemandangan di sekitar Pantai Kusik (c) K. Azis/Travelingyuk

Dari sekian banyak pulau di Anambas, satu yang pantang dilewatkan adalah Pulau Jemaja. Bisa ditempuh dalam waktu kurang dari tiga jam dari Tarempa menggunakan kapal cepat, pulau yang pernah dikunjungi Menteri Susi ini memiliki Pantai Kusik yang begitu mempesona.

Mudah Dijangkau

dsc_8200_Mct.jpg
View di Pantai Kusik (c) K. Azis/Travelingyuk

Untuk sampai Kusik, Teman Traveler harus berkendara dari Letung. Sebelumnya perjalanan diperkirakan bakal memakan waktu hingga dua jam. Namun menurut informasi terakhir, jalanan menuju sini sudah diperbaiki sehingga aksesnya jadi lebih mudah.   

“Mobil bahkan sudah bisa sampai di tepi pantai,” kata Nuralam, tutur salah satu pegawai Dinas Perikanan setempat pada saya.

Sepanjang perjalanan Teman Traveler bakal saksikan pemandangan deretan pulau eksotis, terutama saat menanjak melewati Desa Rewak. Kalian akan disuguhi indahnya hamparan pantai dan laut Jemaja. Dari kawasan ini warga desa di sekitar Letung kerap melakukan perjalanan laut. Di jalur ini pula kapal cepat dari Tarempa lalu Lalang.

Menikmati Keindahan Sekitar

dsc_8223_jpu.jpg
Lautan jernih memanjakan mata (c) K. Azis/Travelingyuk

Pantai Kusik memiliki hamparan pasir halus, air laut bening dan pemandangan menawan. Di sisi seberang Teman Traveler akan melihat deretan perbukitan, serta hamparan laut berwarna hijau toska.

Warga Letung yang hendak ke Keramut melalui jalur darat kerap menggunakan Pantai Kusik sebagai lintasan penyeberangan. Teman Traveler bakal temukan beberapa perahu warga yang bisa disewa untuk penyeberangan.

Sembari menikmati pemandangan sekitar, Teman Traveler bisa memesan kelapa muda dari warga sekitar. Jika ingin menginap, ada beberapa rumah milik warga yang bisa disewa sebagai penginapan.   

dsc_8164_bsk.jpg
Pemandangan di sekitar pantai (c) K. Azis/Travelingyuk

Magis Pantai Kusik akan sangat terasa saat pagi jelang siang. Teman Traveler bakal dimanja paduan apik langit cerah dan angin sepoi-sepoi. Saksikan eloknya kombinasi warna pasir pantai, laut bening, dan kaki cakrawala.  

Teman Traveler juga akan menemukan beberapa fasilitas sederhana seperti musholla dan warung makan sederhana. Wisatawan juga bisa beristirahat di deretan gazebo sederhana yang tersedia di sekitar sini.

Mengusik Hasrat Bertualang

dsc_8250_GPM.jpg
Destinasi yang memberi inspirasi (c) K. Azis/Travelingyuk

Pantai Kusik sangat recommended untuk Teman Traveler yang menyukai liburan dengan nuansa petualangan. Asyik juga buat kalian yang hobi snorkeling atau diving. Apalagi di sekitar sini belum ada fasilitas modern seperti penginapan atau hotel, jadi kalian bakal serasa dibawa merasakan atmosfer pulau yang masih begitu liar.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Kusik, sebuah destinasi keren yang bisa kalian sambangi di kawasan Kepulauan Anambas. Jangan lupa mampir jika Teman Traveler sedang liburan di Riau ya. Next

ramadan

Monumen PETA, Mengagumi Kehebatan Pahlawan dalam Berjuang untuk Tanah Air

Cobain Japanese Food Anti Mainstream di Tom Sushi Palembang, Salah Satunya Sushi Boba