in ,

Museum Purbakala di Indonesia, Berteleportasi Ke Masa Pra Sejarah

4 Museum Purbakala yang Ada di Indonesia

Via Instagram phiaphio5

Museum merupakan salah satu lokasi yang sangat tepat buat kamu yang ingin berwisata sembari belajar. Yup, kamu bisa belajar berbagai peninggalan di masa lampau, mulai dari tradisi, sejarah, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri juga banyak museum dengan berbagai hal berbeda, salah satunya yang mungkin bisa jadi tujuan traveling adalah museum purbakala. Ada beberapa museum purbakala di Indonesia yang menyuguhkan berbegai bukti adanya masa pra sejarah.

Baca juga : Rekomendasi Wisata Bali saat Asian Games 2018, Hati-hati Lupa Pulang

1. Museum Purbakala Sangiran, Solo

Museum Sangiran, Via Instagram phiaphio5

Museum purbakala yang paling terkenal di Indonesia adalah Museum Sangiran. Letaknya berada di Kelijambe, Sragen, Jawa Tengah. Di sini tersimpan beragam koleksi purbakala seperti halnya fosil manusa purba ataupun juga peralatan yang digunakan pada masa pra sejarah. Hal yang sangat membanggakan, museum di Jawa Tengah ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Ada salah satu fosil yang sangat terkenal di sini namanya adalah Java Man Pithecantropus Erectus.

2. Museum Gedong Arca, Bali

Museum Gedong Arca Bali, Via Instagram bali.onthespot

Berawal dari gagasan Professor Soejono dan juga Soekarto Atmojo, yang merupakan mantan Kepala Dinas Purbakala Bali, Museum Gedong Arca ini didirkan. Lokasi ini digunakan untuk mendokumentasikan dan memajang Benda Cagar Budaya yang berhasil dilestarikan. Selain itu, ada koleksi lainnya yang merupakan benda-benda cagar budaya dari masa pra sejarah dan sejarah. Dan semua koleksi di sini berasal dari pelestarian di wilayah Provinsi Bali.

3. Museum Purbakala Pleret, Jogja

Museum Purbakala Pleret, Via Instagram clarasoca

Di Jogja, tepatnya berada di Dusun Kedaton, Kecamatan Pleret, Bantul ada pula museum purbakala. Di dalamnya terdapat sekitar 50-an benda-benda peninggalaan sejarah berupa arca, stupa, dan lain-lain. Museum Purbakala Pleret ini dibangun sejak tahun 2004 yang lalu dan dibuka untuk umum pada 10 Maret 2014.

4. Situs Purbakala Patiayam, Kudus

Museum Situs Patiayam, Via Instagram yvonnewidjojo

Selanjutnya ada Situs Purbakala Patiayam yang ada di Dukuh Kancilan, Desa Trban, Jekulo. Di sini ada sekitar 4.700 fragmen dari fosil hewan purba. Ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata jika sedang berjelajah Kudus. Situs Patiayam ini merupakan bagian dari Gunung Muria Selain fosil hewan, ada juga di dalamnya fosil manusia purba. Dan sejak tangal 22 September 2005 yang lalu, situs ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala di Jawa Tengah.

Yuk, jangan hanya traveling ke tempat-tempat wisata alam saja. Bebagai museum di Nusantara juga perlu untuk dikunjungi lho. Selamat berwisata sembari belajar sejarah. Next

ramadan

Tempat Menginap Bandung 100 Ribuan, Hemat Hingga Semingguan

Via Instagram m4ydee

Museum Kartini Rembang, Jejak Kegigihan Perjuangan Ibu Bangsa