in ,

Nasi Penggel, Menu Sarapan Menggiurkan Khas Kebumen

Nasi Penggel
Nasi Penggel

Jalan-jalan ke Kebumen bukan hanya lanting yang bisa kamu cicipi dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Ada juga kuliner khasnya yang nikmat disantap saat sarapan pagi. Makanan apa sih ini? Agar tidak makin penasaran, berikut ulasannya.

Baca juga : 4 Pantai di Lumajang, Tempat Menyapa Keindahan Alam

Nasi Bulat yang Mengenyangkan

Nasi penggel bentuk bulat-bulat
Nasi penggel bentuk bulat-bulat [image source]
Namanya Nasi Penggel. Sekilas tidak ada yang menarik dari sajian pagi satu ini, selain bentuknya seperti bola pingpong. Karenanya diberi nama Penggel yang artinya bulatan. Sepincuk menu lezat ini umumnya berisi antara 7-10 bulatan nasi. Seukuran itu sudah bisa membuat perutmu kenyang.

Nasi penggel untuk sarapan
Nasi penggel untuk sarapan [image source]

Sajian Sederhana Tapi Komplit

Sayuran lodeh di nasi penggel
Sayuran lodeh di nasi penggel [image source]
Nasi berasa gurih ini disajikan dalam pincukan daun pisang. Satu porsinya berisi nasi, sayur lodeh, daun singkong, tahu dan mlinjo. Sedangkan lauknya bisa kikil, tetelan, iso, atau jeroan dan yang tak boleh ketinggalan adalah tempe mendoan. Sangat dinikmat untuk mengisi perut keroncongan.

Menggiurkan dengan Tempe Mendoan
Menggiurkan dengan Tempe Mendoan [image source]

Resep Turun Temurun

Resep nasi penggel turun temurun
Resep nasi penggel turun temurun [image source]
Saat ini rata-rata penjual Nasi Penggel merupakan generasi ketiga atau keempat dari keluarganya. Resep nasi serta sayur dan lauk pauknya, mereka dapatkan secara turun temurun dari orang tua. Tak heran, meski jaman telah berubah, kuliner Kebumen ini tetap jadi idola masyarakat saat pagi tiba.

Sedapnya kuliner khas Kebumen
Sedapnya kuliner khas Kebumen [image source]

Kuliner Legendaris yang Banyak Dicari

Nasi Penggel Alun Alun
Nasi Penggel Alun Alun [image source]
Sayangnya, kehadiran nasi penggel kini makin jarang ditemui. Beberapa di antaranya ada di sekitar alun-alun Kebumen, di Desa Tembana, dan Desa Pejagoan. Umumnya, para penjual di sini buka sejak jam 5.30 sampai 8 pagi. Tak heran jika banyak orang rela antre sejak pagi agar tidak kehabisan.

Nasi penggel khas Kebumen
Nasi penggel khas Kebumen [image source]
Wah, kelihatan enak kan? Kamu yang suka kuliner, harus coba nasi penggel ini. Namun harus kuat hati buat mengantre pagi-pagi ya. Next

ramadan
Oleh Oleh Khas Pacitan

Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Bikin Kantong Aman

Ternyata Rumah Popeye Ada di Denmark! Penasaran?