in , ,

Museum Soeharto Yogyakarta, Mengenang Kembali Perjalanan Presiden Kedua RI

Yuk kenali salah satu pahlawan kita!

museum soeharto
museum soeharto

Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang berjuluk kota pelajar juga memiliki banyak museum. Museum-museum tersebut tersebar di beberapa wilayah pedesaan dan salah satunya adalah Museum Soeharto. Yuk intip perjalanan hidup Sang Presiden Kedua di Museum Soeharto Yogyakarta berikut ini.

Baca juga : Popina Gandok, Tawarkan Kuliner Enak dan Pemandangan Elok

Mengenal Presiden Soeharto

img_20190914_121604_zLp.jpg
Gambar Soeharto di museum (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Siapa yang tak kenal Soeharto? Ia merupakan presiden kedua Indonesia. Sebelum menjadi presiden ia sangat tertarik dengan dunia kemiliteran dengan sebutan Jenderal Besar TNI (Purn) H.M. Soeharto. Semasa hidupnya ia sangat disegani baik sebagai seorang prajurit maupun presiden RI.

img_20190914_120746_ii1.jpg
Patung Soeharto di pintu masuk (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Namun siapa sangka Soeharto kecil merupakan anak yang biasa-biasa saja. Bahkan masa kecilnya banyak dihabiskan di sawah dengan kerbau-kerbaunya. Masa-masa kecil Soeharto tersebut telah menjadi inspirasi bagi generasi sekarang.

Melihat Jejak Soeharto di Museum

img_20190914_122945_HiD.jpg
Pengunjung di dalam museum (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Museum Soeharto berdiri di lahan seluas 3.620 meter persegi. Di lokasi ini terdapat beberapa bangunan seperti pendopo yang cukup luas. Di pendopo selasar A tersebut terdapat patung Soeharto dan berbagai multimedia yang menginformasikan segala hal tentang Soeharto.

Dilanjutkan dengan selasar B, berisi kronik serangan umum 1 Maret 1949. Serangan tersebut merupakan balasan atas Agresi Militer Belanda II ke Yogyakarta. Dalam serangan tersebut dipimpin langsung oleh Letkol. Soeharto. Kemudian di selasar C menunjukan Operasi Trikora, selasar D berisi foto-foto dan teks pemberontakan G30S/PKI, dan selasar E berisi repelita dan hasil pembangunan di era Soeharto menjabat sebagai presiden.

Bernostalgia dengan Masa Lalu

img_20190914_121503_5pY.jpg
Salah satu diorama yang mengisahkan sejarah RI (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Museum Soeharto ini selalu dipenuhi oleh banyak pengunjung. Mayoritas pengunjung museum Soeharto adalah pelajar. Namun, para orang tua hingga sepuh yang berkunjung ke sini juga terlihat bersemangat dan bernostalgia menceritakan kehidupannya dulu di era pemerintahan Soeharto.

Ada Tempat Peristirahatan

img_20190914_123321_Ea0.jpg
Tempat melepas penat (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Setelah menempuh perjalanan yang jauh, teman Traveler tak usah khawatir lemes di lokasi. Maupun ingin sekadar melepas penat di lokasi, sebab pengelola menyediakan tempat. Selain pendopo ada pula teras rumah jawa yang terdapat kursi-kursi antik sebagai tempat pelepas penat.

Parkiran yang Luas

img_20190914_124553_Qw2.jpg
Parkiran luas Museum Soeharto (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Di samping area museum yang cukup luas, ternyata parkiran pun ikut menyesuaikan. Parkiran untuk pengunjung berada di area yang berbeda. Pengunjung pun dilarang parkir sembarangan. Untuk parkirpengunjung di Museum Soeharto berada di depan museum. Areanya cukup luas. Bila diperkirakan bisa menampung beberapa bus.

Lokasi Museum Soeharto

img_20190914_123446_Fi9.jpg
Lokasi museum di tepi jalan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Museum Soeharto berada di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul. Daerah tersebut merupakan tempat kelahiran Soeharto. Tempatnya yang berada di pedesaan, nantinya sepanjang perjalanan Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan hijau persawahan.

Itu dia museum Soeharto Yogyakarta yang wajib dikunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan. Jadi, apa kamu punya rencana ke Museum Soeharto? Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Atraksi Seru Para Chef, Salah Satunya Lempar Tabung Gas

Ternyata Traveling Bisa Bikin Sehat Loh, Ini Alasannya!