in , ,

Museum Karst Wonogiri, Ruang Pamer Keajaiban Alam

Belajar Fenomena Alam di Museum Karst Wonogiri

Museum Karst Wonogiri
Museum Karst Wonogiri (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Museum Karst Wonogiri merupakan salah satu wisata kebanggaan masyarakat lokal. Kawasan ini mempunyai segudang panorama indah dan keunikan. Melihat lebih jauh bagaimana kedalaman bumi melalui replika dan rekaman video jadi kegiatan menarik tersendiri.

Baca juga : Jajan Jadul yang Masih Eksis, Nggak Kalah dengan Takjil Masa Kini

Di dalam museum Teman Traveler akan disuguhkan beragam informasi menarik seputar kekayaan alam Wonogiri, terutama karst-nya. Penasaran dengan keseruan yang menanti di Museum Karst Wonogiri? Mari kita simak penjelasan berikut.

Sejarah Singkat

Museum karst
Museum Karst Wonogiri (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Wilayah Wonogiri memang terkenal dengan gua-gua karst yang eksotis. Gua tersebut terbentuk secara alami, sehingga tak heran bila bagian dalamnya terdapat aliran sungai tanah.

Agar masyarakat bisa memahami lebih dalam soal karst, dibangunlah sebuah museum. Destinasi edukatif ini akhirnya selesai dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 30 Juni 2009.

Museum Karst Wonogiri diklaim sebagai terbesar dan terunik di Indonesia. Bahkan konon reputasinya terdengar hingga dunia Internasional. Membanggakan sekali bukan, bila berkunjung ke tempat ini?

Belajar Tentang Karst

Hewan yang diawetkan
Hewan yang diawetkan (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Saat menginjakkan kaki di sini, pintu utama sedang diperbaiki usai rusak akibat banjir. Pengunjung harus melewati pintu belakang, yang sejatinya berfungsi sebagai jalur keluar.

Nah, begitu masuk Teman Traveler akan disuguhkan beberapa replika manusia purba dan beberapa hewan yang diawetkan. Kemudian ada sebuah gua yang juga ditempati replika manusia dari zaman prasejarah.

Museum Karst punya sederet hal menarik. Ada beberapa titik yang cukup Instagenic untuk berfoto-foto. Teman Traveler juga bisa melihat replika Kota Wonogiri dengan lempeng-lempeng mengesankan.

Saat memasuki lantai dua, Teman Traveler bisa melihat beragam replika karst dari berbagai wilayah. Kalian bakal dibuat kagum dengan indahnya fenomena alam dari Indonesia barat hingga ke timur.

Semua terlihat begitu nyata dalam gambar-gambar yang tersaji bersama sederet fakta serta informasi menarik. Area ini juga memiliki sebuah layar khusus berisi tambahan info agar pengunjung bisa tahu lebih jelas mengenai kekayaan karst di Wonogiri.

Harga Tiket Masuk

Lantai 1 museum karst
Lantai satu Museum Karst Wonogiri (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menikmati kawasan ini, wajib merogoh kocek Rp4.000 untuk tiket masuk. Biaya parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor. Bagi yang mengendarai sepeda, cukup membayar Rp2.000 saja.

Alamat dan Rute Lokasi

Museum Karst Wonogiri berada di Karang Lor Wetan, Gerbangharjo, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kawasan ini dilewati jalur utama Gunungkidul- Wonogiri. Teman Traveler bisa takkan kesulitan menyusuri jalan menuju destinasi edukatif ini.

Wisata Sekitar

Karst dunia
Salah satu replika karst di museum (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Setelah puas menjelajah Museum Karst, Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa gua alami dengan pemandangan mengesankan. Selain itu ada juga pura yang jaraknya cukup dekat dari museum.

Museum Karst Wonogiri adalah destinasi yang menyenangkan untuk dikunjungi. Rekreasi dan edukasi menjadi satu. Jadi tunggu apa lagi, ayo datang ke kawasan ini saat mengunjungi Wonogiri. Next

ramadan

Written by Rizky Nusantara

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Kue Cucur

Jajanan Tradisional Kue Kucur, Melegenda di Indonesia hingga Asia Tenggara

Aktivitas Unik di Thailand

Aktivitas Unik yang Bisa Kamu Lakukan di Thailand, Ada yang Siap Bikin Kamu Kepanasan