in , ,

Museum Dirgantara Mandala, Terpukau Koleksi Bersejarah TNI AU

Belajar Sejarah Heroik Angkatan Udara di Museum Dirgantara Mandala Jogja

Salah satu koleksi Museum Dirgantara Mandala
Salah satu koleksi Museum Dirgantara Mandala (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Tak perlu disangkal bahwa Jogjakarta merupakan salah satu daerah yang punya sejarah panjang terkait perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Kota Gudeg telah puluhan kali jadi saksi bisu pertempuran sengit antara pejuang dan para penjajah. Bukti-bukti peristiwa heroik tersebut bisa Teman Traveler saksikan, salah satunya di Museum Dirgantara Mandala.

Baca juga : Eksotika Bukit Tuamese di NTT, Kepingan Nirwana di Ujung Batas Indonesia

Museum yang dibangun untuk mengenang jasa perjuangan para prajurit TNI Angkatan Udara ini menyimpan banyak koleksi berharga nan memukau. Penasaran? Yuk, simak ulasan soal Museum Dirgantara Mandala selengkapnya.

Sejarah Singkat Museum

img_20190915_095159_VQx.jpg
Museum Pusat TNI AU (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Museum TNI AU Dirgantara Mandala diresmikan pada 4 April 1969. Prosesi ini dipimpin langsung Panglima Angkatan Udara Laksamana Roesmin Noerjadin. Mulanya, museum ini sempat manggon di Jakarta. Namun dengan pertimbangan sejarah dan lainnya, semua koleksi lantas dipindah ke Jogjakarta.

Area Museum yang Luas

img_20190915_094843_NrL.jpg
Area museum didominasi koleksi pesawat (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Untuk sebuah museum, Dirgantara Mandala memiliki area yang cukup luas, mencapai 4,2 hektar. Begitu masuk, Teman Traveler akan langsung disambut beberapa jenis pesawat yang ditata rapi di bagian halaman. Tak sedikit pengunjung yang berhenti sejenak untuk berfoto di sini, berpose layaknya pilot.

Ruang Kronologi

img_20190915_095427_8c1.jpg
Ruang kronologi (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Ruang ini akan langsung menyambut Teman Traveler begitu menjejakkan kaki di area dalam. Kalian bakal melihat sejumlah foto bersejarah, salah satunya menggambarkan peristiwa penerbangan pertama di Indonesia. Kejadian ini berlangsung pada 27 Oktober 1945 di Pangkalan Udara Maguwo.

Ruang Koleksi Kasau dan Kotama

img_20190915_095756_BRE.jpg
Ruang Koleksi Kasau dan Kotama (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Nah, di sini Teman Traveler bakal diajak melihat beberapa koleksi kasau dan kotama milik beberapa personil TNI AU. Jumlahnya cukup banyak dan tersimpan rapi di lemari kayu. Cukup menarik untuk disimak.

Ruang Alutsista

img_20190915_095839_ljj.jpg
Koleksi pesawat di Ruang Alusista (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Berikutnya ada ruang alutsista, salah satu ruangan paling luas di museum. Di dalamnya tersimpan koleksi berbagai jenis pesawat. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah pesawat C-47 Dakota buatan Amerika Serikat, yang pernah melakukan beberapa operasi penumpasan. Menarik bukan, Teman Traveler?

Ruang Diorama

img_20190915_100234_LnP.jpg
Ruang diorama (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Beralih ke tempat berikutnya, ada Ruang Diorama. Di sini Teman Traveler bakal mendapati koleksi diorama yang menggambarkan peristiwa bersejarah dipajang dalam kotak kaca. Beberapa yang cukup menarik adalah penggambaran kisah perebutan pangkalan udara Maguwo pada 9 Oktober 1945.

Liburan Sekolah Seru

img_20190915_095347_ybH.jpg
Para siswa sedang mendengarkan pemandu (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu heran jika melihat beberapa bus berukuran besar parkir di halaman dekat museum. Tempat ini memang sering jadi tujuan perjalanan karya wisata sejumlah sekolah dari beberapa daerah. Biasanya para murid bakal dipandu petugas untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah TNI AU. Jadi liburan di sini liburan sekolah tak sekadar hura-hura, namun bisa sekaligus mendapat ilmu bermanfaat.

Pulang Bawa Cendera Mata

img_20190915_100942_5VA.jpg
Toko suvenir (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Selepas mengelilingi museum, Teman Traveler bisa lho mampir membeli aneka suvenir. Tokonya bisa kalian temukan di dekat pintu keluar. kalian bisa memborong aneka kaos, topi, hingga pernak-pernik ala Angkatan Udara.

Nah, sudah tahu kan keseruan liburan di Museum Dirgantara Mandala. Yuk, jadwalkan mampir ke sini bareng keluarga. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Jogja ya. Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

FI Oak Tree Glamping Resort

Oak Tree Glamping Resort Batu, Rasakan Staycation Mewah Modal Murah

Liburan Ala Melly Goeslaw, Ke Tempat Wisata Anti Baper