in ,

Pilihan Nasi Grombang di Pemalang, Kuliner Khas Kota Iklas dengan Rasa Nendang

Inilah Pilihan 4 Nasi Grombang di Pemalang

Nasi grombyang
Nasi grombyang

Jawa Tengah yang memiliki beberapa kuliner khas, salah satunya adalah nasi grombang. Merupakan sajian sejenis nasi campur dengan kuah. Teman Traveler penasaran? Nah, ada beberapa pilihan nasi grombang di Pemalang yang bisa dicoba.

Baca juga : Wisata Panci, Wisata Unik nan Menarik di Pandaan Pasuruan

Diberi nama grombyang karena dibandingkan isinya, kuahnya lebih banyak sehingga kelihatan bergoyang-goyang (bergombrang-gombrang) saat disantap. Belum diketahui siapa pertama kali yang menciptakan nasi grombyang. Namun konon kuliner asli dari Pemalang ini telah ada sejak 1960-an. Buat kamu yang ingin mencicipinya saat berada di Pemalang, berikut ini daftar jujukannya.

Nasi Grombyang Pak H. Warso

Nasi Grombyang H. Warso, via Instagram/inipemalang
Nasi Grombyang H. Warso, via Instagram/inipemalang

Nasi Grombyang Pak H. Warso merupakan salah satu yang paling populer di antara yang lainnya. Tempat satu ini terhitung legendaris di Pemalang, karena telah dirintis sejak tahun 1970-an. Lokasinya berada di Jl. RE Martadinata, dan bukanya mulai dari jam 09:00 hingga pukul21:00 WIB. Ciri khas nasi grombyang di sini adalah penjualnya dengan gentong besar siap melayani para pelanggan yang berdatangan.

Nasi grombang di Pemalang satu ini disajikan dengan mangkuk kecil yang berisikan nasi, suwiran daging sapi, taburan daun bawang kemudian disiram dengan kuah kaldu. Makin nikmat jika ditambah dengan sate sapinya. Kombinasi yang begitu mantap. Untuk harganya, dipatok Rp15.000 saja.

Nasi Grombyang Pak Waridin

Nasi Grombyang Pak Waridin, via Instagram/wen_saja
Nasi Grombyang Pak Waridin, via Instagram/wen_saja

Nasi grombang di Pemalang lain yang tidak kalah kondang adalah milik Pak Waridin. Lokasinya berada di Jl. Gatot Subroto No. 31, Bojongbata, Pemalang. Di sini keunikannya ditambah dengan sate kerbau yang bikin rasanya makin istimewa. Dagingnya sangat empuk dan menggugah selera.

Satu hal lagi yang membuat pengunjung berdatangan. Yakni harganya begitu terjangkau. Bagaimana tidak, kombinasi antara nasi grombyang, satu tusuk sate sapi plus es teh, hanya dibanderol Rp20.000. Kurang murah apa lagi?

Nasi Grombyang Pak Toli

Nasi Grombyang Pak Toli, via Instagram/tito_cp
Nasi Grombyang Pak Toli, via Instagram/tito_cp

Nasi Grombyang Pak Toli berlokasi di Jl. R. E. Martadinata No. 122-166, Pelutan, Pemalang. Di tempat ini memang terkenal menyuguhkan nasi grobyang dengan rasa rempah yang begitu terasa. Aroma kelapa sangrainya juga harum, membuat nafsu makan jadi meningkat hebat. Untuk ukuran dagingnya cukup, namun sudah dapat memuaskan kamu yang penasaran dengan rasa nasi grombyang di Pemalang satu ini.

Nasi Grombyang SMA 1 Pemalang

Nasi Grombyang SMA 1 Pemalang, via Instagram.com/lulutkusumaningtyas
Nasi Grombyang SMA 1 Pemalang, via Instagram/lulutkusumaningtyas

Satu lagi yakni Nasi Grombyang SMA 1 Pemalang yang menyuguhkan menu cita rasa bikin terpukau. Lokasinya berada di Jl. Gatot Subroto, Bojongbata, Pemalang. Alamat tepatnya berada di seberang SMA 1 Pemalang. Nasi grombang yang lengkap dengan sate akan membuat kamu kenyang dan siap jalan-jalan.

Santap nasi grombyang saat berada di Pemalang sensasinya tentu akan berbeda dengan di tempat lainnya ya Teman Traveler. Karena itulah, jangan melewatkan kesempatan berharga. Next

ramadan
Pantai Tiga Warna Malang

Bukan Sekedar Wisata, Pantai Tiga Warna Malang Utamakan Konservasi Alam

Objek Wisata dengan Simbol Hati di Jawa Tengah, Destinasi Pas untuk Nyatakan Cinta