in , ,

5 Olahan Nasi di Pandaan, Semua Wah Semua Murah

Sudah pernah cicipi yang mana?

Masyarakat Indonesia memang selalu identik dengan yang namanya nasi. Oleh karena itu, banyak orang yang berfikir kreatif untuk menciptakan resep berbahan nasi yang diolah menjadi beragam menu. Nah, seperti beragam nasi yang ditemukan di Pandaan ini, semuanya menunggu untuk dicicipi.

Baca juga : Berkenalan dengan Gamelan Bali, Konten Film Bali: Beats of Paradise, Calon Nominasi Piala Oscar 2019

1. Nasi Jagung

nasi di pandaan
Nasi Jagung Mbak Ju Pandaan via Instagram/@jakulpandaan

Nasi Jagung bisa menjadi pilihan terbaik bagi kalian yang ingin diet karena kalorinya lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih. Kandungan serat dalam nasi jagung yang cukup tinggi dapat mengontrol gula darah dalam tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

Nasi Jagung terbuat dari jagung yang sudah tua atau dikenal dengan jagung pipil. Lebih enak jika dicampur dengan nasi putih dengan lauk sesuai selera. Di Pandaan, ada beberapa penjual nasi jagung dengan harga dan menu yang bervariasi.

Salah satunya yang terkenal adalah Nasi Jagung Mbak Ju. Alamatnya di Jl. A. Yani, Pandaan (depan Ruko Mie Dados). Buka dari jam 04.30 WIB – 08.00 WIB. Nasi jagung ini disajikan bersama lodeh tewel, mendol tempe, bakwan jagung, ikan asin dan sambal. Porsinya banyak dan dijamin mengenyangkan. Rasanya enak dengan harga yang murah, hanya Rp 8.000 per bungkus.

2. Sego Empok

nasi di pandaan
Sego Empok Mak Mi via Instagram/ @jakulpandaan

Sego Empok atau Nasi Empok hampir sama dengan Nasi Jagung, tapi butirannya lebih lembut karena melalui proses penggilingan dan diayak untuk diambil sari patinya. Lauk pendampingnya pun sama dengan Nasi Jagung, ada urap sayur, lodeh tewel, mendol tempe, bakwan jagung, ikan asin dan sambal.

Salah satu penjual Sego Empok di Pandaan yang bisa dijadikan pilihan adalah Sego Empok Mak Mi. Buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB – habis, kecuali hari Kamis tutup. Alamat warung Sego Empok Mak Mi berlokasi di Jabon RT 2 RW 7, Jogosari, Pandaan. Harga seporsi Sego Empok sangat murah, hanya Rp6.000-an.

3. Nasi Bakar

nasi_bakar_JQE.jpg
Nasi Bakar via Instagram/@nasi_bakar_pandaan

Nasi Bakar bisa menjadi alternatif bagi kalian yang sedang malas makan nasi putih biasa. Nasi Bakar ini berbahan dasar nasi putih yang diberi topping lauk matang dan dibungkus daun pisang, lalu dibakar hingga berubah warna.

Aroma bakarannya sangat khas, rasanya juga nikmat dengan banyak pilihan lauk, di antaranya: ayam jamur, tongkol pete, udang, cumi-cumi dan daging. Harga Nasi Bakar mulai dari Rp10.000. Lokasinya di Jl. Dr. Soetomo 332 (sebelah warung Sukun, Pandaan). Buka dari pukul 15.00 WIB – habis.

4. Nasi Punel

nasi di pandaan
Nasi Punel Spesial (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk

Nasi Punel adalah makanan khas dari kota Bangil, Pasuruan. Tekstur nasinya lembut dan agak menggumpal dengan beberapa lauk pendamping seperti: jerohan sapi, lodeh tewel krecek, tahu bali, serundeng, perkedel kelapa, mendol tempe, dan sambal kacang panjang.

Rasanya benar-benar enak dan puas. Seporsi Nasi Punel dibandrol hanya 10.000 saja. Lokasi warung Nasi Punel Spesial ini berada di Jl. Pahlawan Sunaryo, Pandaan (dekat warung rawon AFF Pandaan). Buka dari jam 5 pagi sampai habis.

5. Sego Sambel

ss_tQl.jpg
Garasi Sego Sambel via Instagram/@infokulinerpandaan

Buat pencinta pedas, harus cobain kuliner yang satu ini. Namanya Sego Sambel yang berlokasi di depan SMK Tekstil Pandaan / Yayasan Kampus 2 Jabon, Pandaan. Buka mulai jam 15.00 sampai 04.00. Nama warungnya Garasi Sego Sambel, di sini kalian bisa menikmati sego sambel dengan banyak pilihan menu, di antaranya: sego sambel ayam, telur, ampela, hati sapi, paru, babat, ikan tongkol, ikan pe, udang dan cumi.

Seporsi sego sambel berisi lauk pilihan dan tentunya sambal tomat yang melimpah, ditambah sambal tahu, dan sambal tempe kacang panjang. Harganya murah mulai Rp10.000 dan bisa request tingkat kepedasan.

Nah, itulah beberapa pilihan nasi yang bisa dijadikan referensi makan di Pandaan. Semuanya enak dan murah, sehingga kalian bisa pilih sesuai selera. Jadi, kapan kalian ingin mencoba makanan-makanan ini? Next

ramadan

Resto Apung Kintamani, Rasakan Sensasi Makan di Atas Danau Batur

Gereja Ayam, Lokasi Hits untuk Lihat Magelang dari Ketinggian