in ,

Nasi Kuning Riburane, Kuliner Nendang dan Difavoritkan di Makassar

Nasi Kuning Riburane di Makassar

Nasi Kuning Riburane

Kuliner Indonesia seperti tidak pernah habis untuk dibahas. Salah satunya adalah nasi kuning. Menu ini tidak hanya dapat ditemukan di Jawa saja. Kamu juga bisa menemukan nasi yang gurih ini di daerah lain. Salah satunya Makassar di Nasi Kuning Riburane. Penasaran apa keunikannya sehingga difavoritkan? Berikut ulasannya.

Baca juga : Bakso Kenbil Tasikmalaya, Kaldu Maknyusnya Bikin Terlena yang Pas untuk Berbuka

Nasi Biasa tapi Citarasanya Istimewa

Nasi kuning enak di Makassar
Nasi kuning enak di Makassar via instagram/@eatwhatid

Nasi kuning yang terkenal di Makassar adalah Nasi Kuning Riburane yang berada di Jalan Riburane, Wajo, Pattunuang, Makassar, Sulawesi Selatan. Nasi kuning di sini terkenal enak, bahkan tetap difavoritkan sejak tahun 1980. Kepopuleran tersebut tidak lain karena citarasanya pas di lidah orang Indonesia, khususnya orang Makassar. Gurih, padat rempah, serta rasa pedasnya pas.

Seporsi nasi kuning di Makassar
Seporsi nasi kuning di Makassar via instagram/@biteofboth

Menguras Kantong tapi Porsinya Komplit

Porsi nasi kuning yang melimpah
Porsi nasi kuning yang melimpah via instagram/@cerita_kulinerku

Harga seporsi Nasi Kuning Riburane terbilang mahal. Seporsinya berkisar antara Rp 30 ribu sampai dengan Rp 50 ribu. Meski demikian, isinya sepadan dengan harganya. Komplit banget. Ada aneka lauk yang bisa kamu pilih seperti telur pindang rebus, paru goreng empuk, dan beberapa lauk nikmat lainnya. Sedangkan sayur-nya, kamu bisa mencicipi sayur labu siam, sayur nangka, abon dan kentang kering, atau sayur pendamping lainnya. Tinggal pilih sesuai selera.

Seporsi nasi kuning yang bikin ketagihan
Seporsi nasi kuning yang bikin ketagihan via instagram/@carensentosa

Tidak Pernah Sepi Pembeli

Menu istimewa untuk sarapan
Menu istimewa untuk sarapan via instagram/@netimaulani

Dulunya, kedai Nasi Kuning Riburane ini berada di sekitar kantor RRI Makassar. Namun, seiring semakin ramainya pembeli, warung yang buka dari jam 7 pagi ini pindah ke tempat sekarang. Pengunjung yang datangpun makin banyak. Selain penduduk sekitar, wisatawan dari luar kota juga banyak yang mampir ke sini. Saking ramai-nya, dalam sehari Nasi Kuning Riburane bisa menghabiskan tiga dandang nasi kuning.

Menu sarapan enak yang dibanjiri pembeli
Menu sarapan enak yang dibanjiri pembeli via instagram/@nia.fooddiary

Langganan Tokoh Penting di Indonesia

Nasi kuning favorit banyak kalangan
Nasi kuning favorit banyak kalangan via instagram/@sharebeforeeat

Ternyata kepopuleran kuliner legendaris Makassar ini sampai ke Mantan orang nomor satu di Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, masih banyak toko penting yang langganan datang ke warung ini. Tentu saja, karena kelezatan nasi kuningnya. Makin penasaran dengan kuliner khas Makassar satu ini kan?

Nasi kuning terkenal di Makassar
Nasi kuning terkenal di Makassar via instagram/@its_nta

Selain nasi uduk dan nasi goreng, nasi kuning juga punya kekhasan tersendiri di setiap daerah. Nasi kuning Riburane adalah salah satu bentuk kreatifitas masyarakat Makassar di bidang kuliner. Kamu yang ngaku doyan jelajah kuliner Nusantara, jangan sampai melewatkan masakan satu ini ya. Next

ramadan
Erupsi Gunung Anak Krakatau

5 Keunikan Gunung Anak Krakatau, Apa Saja Ya?

Indomie wafle dari Medan

Medan Punya Waffle Indomie, Tertarik Coba?