in ,

Rekomendasi Museum Edukasi di Indonesia untuk Mas Menteri, Napak Tilas Pendidikan Nusantara

Napak Tilas Sejarah Pendidikan di Museum Edukasi

Museum Pendidikan Mas Menteri
FI Museum Pendidikan Nasional via Instagram @dewiintanl

Program kerja 100 hari adalah momen yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa agenda menteri yang terbilang menarik, salah satunya adalah Nadiem Makarim atau lebih akrab disapa Mas Menteri yang meminta menjadi ‘murid’ selama kurun waktu tersebut. Mas Menteri pun bisa nih napak tilas sejarah pendidikan di museum edukasi. Di mana saja, ya?

Baca juga : Berwisata ke Sidoarjo, Mengunjungi ‘Pulau Lumpur’ yang CANTIK BANGET

Museum Dewantara Kirti Griya, Jogja

Museum Pendidikan Mas Menteri
Museum Dewantara Kirti Griya (c) Gallant Tsany A Travelingyuk

Museum edukasi bernama Dewantara Kirti Griya dapat dijadikan lokasi napak tilas pendidikan oleh Mas Menteri. Tempat ini berada di Jalan Tamansiswa Nomor 31, Wirogunan, Mergangsang, Jogja. Di sinilah tersimpan beragam koleksi peninggalan Ki Hadjar Dewantara, sang Bapak Pendidikan Nasional. Mulai dari bangunan museum, surat, sampai buku berbagai bahasa.

Koleksi tersebu menceritakan banyak hal mengenai Ki Hadjar Dewantara. Seperti kisah-kisah masa kecil, karya, perkembangan teori pendidikan, maupun perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Setelah mengapresiasi seluruh benda bersejarah tersebut, Teman Traveler pun dapat menjajal mesin ketik maupun gamelan yang ada di sini.

Museum Pendidikan Nasional, Bandung

Museum Pendidikan Mas Menteri
Museum Pendidikan Nasional via Instagram @dewiintanl

Berikutnya ada Museum Pendidikan Nasional di Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 229, Bandung. Mas Menteri pun dapat napak tilas jejak pendidikan melalui konservasi, edukasi, riset, dan rekreasi. Museum yang berada di kawasan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini menyajikan atraksi dalam bentuk audiovisual dan diorama dari lantai 1 sampai 5.

Serba-serbi pendidikan Indonesia benar-benar dikulik dengan detail di sini. Mulai dari edukasi zaman prasejarah sampai konsep pendidikan. Sungguh lengkap!

Museum Pendidikan Indonesia, Jogja

Museum Pendidikan Indonesia via Instagram @mpi.uny

Masih ada lagi wisata edukasi yang dapat dijadikan lokasi napak tilas oleh Mas Menteri yaitu Museum Pendidikan Indonesia. Destinasi ini berlokasi di kompleks Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jalan Kolombo Nomor 1, Karangmalang. Di sini terdapat koleksi segala benda yang berhubungan dengan sejarah pendidikan Indonesia.

Teman Traveler dapat menemukan media pembelajaran, surat, akta, ijazah, mesin ketik, buku pelajaran, maupun prangko. Pengunjung pun dapat menyaksikan video pendidikan di ruang audiovisual. Berkunjung ke wisata di Jogja ini dijamin dapat membuat Teman Traveler lebih mengenal sejarah pendidikan Indonesia.

Museum IPTEK TMII, Jakarta

Kawasan Museum IPTEK TMII via Instagram @alettadanyall

Bila museum-museum sebelumnya adalah lokasi untuk napak tilas pendidikan Indonesia. Maka Museum IPTEK yang berada di Taman Mini Indah Indonesia (TMII) dapat dikatakan sebagai wujud pendidikan yang berbasis teknologi. Di sinilah Teman Traveler dapat belajar dengan cara seru yang tidak membosankan.

Pengunjung akan menemukan beragam alat peraga yang boleh digunakan di tempat. Mulai dari sepeda layang sampai ruang simulasi gempa.

Itulah setidaknya 4 museum yang berhubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia. Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke salah satunya? Next

ramadan

Kampung Batu Ecopark Malakasari, Wisata Keluarga Menarik di Bandung

Roofpark Cafe

Kafe Kekinian dekat Kebun Raya Bogor, Nongki Keren di Kota Hujan