in , ,

Museum Ullen Sentalu, Wisata Yogyakarta untuk Menimba Ilmu

Museum ullen Sentalu
Museum ullen Sentalu

Siapa yang tidak kenal kota Yogyakarta merupakan kota kaya akan budaya dan kearifan lokalnya. Bayak sekali napak tilas cerita-cerita sejarah yang banyak kita dengar. Candi-candi yang megah juga ada di kota Jogja. Tidak hanya wisatawan lokal banyak sekali turis manca negara yang datang untuk berwisata di kota Jogja. 

Baca juga : Sate Ponorogo Pak Seger Surabaya, Eksis Hampir Setengah Abad

Tiket Masuk

Tahukah kalian bahwa di jogja terdapat museum dengan nama Museum Ullen Sentalu. Museum ini beralamat di Jl. Boyong No. KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kab Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada dipegunungan cukup jauh dari kota. Jalan menuju kesini pun cukup indah kalian bisa melihat gagahnya Gunung Merapi yang terlihat jelas diperjalanan menuju museum.

Perlu diketahui juga bahwa tempat ini tidak dikelola oleh pemerintah melainkan milik pribadi yang dibuka untuk umum rumah pemiliknya pun berada dalam lingkungan museum. Ullen Sentalu ini juga disebut – sebut sebagai salah satu museum terbaik yang ada di Indonesia.

Zona Foto-Foto

Tiket masuk dipatok seharga 40.000 ribu rupiah untuk dewasa. Setelah membeli tiket saatnya tur keliling museum dengan dipandu guide yang ada. Aturannya adalah dilarang memotret selama tur berlangsung, mengambil gambar hanya di izinkan di zona foto yang sudah disediakan. Selama tur berlangsung guide akan menjelaskan barang-barang yang ada disana dan melakukan sesi tanya jawab dengan pengunjung.

Ada apa saja didalam museum ? Banyak koleksi lukisan-lukisan, foto tokoh-tokoh sejarah, berbagai jenis kain batik, surat dan juga arca-arca. Banyak pengetahuan baru yang didapat. Di tur ini juga menjelaskan tentang hubungan keraton jogja dan keraton solo tentunya sangatlah mengedukasi. Cocok sekali untuk datang bersama keluarga dan anak-anak. Durasi tur ini sekitar 30-45 menit saja. 

Suasana Alami Ullen Sentalu

Membosankan ? Tentunya tidak sama sekali. Pemandu tur disini sangatlah interaktif kita akan dipandu dengan baik dan tidak terasa lama waktu tur selesai. Ditengah-tengah tur juga disajikan minuman tradisional yang dibagikan untuk pengunjung. Minuman ini bernama Wedang Ratu Mas yang dipercaya bisa membuat awet muda. Buat yang menolak tua cocok nih datang kesini untuk minum Wedang Ratu Mas. Karena letaknya berada di wilayah pegunungan kaliurang lokasi ini sangat terlihat asri alami. Kanan-kirinya dikelilingi hutan.

Dan waktu berkunjung sebaiknya datang disiang hari. Udaranya pun sejuk tidak perlu khawatir kepanasan. Disini juga ada toko batik yang tersedia jika ingin membeli buah tangan.  Selain itu ada restoran yang cantik yang bernuansa tradisional modern berada di lingkungan ini. Setelah puas mempelajari sejarah kalian bisa mengisi perut yang lapar direstoran ini.

Meja Restoran

Menarik sekali kan Museum Ullen Sentalu yang satu ini. Jika berkunjung ke Jogja sempatkanlah datang untuk menambah pengetahuan sejarah dan budaya lokal. Next

ramadan
Fi the lost world castle

The Lost World Castle di Jogja, Ada Benteng Takeshi dan Spot Swafoto yang Instagramable

Kafe di Jogja

Korean Cafe and Mart di Jogja, Tempatnya Kece