in , ,

Museum Gubug Wayang Mojokerto, Mengenal Wayang Sampai ke Akarnya

Ada upin ipin juga lho di sini

Berwisata ke Mojokerto pasti tak jauh-jauh dari mengunjungi situs peninggalan kerajaan terdahulu. Tapi, kalian juga harus tahu nih kalau di sini juga ada tempat wisata menarik lainnya. Adalah Museum Gubug Wayang Mojokerto. Untuk lebih jelasnya, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Kiyakabin, Resort Lombok Unil yang Berikan Sensasi Bermalam di Bangunan Serba Jati

1. Bangunan Museum yang Sangat Megah

lrm_export_20190811_123022_c3k.jpg
Museum Gubug Wayang Mojokerto (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bangunan museum yang diresmikan sejak 15 Agustus 2015 ini berbentuk rumah joglo klasik dengan sedikit sentuhan gaya Belanda. Walaupun terlihat hanya seperti rumah joglo pada umumnya, museum ini ternyata terdiri atas 3 lantai dengan koleksi berbagai jenis wayang karya anak bangsa.

museum gubug wayang mojokerto
Bagian depan museum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sejak dari depan gedung museum, kalian akan terpana melihat megahnya bangunan ini. Dengan pilar-pilar dan pintu yang sangat besar, dihiasi berbagai jenis topeng dan tombak yang ada di dinding bagian depan museum.

2. Wayang Orang Legendaris di Lantai 1

museum gubug wayang mojokerto
Wayang Unyil, Pak Ogah dan Pak Raden (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saat masuk ke museum, di sebelah kiri ada sebuah patung Pak Raden yang sedang membawa wayang orang dengan sosok Unyil dan juga Pak Ogah. Kemudian ada juga wayang orang Unyil dan kawan-kawannya yang menggunakan baju nasional berbeda-beda. Wayang-wayang ini diletakkan di sebuah etalase kaca.

lrm_export_20190811_122859_Xad.jpg
Wayang orang di dalam etalase (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masih di lantai 1, kalian juga akan mendapati wayang Gatotkaca yang lengkap dengan pakaiannya dan juga aksesorisnya. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa wayang orang yang ada dalam serial Unyil dan semuanya tertata rapi. Lalu, di bagian samping-sampingnya juga terdapat beberapa foto dari pengisi suara serial Unyil.

museum gubug wayang mojokerto
Wayang Gatotkaca (c) Welly Handoko/Travelingyuk

3. Ada Satu Set Perlengkapan Pagelaran Wayang

lrm_export_20190811_122919_6hU.jpg
Satu set pagelaran wayang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di bagian tengah lantai 1 juga ada hal menarik. Berupa satu set perlengkapan yang biasa digunakan untuk pagelaran wayang. Mulai dari wayangnya hingga gamelannya yang tertata sangat rapi. Namun, kalian tidak diperbolehkan menyentuh apalagi memainkan segala peralatan yang ada di sini.

4. Wayang Orang Khas Jawa Terpajang di Lantai 2

lrm_export_20190811_123134_cuq.jpg
Beragam wayang kjas Jawa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berbeda dengan lantai 1, di lantai 2 ini berisi berbagai macam wayang orang yang ada di Pulau Jawa. Menariknya, semua wayang dibedakan menurut asalnya agar tidak membingungkan pengunjung. Seperti wayang Sunda, Jawa Timur dan lain sebagainya. Masing-masing punya bentuk dan ciri khas sendiri, mulai lucu sampai seram.

lrm_export_20190811_123240_nyA.jpg
Koleksi wayang Jawa lainnya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

5. Budaya Pewayangan Peranakan Tionghoa di Lantai 3

lrm_export_20190811_123258_xX4.jpg
Wayang khas peranakan Tionghoa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk lantai 3, museum ini menampilkan wayang khas peranakan Tionghoa. Dengan nuansa merah dan tokoh-tokohnya berupa pahlawan dari Tiongkok, membuat kita merasa di Tiongkok. Di sini kalian juga bisa melihat patung naga yang menjadi ciri khas dari Tionghoa.

6. Ada Wayang Upin Ipin

lrm_export_20190811_123152_Evf.jpg
Wayang Upin Ipin (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Terakhir, ada wayang yang paling menarik perhatian di museum ini. Berupa wayang Upin Ipin yang penampilannya mirip dengan di film. Kemudian ada juga kawan-kawannya yang ikut melengkapi.

Nah, sangat seru kan Museum Gubug Wayang Mojokerto ini? Apabila kalian ingin mengunjunginya, bisa datang ke Jl. RA. Kartini No. 23 Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Untuk tiketnya dikenai biaya sebesar Rp30.000 bagi umum dan Rp25.000 untuk kalangan pelajar. Next

ramadan
Milenial Glow Garden

Milenial Glow Garden, Pertunjukan Cahaya Terbesar Se-Asia Ada di Batu

Pantai Teluk Putri, Surga Tersembunyi di Kabupaten Malang