in , ,

Museum Trowulan, Asyiknya Wisata Sejarah di Mojokerto

Mengagumi Warisan Kerajaan Majapahit di Museum Trowulan

Museum Trowulan
Museum Trowulan (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Mojokerto memiliki beragam destinasi sejarah yang menarik untuk disambangi. Jika Teman Traveler punya minat terhadap benda-benda peninggalan dari zaman kerajaan, langsung saja mampir ke Museum Trowulan. Di sini kalian bisa melihat sejumlah artefak yang jadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Majapahit.

Baca juga : Dipuji Warga Lokal! Prewed di Jepang Gunakan Baju Adat Jawa

Mudah Dijangkau

img20190811111323_Om7.jpg
Lokasi museum mudah dijangkau (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Museum Trowulan berada di Jalan Pendopo Agung, Dusun Ngelinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Buat Teman Traveler yang ingin jalan-jalan sambil menambah pengetahuan, ini adalah pilihan tepat. Di samping itu lokasinya juga relatif mudah dijangkau.

img20190811110145_6Ej.jpg
Areanya cukup luas (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Teman Traveler bisa langsung arahkan kendaraan ke jalan utama jalur Mojokerto-Jombang. Tinggal ikuti saja petunjuk arah menuju Pendopo Agung atau Makam Troloyo, dijamin takkan tersesat. Jika masih bingung, kalian bisa gunakan panduan dari aplikasi Maps atau bertanya pada penduduk sekitar.

Belajar Sejarah dengan Modal Murah

img20190811111646_xkG.jpg
Salah satu anjungan di museum (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Museum Trowulan berhadapan langsung dengan Kolam Segaran. Begitu sampai, langsung saja parkir di lahan yang sudah disediakan. Teman Traveler cukup rogoh kocek Rp5.000-an untuk biaya parkir dan tiket masuk. Sangat terjangkau bukan? Dengan modal minim, kalian sudah bisa belajar sejarah sepuasnya.

Di sekitar museum, Teman Traveler akan menemukan banyak area rindang plus tempat duduk. Bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sambil menikmati segarnya udara sekitar. Pemandangan di sini juga lumayan bagus. Sejauh mata memandang, tampak berbagai artefak kuno peninggalan Kerajaan Majapahit yang unik.

Melihat Peninggalan Kerajaan

Masuk ke dalam area museum, Teman Traveler akan disuguhi beragam peninggalan sejarah dari era kerajaan. Namun ingat, pengunjung dilarang mengambil gambar alias memotret. Benda-benda yang ada cukup dipelajari saja, jangan diabadikan lewat lensa kamera.

Teman Traveler bakal melihat sejumlah informasi mengenai peninggalan sejarah di sekitar Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur secara keseluruhan. Bakal ada sebuah peta Jatim yang menunjukkan persebaran lokasi penemuan benda-benda kuno.

Situs Pemukiman Majapahit

img20190811110314_2op.jpg
Petunjuk menuju Situs Pemukiman (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Selain melihat sejumlah benda kuno di dalam gedung museum, Teman Traveler juga bisa mampir ke Situs Pemukiman Majapahit. Kawasan ini lokasinya cukup dekat kok dari bangunan utama. Kalian tinggal ikuti saja petunjuk arah yang sudah tersedia.

img20190811111257_bF6.jpg
Sisa-sisa bangunan pemukiman (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Di situs ini Teman Traveler akan melihat sisa-sisa bangunan pemukiman dari era Kerajaan Majapahit. Sayangnya, pengunjung hanya boleh melihat dari kejauhan, dilarang mendekat. Jika ingin mengamati dengan lebih mendetail, silahkan naik ke anjungan di bagian atas. Sudah tersedia gardu pandang khusus untuk keperluan ini.

Total ada lima sisa bangunan pemukiman di sini. Jika ingin, Teman Traveler bisa mengamatinya dari atas satu-persatu. Informasi lebih mendalam mengenai masing-masing peninggalan tersebut sudah tersedia di papan informasi yang ada di sekitarnya.

Fasilitas Lengkap

img20190811113559_4Y8.jpg
Mushola (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Fasilitas di Museum Trowulan bisa dibilang sudah lumayan bagus. Bagi wisatawan Muslim, sudah tersedia mushola. Teman Traveler tak perlu lagi bingung mencari tempat beribadah jika sedang berjalan-jalan di sekitar sini.

Bagi yang tengah mengajak buah hati, jangan khawatir mereka bakal bosan. Ada kawasan khusus untuk taman bermain anak. Tempatnya berada tak jauh dari pos penjaga.

img20190811113721_w7b.jpg
Area khusus taman bermain (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Oh ya Teman Traveler, meski di dalam museum dilarang mengambil gambar, kalian bisa tetap puaskan hobi narsis kok di sini. Langsung saja ambil spot di sekitar Situs Pemukiman Majapahit. Kalian bisa berpose di area atas yang disediakan untuk mengamati sisa-sisa pemukiman. Dijamin hasilnya bakal keren.

img20190811110112_TYJ.jpg
Petunjuk arah menuju beberapa tempat peninggalan (c) Fidia Nur Wahyu Diana/Travelingyuk

Teman Traveler juga akan temukan petunjuk arah untuk menuju beberapa peninggalan sejarah lain di Mojokerto. Jadi kalian tak perlu bingung merencanakan petualangan selanjutnya. Pokoknya lengkap deh!

Itulah pengalaman saya jalan-jalan di Museum Trowulan. Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Mojokerto dan ingin belajar banyak soal Kerajaan Majapahit, tempat ini cukup recommended. Selamat mencoba. Next

ramadan

Innsbruck, Kota Kecil di Austria yang Penuh Keindahan

Kuliner Favorit Sesuai Zodiak, Yang Mana Pilihanmu?