in , , ,

Museum Satwa, Wisata Keluarga dengan Edukasi Penuh Cerita!

Tahu Satwa Eksotis Dunia di Museum Satwa Batu

Batu terkenal sebagai Kota Wisata karena banyak destinasi yang bisa Teman Traveler kunjungi. Hampir selalu ada kejutan baru yang bikin penasaran untuk dinikmati. Salah satu wahana wisata yang menarik banyak pengunjung adalah Museum Satwa. Yuk gali informasinya lebih dalam pada ulasan berikut ini.

Baca juga : Serunya Ngabuburit di Bondowoso, Jangan Lupa Sambangi Gerbong Maut

Jalur Tour Museum Satwa

Pintu Masuk Museum Satwa (c) Bunda Zakiyah/Travelingyuk

Terletak satu lokasi dengan Secret Zoo di Jatim Park 2, Museum Satwa berada di Jl. Oro-oro Ombo No.9 Kota Wisata Batu. Setelah melewati pintu masuk Museum Satwa terbesar di Indonesia ini, Teman Traveler akan menjumpai sangkar raksasa yang berisi aneka burung unik. Tidak hanya itu, pada museum ini juga terdapat berbagai replica dan hewan-hewan langka.

Pas sekali jika Museum Satwa dijadikan sebagai  eduwisata karena bisa mengenalkan aneka hewan kepada pengunjung khususnya pada anak-anak agar satwa Indonesia tetap dikenal sampai kapan pun. Terdapat pula berbagai macam hal menarik lain yang bisa Teman Traveler temukan di Museim Satwa ini.

Lukisan 3D

Lukisan 3D (c) Bunda Zakiyah/Travelingyuk

Ingin mempercantik akun social media? Teman Traveler bisa selfie, wefie, ataupun berfoto dengan lukisan 3D yang dapat Teman Traveler jumpai dibeberapa spot museum. Lukisan yang mirip dengan aslinya ini hampir menipu mata beberapa pengunjung. Ditambah pencahayaan yang tidak terlalu terang membuat suasana semakin keren, seolah-olah Teman Traveler berada dalam hutan sungguhan.

Insectarium

Pintu Masuk Insectarium (c) Bunda Zakiyah/Travelingyuk

Belajar jenis-jenis serangga dari seluruh dunia tidak hanya bisa dibaca melalui ensiklopedia. Teman Traveler juga bisa berkunjung ke Museum Satwa dan masuk ke Insectarium yang menampilkan sejumlah koleksi serangga dengan beraneka macam jenis, seperti kupu-kupu, laba-laba, dan jenis serangga lainnya.

Diorama Hewan

Beruang Kutub via Instagram @qayyumayu

Melalui diorama di Museum Satwa, Teman Traveler bisa menyaksikan miniatur tiga dimensi yang menggambarkan pemandangan hewan-hewan dari berbagai negara beserta habitatnya. Diorama tersebut diletakkan di dalam etalase kaca yang besar agar terlindung dari tangan-tangan jahil beberapa pengunjung.

Fosil Hewan Purba

Fosil Hewan Purba (c) Bunda Zakiyah/Travelingyuk

Fosil Hewan Purba juga dapat Teman Traveler temukan di Museum Satwa, seperti kerangka Tyranoshaurus Rex yang berukuran besar dan kerangka hewan purba lainnya. Pencahayaan yang redup dan berpusat pada objek membuat kerangka tersebut menjadi pusat perhatian banyak pengunjung termasuk anak kecil.

Mayapada Show

Museum Satwa via Instagram @fallane

Melalui drama musical Mayapada Show, Teman Traveler bisa belajar tentang pentingnya menjaga hutan yang berfungi sebagai paru-paru dunia. Show yang berlangsung dalam Museum Satwa ini dapat dinikmati dalam tiga sesi yaitu pukul 11:00, 13:00, dan 15:00 WIB. Kesempatan spesial ini terlalu menarik untuk dilewatkan begitu saja.

Fasilitas Cukup Lengkap

Ikon Gajah via Instagram @zenayuu

Teman Traveler hanya membutuhkan waktu 3,5 jam termasuk menikmati Mayapada Show dan berswafoto. Tetapi, jika weekend tiba, Teman Traveler mungkin membutuhkan waktu lebih karena harus bergantian dengan pengunjung lain saat berfoto pada beberapa spot menarik yang tersedia. Jika lelah, jangan khawatir karena ada beberapa bangku untuk duduk di beberapa tempat. Tapi jarang sekali pengunjung yang duduk karena tidak merasa lelah menikmati pemandangan di museum ini.

Fasilitas lain yang ada di Museum Satwa adalah toilet, musola, dan warung desa yang bisa Teman Traveler singgahi untuk mencicipi dan menikmati berbagai makanan dan minuman yang tersedia. Hanya merogoh kocek Rp120.000, Teman Traveler sudah bisa menikmati semua wahana di Museum Satwa loh, plus masuk ke Secret Zoo yang menampilkan aneka binatang langka dari berbagai negara.

Jangan lupa ajak keluarga dan teman-temanmu saat berkunjung ke Museum Satwa ya, tentu saja setelah pandemi virus corona telah berakhir nantinya. Sekarang cukup rencanakan dan persiapkan segala hal yang akan dibutuhkan saat akan berkunjung ke museum ini. Next

ramadan

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango! Waduk, Puncak sampai Danau Warna

Air Terjun Pumbunga, Jernihkan Pikiran di Surga Tersembunyi Sulawesi Selatan!