in ,

Nasi Jamblang Mang Dul, Kuliner Legendaris Khas Cirebon Langganan SBY

Nasi Jamblang Mang Dul, Kenikmatan yang Mantul

via Instagram/nina_epicure

Nasi Jamblang merupakan kuliner khas Cirebon dengan ciri penggunaan daun jati sebagai pembungkusnya. Nasi Jamblang ini namanya berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon ini berasal. Konon, makanan ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Salah satu yang legendaris dan jadi langganan adalah Nasi Jamblang Mang Dul.

Baca juga : Jelajah Taman Nasional Berbak, Amazon ala Jambi

Sudah Ada Sejak Tahun 1970-an

Nasi Jamblang Mang Dul, via Instagram/nana_jajan
Nasi Jamblang Mang Dul, via Instagram/nana_jajan

Nasi jamblang di Cirebon ini telah ada sejak 1970-an. Sekarang sudah dikelola oleh generasi kedua. Perintis usaha ini adalah Muhammad Abdullah yang lebih populer dengan nama Mang Dul, karena itulah diberi nama Nasi Jamblang Mang Dul. Dahulu, Mang Dul memulai usahanya dengan cara keliling. Sekarang sudah memiliki beberapa lokasi yang bisa dikunjungi.

Rahasia Kenikmatan Nasi Jamblang Mang Dul

Berikan sensasi rasa yang berbeda, via Instagram/hendrasetiawan2702
Berikan sensasi rasa yang berbeda, via Instagram/hendrasetiawan2702

Meskipun sudah banyak sekali penjual nasi jamblang yang seiring waktu berdatangan, namun tempat ini masih menjadi jujukan utamanya. Rahasianya ternyata pada kualitas rasa yang masih tetap sama. Buat mereka yang sudah menjadi langganan, citarasanya begitu khas. Ditambah dengan penggunaan daun jati, membuat rasanya makin nendang.

Sederhana namun bikin tergila-gila, via Instagram/eatfever
Sederhana namun bikin tergila-gila, via Instagram/eatfever

Di sini menawarkan kurang lebih 20-30 lauk yang berbeda, mulai dari tumis balakutak, tempe goreng, tumis kerang, satu tahu, pepes, dan lain sebagainya. Dan nasi jamblang di sini disajikan dalam kondisi sudah dingin. Karena itulah, bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Syaratnya, nasi dan lauk pauk dipisah.

Langganan Mantan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono

Tampilan yang menggoda, via Instagram/eatfolks
Tampilan yang menggoda, via Instagram/eatfolks

Berdasarkan sang pemilik, nasi jamblang ini menjadi salah satu lokasi yang kerap dikunjungi oleh keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat jalan-jalan ke Cirebon. Bahkan, Nasi Jamblang Mang Dul juga kerap dibawa ke Cikeas kala SBY masih menjadi presiden. Porsi nasi jamblang memang kecil, namun kerap kali disantap oleh orang-orang besar, memang istimewa ya Teman Traveler.

Lokasi Nasi Jamblang Mang Dul

Pilihan lauknya beragam, via Instagram/nina_epicure
Pilihan lauknya beragam, via Instagram/nina_epicure

Nasi Jamblang Mang Dul ini belokasi di Jl. Cipto Mangunkusumo No. 8, Pekiringan, Kesambi Cirebon. Sementara itu jam bukanya mulai dari pukul 17:00 hingga malam hari. Ada beberapa cabang lainnya yang bisa dikunjungi. Untuk harganya tidak terlalu mahal, satu porsi nasi jamblang ditambah dengan nasi, sayur tahu, cumi hitam, dan sambal dipatok Rp17.000 saja. Harganya tergantung pada lauk yang dipilih.

Jalan-jalan ke Cirebon jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini ya Teman Traveler. Kuliner yang begitu khas dan memiliki banyak cerita di baliknya. Selamat mencoba. Next

ramadan
Hotel Instagenic di Siingapura

Hotel Instagenic di Singapura, Ada yang Seperti Berada di Dunia Kartun!

via Instagram/bellyculinary

Yuraku Restaurant di Jakarta, Sajikan Menu Jepang Sejak 1988