in , ,

Narodna Galerija Slovenia, Menilik Sejarah di Galeri Seni

Galeri Seni Narodna Galerija Slovenia

Narodna Galerija Slovenia
FI Narodna Galerija (c) Anggi Paramita Travelingyuk

Narodna Galerija atau yang sering disebut galeri seni nasional slovenia terletak di ljubljana, ibukota Slovenia. Didirikan pada tahun 1918, setelah pembubaran kekuasaan Austria-Hongaria dan awal dari pembentukn negara Slovenia, Kroasia dan Serbia.

Baca juga : Patjar Merah Malang, Indahnya Selebrasi Literasi

Narodna Galerija Slovenia
Narodna galerija (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Narodna Galerija

20190801_152851_01_mDW.jpeg
Salah satu lukisan di narodna galerija (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Sebagai salah satu museum seni dan sejarah yang paling terkenal di Slovenia, Narodna Galerija wajib banget untuk dikunjungi jika Teman Traveler berkunjung ke sini. Narodna Galerija ini menyimpan banyak sekali koleksi seni rupa, lukisan bahkan patung-patung yang paling lengkap dan terbesar di Slovenia.

Narodna Galerija Slovenia
Patung dari st peter yang dibuat pada tahun 1510 (c) Anggi Paramita
Narodna Galerija Slovenia
Salah satu karya seni yang ada di narodna galerija (c) Anggi Paramita/Travelingyuk
20190801_153628_01_QFE.jpeg
Salah satu karya seni patung di narodna galerija (c)Anggi Paramita/Travelingyuk
Narodna Galerija Slovenia
Lukisan danau bled beserta pulau di tengahnya (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Koleksi yang dimiliki oleh galeri ini berasal dari abad pertengahan sampai abad ke 20. Saat mengunjungi galeri ini teman traveler akan melihat karya-karya seni yang dibagi menjadi beberapa bagian menurut periode sejarahnya.

Hampir 600 karya seni yang ditampilkan di galeri ini termasuk seni sakral abad pertengahan, lukisan neo klasik maupun karya seni baroque terbesar di ljubljana, air mancur tiga sungai carniolan yang dibuat oleh Francesco Robba yang situs asli sebenarnya di depan balai kota. Sekarang sudah diganti oleh air mancur replika dan air terjun aslinya disimpan di Narodna Galerija.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Narodna Galerija

Narodna Galerija Slovenia
Gal’s Room di narodna galerija (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selain dijadikan sebagai tempat pameran-pameran permanen untuk karya-karya Zoran Mucic yang merupakan salah satu pelukis modern terkemuka di Eropa dan pameran-pameran seni temporer yang sering juga diadakan di Narodna Galerija ini. Banyak juga acara anak-anak dan keluarga yang juga sering diadakan disebuah ruangan yang disebut Gal’s Room yang terletak di lantai 2 galeri ini.

Selain itu Teman Traveler juga bisa menikmati perpustakaan luas galeri, atau hanya sekedar bersantai di cafe galeri di lantai satu yang juga menjual berbagai pernak-pernik untuk souvenir. 

Jam buka dan harga tiket masuk di Narodna Galerija

20190801_153312_01_xLN.jpeg
Tiket masuk ke narodna galerija (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Beralamat di Presernova Cesta 24 1000 Ljubljana, Narodna Galerija ini buka dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 18.00. Bahkan pada hari-hari tertentu bisa buka sampai pukul 20.00. Untuk hari-hari tertentu seperti pada tanggal 24-25 Desember dan 31 Desember-1 Januari galeri ini ditutup untuk umum. 

Narodna Galerija Slovenia
Narodna Galerija (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Tiket masuk Narodna Galerija ini cukup terjangkau kok. Untuk pengunjung umum akan dikenakan biaya masuk 10 Euro; sedangkan untuk pelajar, mahasiswa atau senior citizen hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar 5 Euro. Cukup murah bukan? Mengingat banyak hal yang bisa teman traveler pelajari dari karya-karya seni yang dimiliki oleh narodna galeri ini.

Untuk menuju galeri ini cukup mudah kok Teman Traveler. Dari ljubljana center station cukup berjalan kaki sekitar 15-20 menit karena kota tua ljubljana juga tidak terlalu besar. Teman Traveler cukup menginput Narodna Galerija dalam google map dan mengikuti petunjuk arah yang muncul.

Jadi sangat mudah bukan? Teman Traveler bisa menambah wawasan akan karya seni bernilai tinggi dan penuh sejarah di Narodna Galerija atau Galeri Seni Nasional Slovenia. Next

ramadan

Candi Simbatan, Mengulik Kisah Peninggalan Sejarah di Magetan

Arbanat di Asia via Shutterstock

Menikmati Arbanat di Penjuru Asia, Mulai dari Pakai Crepe sampai Diisi Kacang