in ,

Sudah Tahu? Ini 6 Nama Jadul Indonesia Sebelum Jadi ‘Indonesia’

Ini Loh Nama Jadul Indonesia sebelum Jadi ‘Indonesia’yang Jarang Diketahui!

Tidak hanya dikenal sebagai negara kepulauan lengkap dengan berbagai tempat wisata yang indah, Indonesia juga memiliki beberapa nama yang juga telah dikenal dunia. Namun kini banyak orang yang tidak tahu nama-nama ini karena memang hanya populer di masanya. Yuk kenal lebih dekat dengan Tanah Air dengan tahu nama-nama populernya di masa lampau!

Baca juga : Berburu Tapis Lampung, Kain Tenun untuk Para Bangsawan

1. Hindia

Bendera Merah Putih Menggulung via Insatgram @ooz_gobang

Pada tahun 1498, Republik Indonesia dikenal dengan sebutan Hindia. Nama tersebut diciptakan oleh Herodotus yang merupakan ahli sejarah asal Yunani. Hindia menjadi nama pertama Indonesia kala itu begitu ditemukan. Nama tersebut menjadi terkenal ketika Portugis dibawah kepemimpinan Vascvo da Gama menyusur Sungai Indus saat itu.

2. Nederlandsch Oost-Indie

Bendera di Gunung via Instagram @ija_latuzelda

Orang-orang Belanda yang berada dibawah kepemimpinan Cornelis de Houtman datang ke Indonesia pada tahun 1596 kemudian menjajah selama kurang lebih 350 tahun lamanya. Pada masa inilah, Indonesia mendapatkan nama Nederlandsch Oost-Indie yang juga menjadi nama populer dikalangan orang Eropa.

3. Insulinde

Bendera di Kota via Instagram @kreshna

Insulinde berasal dari kata Insula yang berarti pulau dalam bahasa latin dan indus memiliki makna Hindia. Nama ini berasal dari ‘Insulair’, ‘Insula’, dan ‘Indus’. Nama ini dipopulerkan oleh Professor P.J. Veth. Multatuli, namun sebelumnya nama ini diberikan oleh Eduard Douwes Dekker yang merasa jijik mendengar nama Nederlandsch Indie yang diberikan oleh Belanda pada masa sebelumnya.

4. The Malay Archipelago

Sang Saka Merah Putih via Instagram @ivanguanata_

Alfred Russel Wallace yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 1854 hingga 1682 mempopulerkan nama lain bagi Tanah Air yakni The Malay Archipelago. Malay berarti melayu dan Archipel yang berasal dari kaya Yunani yakni Archipelagus yang memiliki makna laut. Sehingga makna nama ini adalah menguasai laut atau kumpulan pulau-pulau melayu karena memang waktu itu, The Malay Archipelago meliputi pulau Malaysia, Singapura dan Indonesia.

5. Zamrud Khatulistiwa (The Emerald of Equator)

Bendera di Tiang Putih via Instagram @andhipr

Zamrud Khatulistiwa menjadi salah satu nama jadul Indonesia yang berdasarkan letak geografis yang bersentuhan dengan garis khatulistiwa. Gugusan kepulauan Indonesia yang indah nan menyejukkan mata ini terlihat seperti Zamrud (Emerald). Hal tersebut diungkapkan oleh seorang penulis Belanda pada abad ke-19, Eduard Douwes Dekker (Multatuli) pada salah satu suratnya.

6. Nusantara

Bendera Merah Putih Indonesia via Instagram @syarifrohimi

Nama lain dari Tanah Air tidak hanya diberikan oleh pendatang namun juga ada yang diberikan oleh pribumi. Yup, Nusantara merupakan sebuah nama yang berasal dari bahasa Sansakerja. Nusa berarti pulau dan antara berarti luar. Nama ini tercatat dalam literatur Jawa Pertengahan namun kemballi dipopulerkan oleh Ki Hajar Dewantara pada awal abad ke-20. Sehingga tidak heran jika nama Nusantara masih populer hingga saat ini.

Nah, itulah beberapa Indonesia yang sangat populer pada masanya namun ada juga yang masih dikenal hingga saat ini terlebih yang terakhir. Bagaimana? Sudah kenal lebih jauh dengan negara tercinta? Next

ramadan

7 Hewan Tak Biasa di Jepang, Dari yang Bikin Gemes sampai Merinding!

15 Wisata Menarik Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi