in , ,

Nasi Punel Setia Budi, Kuliner Khas Bangil yang Bikin Ketagihan

Tekstur Lembutnya Dijamin Sukses Manjakan Lidah

Nasi Punel Setia Budi
Nasi Punel Setia Budi (c) Trisia Widya/Travelingyuk

Bicara wisata kuliner di Indonesia bisa dibilang takkan ada habisnya. Nusantara sudah lama dikenal memiliki beragam warisan masakan dan jajanan khas dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Kabupaten Pasuruan yang dikenal punya nasi punel. Hidangan khas ini bisa Teman Traveler temukan di kawasan Bangil, salah satunya di Depot Nasi Punel Setia Budi.

Baca juga : Makan di Mujigae Resto Bandung, Bisa Request Lagu Korea via iPad Lho

Tekstur Nasi Lembut

Dokumentasi Pribadi
Nasi punel lauk paru (c) Trisia Widya/Travelingyuk

Nasi Punel memiliki tekstur lembut dan sedikit kental. Cara pembuatannya kurang lebih sama dengan nasi putih biasa, hanya saja sebelumnya beras terlebih dahulu direndam air hangat selama beberapa menit dan kemudian ditanak.

Seporsi nasi punel biasanya disajikan bersama taburan serundeng, menjeng, tahu bumbu bali, sayur tewel, irisan daging atau kikil, sambal uleg dengan irisan kacang panjang, serta parutan kelapa. Agar makin komplet, ditambahkan kuah dan bumbu agak manis.

Warung Setia Budi

Dokumentasi Pribadi
Pengunjung Depot Setia Budi (c) Trisia Widya/Travelingyuk

Salah satu warung nasi punel recommended di Bangil adalah Depot Nasi Punel Setia Budi. Buka mulai pukul 06.00 hingga 23.00, tempat makan ini sejatinya tak hanya menjual nasi punel. Namun memang menu tersebut yang paling jadi favorit.

Dokumentasi Pribadi
Daftar menu (c) Trisia Widya/Travelingyuk

Jika Teman Traveler sedang berselera menyantap sajian lain, depot ini juga menyediakan nasi rawon, nasi kare ayam kampung, nasi krengsengan, nasi gule kambing, dan masih banyak lagi. Bagaimana, cukup lengkap bukan?

Piring Beralaskan Daun Pisang

Dokumentasi Pribadi
Alas daun pisang (c) Trisia Widya/Travelingyuk

Untuk menjaga kekhasannya, nasi punel biasa disajikan di atas piring dengan alas daun pisang. Tahukah Teman Traveler, bahan alami tersebut ternyata mengandung polifenol, bahan yang punya fungsi sebagai anti oksidan. Selain itu, kehadirannya juga dipercaya sanggup menambah kelezatan rasa masakan.

Lokasi Depot

Dokumentasi Pribadi
Depot Nasi Punel Setia Budi (c) Trisia Widya/Travelingyuk

Nasi Punel Setia Budi terletak di jalur Banyuwangi – Pasuruan. Jika Teman Traveler berangkat dari arah Banyuwangi, kalian akan menemukan depot ini di sisi kiri jalan, sebelum Stasiun Bangil. Dengan kata lain, kalian yang berkunjung naik kereta api cukup berjalan kaki kurang lebih 230 meter untuk menuju sini.

Alamat tepat depot ada di Jl. Gajahmada no. 7, Pogar, Kec. Bangil, Kab. Pasuruan. Lahan parkir yang disediakan tidak terlalu luas, jadi sebaiknya Teman Traveler datang ke sini dengan menumpang kendaraan umum atau sepeda motor.

Harga Relatif Murah

Dokumentasi Pribadi
Nasi Punel (c) Trisia Widya/Travelingyuk

Nasi punel di kawasan Bangil rata-rata dibanderol dengan harga murah. Jika Teman Traveler mampir ke Depot Setia Budi, seporsi nasi punel lengkap biasanya ditawarkan seharga Rp15.000. Sementara jika ingin menambah lauk, cukup rogoh kantong Rp25.000 saja. Kalian bisa pilih paru, ayam, empal, dan masih banyak lagi.

Soal menu minuman, harga yang dipatok juga tak kalah terjangkau. Segelas es teh dihargai Rp4.000 saja. Bagaimana, benar-benar ramah kantong bukan?

Dokumentasi Pribadi
Aneka pilihan lauk (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Bagaimana, Teman Traveler sudah penasaran dengan rasa khas nasi punel dari Bangil? Jangan lupa mampir dan cicipi langsung jika kalian sedang liburan di Pasuruan. Ajak serta keluarga maupun teman agar pengalaman kuliner kalian makin seru. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan
Panorama sunset di Sultan Adam

Sultan Adam Mandiangin, Indahnya Negeri Awan Banjarmasin

Pasar Songgoriti, Lokasi Berburu Oleh-oleh Khas Kota Batu