in , ,

Sultan Adam Mandiangin, Indahnya Negeri Awan Banjarmasin

Atmosfer Ketinggian Memanjakan Mata, Bikin Siapapun Terpesona

Panorama sunset di Sultan Adam
Panorama sunset di Sultan Adam (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Diam-diam Banjarmasin ternyata punya negeri di atas awan lho. Teman Traveler bisa menyaksikannya di Taman hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin. Di kawasan seluas 112.000 hektar ini, kalian bakal dimanja pemandangan indah dari ketinggian, lengkap dengan lapisan kabut tipis indah nan eksotis. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Baca juga : Bioskop Drive-in Tangerang, Nonton Film Asik di Masa Transisi

Kawasan Hutan Pendidikan

img20181124074144_01_mHn.jpeg
Suasana di Tahura Sultan Adam Mandiangin (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sultan Adam Mandiangin sejatinya merupakan kawasan hutan pendidikan. Status ini dikukuhkan oleh SK Gubernur yang dikeluarkan pada 31 Desember 1980. Namun selain itu, daerah indah ini juga difungsikan sebagai tempat wisata. Para turis bahkan kerap menjadikannya sebagai salah satu tempat liburan favorit di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Tiket Masuk

1565132467559_nv3.jpg
Panorama matahari terbit di Sultan Adam (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Tahura Sultan Adam Mandiangin bisa dibilang termasuk destinasi wisata murah meriah. Cukup merogoh kantong Rp5.000, Teman Traveler sudah bisa dengan puas menikmati semua fasilitas yang ada. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, sekitar 45 kilometer dari Banjarmasin atau 15 kilometer jika bertolak dari Banjarbaru.

Kawasan alami ini kerap dikunjungi banyak wisatawan dengan tujuan berbeda-beda. Ada yang sekedar ingin refreshing, namun ada juga yang berniat mengadakan kegiatan organisasi pecinta alam, outbound, atau semacamnya.

Teman Traveler bisa berangkat ke sini dengan menumpang kendaraan roda dua maupun empat. Tak hanya tawarkan keindahan alam pegunungan, taman hutan ini juga memiliki aliran sungai jernih, ata air alami, dan beberapa air terjun cantik.

img20181124071409_01_nqU.jpeg
Suasana di sekitar taman hutan (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pertama datang, Teman Traveler harus lebih dulu membeli tiket masuk di Pos Retribusi. Berikutnya kalian akan melewati jalan aspal menuju lokasi wisata kolam pemandian Meneer Belanda. Jika ingin berenang atau sekedar merendam kaki di kolam seluas 30×50 meter ini, tidak perlu merogoh biaya ekstra alias gratis.

Fasilitas Lengkap

1565132476263_01_pM6.jpeg
Mendirikan tenda untuk menikmati matahari terbit (c) Tika Dessy/Travelingyuk

Tak perlu khawatir kelaparan jika tengah berwisata di sini. Teman Traveler akan temukan beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Beberapa di antaranya bahkan masih terus buka hingga malam hari jika ada acara perkemahan.

Buat Teman Traveler yang mengajak pengunjung anak-anak, pengelola sudah menyediakan beberapa wahana permainan. Tak perlu khawatir si kecil bakal bosan atau penat jika berada di sini. Selain itu masih ada beberapa fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, serta wahana permainan flying fox.

Nah, buat Teman Traveler yang ingin merasakan sensasi menyatu dengan alam, Tahura Sultan Adam sangat oke untuk berkemah. Fasilitasnya begitu lengkap, plus memiliki lingkungan luar biasa asri.

Itulah sedikit ulasan mengenai Sultan Adam Mandiangin, sebuah kawasan hutan wisata yang bisa Teman Traveler kunjungi jika sedang liburan di Banjarmasin. Bagaimana, apakah kalian tertarik berkunjung ke sini? Next

ramadan
Pantai Tamban

Pantai Tamban, Sudut Keindahan Istimewa di Selatan Malang

Nasi Punel Setia Budi

Nasi Punel Setia Budi, Kuliner Khas Bangil yang Bikin Ketagihan