in , ,

Museum Mpu Tantular, Lokasi Berkumpulnya Sejarah Kerajaan Hingga IPTEK

Biayanya gratis lho

Sidoarjo punya beberapa wisata menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Mpu Tantular yang sebelumnya berlokasi di Surabaya. Di sini, Teman Traveler bisa mengetahui banyak hal tentang sejarah kerajaan dan juga perjuangan bangsa. Apabila kalian ingin mengunjunginya, simak review-nya berikut ini.

Baca juga : Tips Pertama Naik Kapal, Jamin Anti Mabuk Laut!

1. Menyimpan Beberapa Artefak Purbakala

museum mpu tantular
Artefak yang tersimpan di museum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di lantai pertama, pengunjung akan disambut dengan berbagai koleksi benda purbakala. Salah satunya adalah artefak berupa arca yang dipajang di sudut-sudut ruangan. Menariknya, arca-arca tersebut juga dilengkapi dengan beberapa keterangan untuk memudahkan pengunjung menggali informasi.

museum mpu tantular
Benda peninggalan candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, ada juga benda-benda yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat zaman dulu. Ada yang masih utuh dan juga lapuk termakan usia. Itulah mengapa benda-benda tersebut diletakkan di dalam etalase kaca.

2. Memamerkan Barang di Masa Perang

museum mpu tantular
Maket kapal (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini juga ada beberapa koleksi benda di masa perang. Salah satunya adalah sebuah maket kapal dagang insulinde. Kapal perang ini merupakan milik Belanda yang berkamuflase menjadi kapal dagang dan beroperasi di sekitar perairan Pulau Jawa.

lrm_export_20190811_195536_YIC.jpg
Uang kertas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, terdapat jajaran uang kertas lawas mulai dari jaman pendudukan pemerintah kolonial Belanda hingga saat ini. Tidak hanya berupa kertas, ada juga beberapa koleksi uang logam yang tertata rapi di sebuah etalase.

3. Gambaran Kesenian Daerah Jawa Timur

lrm_export_20190811_195627_zVJ.jpg
Karapan sapi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di museum ini juga memamerkan beragam kesenian khas Jawa Timur. Seperti Reog Ponorogo dan juga Karapan Sapi. Semua kesenian ini ditampilkan dengan patung-patung menarik yang disertakan dengan informasinya.

4. Benda Peninggalan IPTEK

lrm_export_20190811_195657_D9G.jpg
Benda peninggalan IPTEK (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk di lantai 2, benda peninggalan yang ada di sana cukup berbeda dari sebelumnya. Berupa peninggalan yang berkaitan dengan dunia IPTEK. Selain itu ada juga beberapa foto para ilmuwan dunia yang menghiasi dinding museum.

5. Ada Benda Hasil Kompetisi

lrm_export_20190811_195642_ZPv.jpg
Keris hasil lomba (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Hal menarik lainnya yang bisa kita dapati di dalam Museum Mpu Tantular ini adalah keris yang merupakan hasil kompetisi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Keris-keris ini mengacu pada bentuk dan juga jenis dari masing-masing etnik dan suku yang ada di Indonesia. Sehingga dari karya ini kita bisa melihat keberagaman dan kekayaan negeri.

Inilah sekilas informasi mengenai Museum Mpu Tantular. Museum ini tak hanya menyimpan barang-barang bersejarah peninggalan kerajaan. Tapi juga memamerkan benda yang berhubungan dengan IPTEK dan juga perang di zaman dulu.

Kalau kalian ingin berkunjung ke sini, langsung datang ke Jl Raya Buduran Sidoarjo. Teman Traveler dapat mengunjunginya dari jam 8 pagi hingga 3 sore secara gratis. Next

ramadan

Yuk Wisata Buku ke Sentra Buku Pasar Kenari

Kamu Suka Berselfie Ria Saat Traveling? Perhatikan 5 Aturan Ini Agar Tak Jadi Malapetaka