in , ,

Candi Simbatan, Mengulik Kisah Peninggalan Sejarah di Magetan

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Candi Simbatan

FI Candi Simbatan

Selain terkenal dengan objek wisata alamnya, Magetan juga memiliki situs peninggalan sejarah yang tak boleh Anda lewatkan. Namanya adalah Candi Simbatan yang merupakan salah satu peninggalan sejarah di Magetan yang terkenal dengan tradisi di dalamnya. Anda bisa mengunjungi candi tersebut di saat-saat tertentu jika ingin melihat tradisi masyarakat di area candi.

Baca juga : Nikmat dan Tetap Sehat, Sego Gudangan Khas Yogyakarta

Candi yang berlokasi di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntorongadi, Magetan ini memiliki daya tarik dan pesona yang ditawarkan untuk pengunjung. Terutama mengenai khazanah budaya dan tradisi yang dimiliki masyarakatnya. Di antara daya tarik yang ditawarkan yakni:

Tradisi masyarakat Simbatan

Tradisi masyarakat Simbatan di Candi Simbatan via instagram.com/dolanmagetan
Tradisi masyarakat Simbatan di Candi Simbatan via instagram.com/dolanmagetan

Setiap Jumat pahing di bulan Suro, masyarakat di sekitar candi mengadakan ritual bersih desa. Ritual tersebut merupakan menguras air yang menggenangi arca Dewi Sri yang terdapat di candi tersebut sehingga arca dapat terlihat. Acara tersebut dipercaya masyarakat sekitar sebagai penolak bala yang telah dilakukan secara turun temurun sejak zaman Majapahit.

Dalam tradisi ini kolam yang menggenangi arca Dewi Sri akan dikuras hingga candi terlihat. Selain itu banyak sesajen yang terdiri dari kepala kambing yang dipotong sebelum puncak acara yakni tarian, cermin, candu, minuman limun merah putih, sisir, srimpi, dan bedak yang menjadi lambang kesejahteraan.

Arca Dewi Sri Dengan Segala Ceritanya

Arca dewi sri dengan segala cerita via instagram.com/hvan_madioen
Arca dewi sri dengan segala cerita via instagram.com/hvan_madioen

Ketika tiba di lokasi candi Anda akan disuguhkan oleh kolam besar yang menggenang yang dikelilingi oleh rerumputan yang sudah dipangkas sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan hijau. Di dalam kolam tersebut terdapat arca Dewi Sri yang menurut kepercayaan Hindu Jawa sebagai dewi padi yang memberikan sumber kehidupan.

Untuk melihat arca tersebut Anda diharuskan datang saat prosesi bersih desa yang dilaksanakan pada tanggal 1 Suro. Arca tersebut dipercaya berasal dari kerajaan Mataram dan telah dipercaya turun temurun oleh masyarakat Simbatan sebagai tempat yang keramat karena dijadikan sebagai tempat melakukan ritual tolak bala bencana.

Tempat untuk berburu foto sejarah

Berburu foto di Candi Simbatan via instagram.com/dolanmagetan
Berburu foto di Candi Simbatan via instagram.com/dolanmagetan

Salah satu hal yang tak pernah dilewatkan para wisatawan yang datang ke area Candi Simbatan adalah berfoto atau mengabadikan momen. Panorama candi yang asri dan hijau dapat menjadi salah satu background foto Anda.

Bagi Anda yang merupakan seorang fotografer yang sedang mencari foto-foto bernilai sejarah, sangat pas untuk Anda memfoto candi peninggalan sejarah kerajaan Jawa.

Para wisatawan berbondong-bondong datang ke lokasi candi pada saat acara bersih desa untuk memotret bagaimana tradisi berlangsung, serta hanya pada saat arca Dewi Sri bisa terlihat sebab hal itu ialah momen langka yang hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun. Selain itu banyak ornamen-ornamen candi yang dapat diabadikan sebagai penelitian

Wisata edukasi untuk anak

Candi Simbatan via instagram.com/dolanmagetan
Candi Simbatan via instagram.com/dolanmagetan

Selain murah berwisata di candi menjadi sebuah bahan edukasi kepada anak-anak, karena candi tersebut memiliki nilai sejarah, tradisi, dan budaya yang mendarah daging di masyarakatnya dapat Anda kenalkan pada generasi muda. Anda pun tidak dikenai biaya tiket masuk untuk bisa masuk ke area Candi Simbatan. Anda juga akan mendapatkan fasilitas yang memadai.

Anda dapat mengunjungi Candi Simbatan bersama keluarga dan teman-teman. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi tempat wisata agar lebih banyak lagi yang mengetetahui keberadaan situs sejarah. Kenalkan sejarah pada anak-anak agar kelak anak akan mengenal identitas bangsa Indonesia yang mulia. Next

ramadan

4 Tempat Olahraga Gratis di Jogja, Liburan Tetap Harus Bugar

Narodna Galerija Slovenia

Narodna Galerija Slovenia, Menilik Sejarah di Galeri Seni